fantastic-beasts-and-where-to-find-them-header

Review: Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016)


Dengan pendapatan sebesar lebih dari US$7,8 milyar dari masa perilisan delapan filmnya di sepanjang satu dekade (2001 – 2011), jelas adalah sangat naif untuk beranggapan bahwa Warner Bros. akan melepaskan begitu saja kesempatan untuk kembali meraih peruntungan komersial dari seri Harry Potter. Well… kesempatan itu datang dari Fantastic Beasts and Where to Find Them, sebuah buku karya J.K. Rowling yang dirilis pada tahun 2001 dan awalnya diniatkan sebagai “bacaan pendamping” bagi buku seri pertama dari Harry Potter, Harry Potter and the Sorcerer’s Stone (1997). Tidak seperti seri Harry Potter, Rowling hanya menerbitkan satu seri Fantastic Beasts and Where to Find Them. But of course it’s Hollywood. Warner Bros. dan Rowling akhirnya setuju untuk kembali bekerjasama dan memproduksi (setidaknya) lima adaptasi film berdasarkan Fantastic Beasts and Where to Find Them. Ka-ching!

Let’s not get too cynical. Untuk film perdananya, Fantastic Beasts and Where to Find Them diarahkan oleh David Yates – yang sebelumnya telah mengarahkan empat seri film terakhir Harry Potter (2007 – 2011). Rowling sendiri, untuk pertama kalinya, terlibat langsung dalam penulisan naskah cerita film. Rowling jugalah yang nantinya akan bertugas untuk mengembangkan jalan cerita buku Fantastic Beasts and Where to Find Them sehingga dapat menghasilkan lima naskah cerita film. Harus diakui, keberadaan Yates dan Rowling yang telah begitu familiar dengan Harry Potter universe ini mampu membuat Fantastic Beasts and Where to Find Them berhasil untuk tampil jauh dari kesan hanya sebagai “mesin pencari uang.” Fantastic Beasts and Where to Find Them dikemas secara apik dan akan mampu memikat tidak hanya para penggemar lama seri Harry Potter namun juga mungkin beberapa penggemar baru dalam perjalanannya.

Berlatar belakang di tahun 1926 – 70 tahun sebelum Harry Potter memulai petualangannya dalam Harry Potter and the Sorcerer’s StoneFantastic Beasts and Where to Find Them memulai pengisahannya ketika seorang penyihir yang juga pegawai Ministry of Magic dari Inggris, Newt Scamander (Eddie Redmayne), tiba di New York, Amerika Serikat dengan membawa sebuah koper yang berisi puluhan makhluk magis. Amerika Serikat saat itu bukanlah tempat yang aman bagi seorang penyihir. Keberadaan mereka tidak diinginkan oleh kaum manusia biasa – yang oleh para penyihir disebut sebagai No-Maj – karena dianggap banyak menimbulkan masalah. Oleh karenanya, Magical Congress of United States of America telah memberikan banyak peraturan bagi para penyihir untuk tidak menjalin hubungan dengan para No-Maj atau menunjukkan kekuatan mereka di depan umum. Kedatangan Newt Scamander sendiri jelas kemudian membawa masalah baru ketika makhluk-makhluk magis yang selama ini ia simpan dalam kopernya lepas dan menimbulkan masalah di kalangan No-Maj.

Fantastic Beasts and Where to Find Them memulai perjalanannya dengan kurang meyakinkan. Paruh pertama film banyak dihabiskan untuk memperkenalkan karakter-karakter film sekaligus konflik yang ingin dikembangkan di sepanjang penceritaan film. Tidak selalu berjalan mulus. Banyaknya karakter baru ataupun sejumlah konflik yang hanya diperkenalkan tanpa mampu digali lebih dalam sedikit banyak memberikan hambatan tersendiri bagi ritme penceritaan Fantastic Beasts and Where to Find Them. Di paruh keduanyalah Fantastic Beasts and Where to Find Them benar-benar mampu terasa mulai menemukan pijakan penceritaan yang lebih stabil. Meskipun kadang masih terkesan datar namun paruh kedua Fantastic Beasts and Where to Find Them mampu menawarkan garisan cerita yang lebih kuat. Paduan humor khas Harry Potter universe jelas juga menambah kekuatan kualitas penceritaan film ini sekaligus menjadi momen-momen yang sangat menyenangkan bagi banyak penonton.

Fantastic Beasts and Where to Find Them berhasil mencapai puncak kualitas penceritaannya pada paruh ketiga penceritaan. Diisi dengan banyak adegan aksi yang berhasil dieksekusi dengan sempurna oleh Yates, paruh ketiga film dirangkai dengan intensitas emosional yang benar-benar kuat. Lihat saja bagaimana adegan para penyihir yang mencoba membangun kembali kota New York setelah sebuah pertarungan yang meluluhlantakkan kota tersebut. Tampilan teknis gambar yang kuat serta iringan tata musik arahan James Newton Howard akan mampu membawa para penonton kepada masa-masa gemilang dari seri film Harry Potter. Tidak hanya dari segi aksi. Sisi romansa dan drama film juga mampu digarap dengan seksama oleh Yates.

Seperti halnya seri film Harry Potter, departemen akting merupakan salah satu bagian paling krusial dalam kualitas penceritaan Fantastic Beasts and Where to Find Them. Menampilkan Eddie Redmayne sebagai sosok pemeran karakter utama, Redmayne sekali lagi sukses membuktikan posisinya sebagai salah seorang aktor dengan talenta akting paling meyakinkan di generasinya. Oleh Redmayne, karakter Newt Scamander mampu dijadikan sebagai sosok yang memikat dan jelas akan mudah disukai oleh banyak penonton. Selain Redmayne, barisan pemeran utama juga diperkuat oleh Katherine Waterston, Dan Fogler dan Alison Sudol yang mampu tampil dengan chemistry yang luar biasa meyakinkan satu sama lain. Nama-nama lain seperti Ezra Miller, Colin Farrell, Samantha Morton dan Carmen Ejogo juga mampu menambah kedinaminasan kualitas departemen akting Fantastic Beasts and Where to Find Them – meskipun dengan deretan karakter yang seringkali terasa kurang tergali dengan lebih dalam. Secara keseluruhan, Fantastic Beasts and Where to Find Them mungkin hadir dengan kualitas yang masih belum se-memorable seri awal Harry Potter, Harry Potter and the Sorcerer’s Stone (2001). Meskipun begitu, paduan pengarahan Yates dan penceritaan Rowling sendiri hadir cukup menjanjikan dan menjadikan Fantastic Beasts and Where to Find Them sebagai sebuah teaser yang jelas menggiurkan mengenai kelanjutan seri film ini di masa yang akan mendatang. [B]

fantastic-beasts-and-where-to-find-them-posterFantastic Beasts and Where to Find Them (2016)

Directed by David Yates Produced by David Heyman, J. K. Rowling, Steve Kloves, Lionel Wigram Written by J.K. Rowling (screenplay), J.K. Rowling (book, Fantastic Beasts and Where to Find Them) Starring Eddie Redmayne, Katherine Waterston, Dan Fogler, Alison Sudol, Colin Farrell, Carmen Ejogo, Ezra Miller, Samantha Morton, Ron Perlman, Jon Voight, Josh Cowdery, Ronan Raftery, Faith Wood-Blagrove, Jenn Murray, Johnny Depp, Zoë Kravitz Music by James Newton Howard Cinematography Phillippe Rousselot Edited by Mark Day Production company Heyday Films Running time 133 minutes Country United Kingdom Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s