‘Guru Bangsa: Tjokroaminoto’ Lanjutkan Proses Produksi di Semarang


Featured imageSemarang menjadi lokasi pemberhentian selanjutnya bagi tim produksi film Guru Bangsa: Tjokroaminoto setelah menyelesaikan proses produksi mereka di kota Ambarawa. Di Semarang, proses produksi dilakukan di beberapa lokasi seperti Kawasan Wisata Tlogo Resort, Stasiun Kereta Api Tuntang serta Bernic Castle yang terletak di Jalan Kyai Saleh, Semarang. Film yang bercerita tentang tokoh pergerakan Haji Oemar Said Tjokroaminoto pada era 1890 – 1920an dan melibatkan sederetan aktor dan aktris papan atas Indonesia seperti Reza Rahadian, Christine Hakim, Sudjiwo Tedjo, Alex Komang, Deva Mahenra hingga Chelsea Elisabeth Islan tersebut akan berusaha menghidupkan kembali suasana kota lama Surabaya lengkap dengan trem dan mobil-mobil antik yang popular digunakan di masa itu.

Tlogo Resort merupakan bekas kantor dan rumah dinas administrator perkebunan di era penjajahan Belanda. Di lokasi ini, sejumlah bangunan peninggalan Belanda masih berdiri dengan kokoh, dan kini difungsikan sebagai restoran dan tempat singgah khusus bagi Gubernur Jawa Tengah. Proses pengambilan gambar bagi Guru Bangsa: Tjokroaminoto dilakukan di bagian belakang resort, tepatnya pada bangunan yang dahulunya dijadikan gudang senjata ketika penjajah Belanda masih berkuasa. Keberadaan banyaknya bangunan atau gedung tua yang terawat di kawasan Tlago Resort sendiri telah menjadikannya sebagai salah satu lokasi favorit untuk proses pengambilan gambar banyak film maupun sinetron yang dilakukan di Semarang.

“Memang sudah banyak film maupun sinetron yang melakukan pengambilan gambar di kawasan Tlogo Resort ini, khususnya bagi film maupun sinetron yang banyak memanfaatkan bangunan atau gedung tua. Kami pun merasa bangga tempat ini dipilih untuk lokasi pengambilan gambar mereka,” ujar Fahmi, Manajer Marketing Perusda Citra Mandiri Jawa Tengah.Featured image

Featured image

Featured image

Featured image

Guru Bangsa: Tjokroaminoto juga melakukan proses pengambilan gambar di Bernic Castle yang merupakan salah satu bangunan yang menjadi kebanggan bagi masyarakat Semarang. Bangunan yang juga dikenal dengan sebutan Istana Oei Tiong Ham, Istana Gergaji, Kebon Rojo atau Bale Kambang ini merupakan sebuah bangunan besar megah dengan halaman luas yang pada sekitar permulaan hingga paruh abad ke-20 adalah tempat kediaman resmi Oei Tiong Ham, seorang pedagang kaya raya yang mendapat hak monopoli dari pemerintah kolonial Belanda.

Rencananya, selain di Ambarawa dan Semarang, proses pengambilan gambar Guru Bangsa: Tjokroaminoto juga akan mengambil tempat di Yogyakarta. Lewat lokasi-lokasi bersejarah tersebut, sutradara film, Garin Nugroho, berharap bahwa filmnya nanti dapat memberikan kesan senyata mungkin kepada penonton mengenai atmosfer lingkungan maupun suasana ketika jalan cerita kehidupan HOS Tjokroaminoto berjalan.

Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto direncanakan akan rilis pada April 2015 mendatang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s