Disiarkan pertama kali sebagai sebuah serial televisi pada tahun 1976, The Muppet Show kemudian tumbuh menjadi sebuah acara keluarga yang mendapatkan begitu banyak penggemar berkat penulisan jalan cerita bernuansa komedi yang dinilai benar-benar cerdas sekaligus menghibur – dan ditambah dengan konsistensi untuk menghadirkan para bintang Hollywood ternama sebagai bintang tamu di setiap episodenya. Acara serial komedi musikal tersebut kemudian tumbuh dan berkembang menjadi salah satu franchise yang paling dikenal di dunia dan terus mampu mempertahankan kepopulerannya dengan perilisan film, serial televisi maupun album musik yang memanfaatkan nama The Muppets hingga saat ini. Setelah terakhir kali merilis Muppet from Space di tahun 1999, The Muppets hadir lagi untuk memuaskan kerinduan para penggemarnya dengan merilis sebuah film layar lebar yang diberi judul cukup sederhana, The Muppets.

Para penggemar The Muppets tentu akan sangat familiar dengan deretan humor yang dihantarkan oleh naskah cerita yang ditulis oleh Jason Segel bersama Nicholas Stoller. Humor yang begitu familiar dengan The Muppet Show yang legendaris namun tetap terasa tidak termakan usia walaupun kembali disajikan pada sebuah generasi yang berbeda. Merupakan film layar lebar perdana yang diarahkan oleh James Bobin – yang mungkin lebih banyak dikenal sebagai seorang sutradara serial-serial televisi bernuansa komedi seperti Da Ali G Show (2000) dan Flight of the Conchords (2007) – The Muppets tidak hanya akan berhasil memenangkan kembali hati para penggemar setianya. Lewat deretan komedi yang segar, jalan cerita yang sederhana namun begitu memikat serta lagu-lagu yang begitu catchy, The Muppets dipastikan juga akan berhasil untuk menarik perhatian banyak penggemar baru.

Perjalanan kisah The Muppets dimulai dengan penceritaan mengenai hubungan persaudaraan antara seorang muppet bernama Walter (Peter Linz) dengan seorang manusia bernama Gary (Jason Segel). Walau memiliki bentuk fisik yang berbeda, Walter dan Gary selalu dekat dan tidak pernah terpisahkan antara satu dengan yang lain. Ketika Gary akan merayakan peringatan sepuluh tahun terjalinnya kisah asmara antara dirinya dengan Mary (Amy Adams), Gary berniat untuk mengajak Mary ke Los Angeles, kota yang semenjak lama memang telah lama diidamkan Mary untuk dikunjungi. Mengingat Walter merupakan penggemar berat acara The Muppet Show, Gary akhirnya mengajak Walter untuk turut serta bersama dirinya dan Mary untuk mengunjungi Muppet Theater di Los Angeles.

Sayangnya, Muppet Theater telah lama ditutup mengingat kini The Muppets telah tidak bersama lagi dan kehilangan seluruh popularitasnya. Secara tidak sengaja, Walter mendengar sebuah perbincangan yang menyebutkan bahwa seorang pengusaha bernama Tex Richman (Chris Cooper) akan membeli Muppet Theater dengan alasan untuk menjadikannya sebagai sebuah museum. Padahal, Tex sendiri berencana untuk menghancurkan bangunan tersebut karena mengetahui bahwa di bawah bangunan Muppet Theater terdapat sebuah sumber minyak Bumi yang jelas akan menambah kekayaannya. Panik, Walter kemudian menghubungi bintang utama The Muppet Show, Kermit the Frog (Steve Whitmire), dan memintanya untuk menyelamatkan Muppet Theater. Walau awalnya merasa kesulitan karena The Muppets kini telah tidak bersama lagi, Kermit the Frog akhirnya setuju dan bersama Walter, Gary serta Mary mulai menyusun rencana untuk menggagalkan niat Tex Richman.

Para penikmat setia The Muppets tentu akan sangat senang untuk melihat kehadiran banyak karakter favorit mereka seperti Kermit the Frog, Miss Piggy, Fozzie dan Gonzo turut meramaikan jalan cerita The Muppets. Ditambah dengan kehadiran cameo dari beberapa nama populer Hollywood seperti Emily Blunt, Jack Black, Zach Galifianiakis, Selena Gomez hingga Neil Patrick Harris, The Muppets jelas akan terasa begitu menghibur dan segar. Jalan cerita yang coba dihadirkan The Muppets sendiri harus diakui berjalan cukup sederhana. Pun begitu, tampilan-tampilan dialog konyol dan komedi yang dihadirkan masih akan tetap mamancing senyum maupun tawa para penontonnya.

Dengan tetap menaruh rasa hormat (dan cinta) pada The Muppets, The Muppets sendiri berhasil tampil begitu memikat berkat penampilan dari para bintang “manusia” utamanya, Jason Segel dan Amy Adams. Segel benar-benar berhasil dengan daya tarik, kharisma dan senyuman yang akan mampu membuat setiap orang jatuh hati padanya. Begitu juga dengan Adams, yang sepertinya menampilkan penampilan innocent nan konyol yang dulu pernah ia hadirkan pada Enchanted kembali di film ini dan tetap berhasil mencuri perhatian. Daya tarik lain dari The Muppets adalah deretan lagu-lagunya yang begitu catchy untuk didengarkan dan sepertinya tidak akan begitu mudah untuk hilang dari ingatan selepas mendengarnya.

Walau jalan cerita The Muppets yang ditulis oleh Jason Segel dan Nicholas Stoller jelas-jelas lebih menujukan film ini kepada para penonton muda, namun deretan guyonan, komedi dan lagu-lagu yang dihadirkan tetap akan berhasil untuk membuat penonton yang lebih dewasa merasa terhibur, khususnya mereka yang memang telah lama menjadi penggemar The Muppet. Lewat pengarahan dari James Bobin yang mampu menjaga ritme cerita The Muppets sehingga mampu mengalir dengan begitu ringan dan menghibur dan didukung dengan penampilan apik para pemerannya, The Muppets adalah sebuah film keluarga berkelas yang akan tetap mampu meneruskan citra The Muppets sebagai salah satu franchise paling digemari di seluruh dunia.

The Muppets (Walt Disney Pictures/Mandeville Films/Muppets Studio, 2011)

The Muppets (2011)

Directed by James Bobin Produced by David Hoberman, Todd Lieberman Written by Jason Segel, Nicholas Stoller (screenplay), Jim Henson (characters) Starring Jason Segel, Amy Adams, Chris Cooper, Rashida Jones, Peter Linz, Steve Whitmire, Eric Jacobson, Dave Goelz, Bill Barretta, David Rudman, Matt Vogel, Tyler Bunch, Alice Dinnean, Alan Arkin, Jack Black, Emily Blunt, James Carville, Bill Cobbs, Feist, Zach Galifianakis, Donald Glover, Whoopi Goldberg, Selena Gomez, Sterling Knight, Dave Grohl, Neil Patrick Harris, Judd Hirsch, Ken Jeong, John Krasinski, Jim Parsons, Rico Rodriguez, Mickey Rooney, Kristen Schaal, Sarah Silverman Music by Christophe Beck Cinematography Don Burgess Editing by James M.Thomas Studio Walt Disney Pictures/Mandeville Films/Muppets Studio Running time 103 minutes Country United States Language English

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s