Review: Hummingbird (2013)


Hummingbird-header

Hummingbird adalah sebuah pembuktian bahwa Jason Statham sebenarnya memiliki kemampuan akting yang memadai jika berada di bawah pengarahan yang tepat. Well… jangan dahulu berharap bahwa Statham akan segera mengubah preferensi jenis film yang akan ia perankan atau namanya akan segera banyak terdengar di berbagai ajang penghargaan film dunia. Statham masih tampil dalam lingkup sebagai seorang aktor laga seperti yang selama ini dikenal dunia. Namun dalam film yang juga menjadi debut penyutradaraan bagi penulis naskah asal Inggris, Steven Knight (Eastern Promises, 2007), ini, Statham berhasil hadir lebih dari sekedar seorang aktor yang hanya mampu tampil menarik ketika dilibatkan dalam plot penceritaan yang bernuansa kekerasan, diwarnai banyak ledakan, adegan balap jalanan yang spektakuler atau ketika didampingi gadis-gadis cantik dengan pakaian yang minim.

Dengan naskah cerita yang juga ditulis Knight, Hummingbird berkisah mengenai Joseph “Joey” Jones (Statham), seorang mantan tentara pasukan khusus yang kemudian hidup di jalanan sebagai gelandangan dalam usahanya melarikan diri dari pengadilan militer yang mengejarnya karena tindak kejahatan pembunuhan warga sipil yang ia lakukan semasa bertugas di Afghanistan beberapa tahun lalu. Kesialan tidak berhenti disana. Suatu malam, Joey dan seorang gadis yang ia kenal di jalanan, Isabel (Vicky McClure), dikejar oleh sekelompok preman. Joey berhasil menyelamatkan diri dengan menyelinap ke sebuah apartemen yang sedang ditinggalkan pemiliknya sementara Isabel gagal melarikan diri dan akhirnya dibawa pergi oleh kawanan preman jalanan tersebut.

Berada sendirian di dalam apartemen tersebut, Joey mulai merenungi nasibnya yang berjalan begitu berantakan… dan kemudian bertekad untuk mulai menata ulang kehidupannya. Dengan menggunakan identitas pemilik apartemen yang saat ini ia tinggali, Joey memulai kehidupan barunya dengan bekerja sebagai seorang supir bagi para mafia China. Di kala senggangnya, Joey tidak lupa untuk terus mencari jejak Isabel serta sekaligus menjalin hubungan dengan seorang biarawati, Suster Cristina (Agata Buzek). Meskipun Joey secara perlahan mulai dapat memperbaiki kehidupannya, namun bayangan atas kejahatannya di masa lampau tidak begitu saja dapat dihilangkan dan terus menghantuinya.

Meskipun mampu memberikan ruang yang cukup luas bagi Jason Statham untuk mengeksplorasi kemampuan emosionalnya – dan di saat yang sama juga tetap mempertahankan penampilannya sebagai seorang aktor laga yang handal, naskah cerita Hummingbird arahan Steven Knight harus diakui memiliki kekurangan di banyak bagian, khususnya pada pengembangan kisah para karakter pendukung. Selain Joseph Jones, hampir tidak ada karakter lain yang diberikan porsi penceritaan yang memadai untuk dapat menambah daya tarik penceritaan film ini. Lihat saja bagaimana Knight menggambarkan bagaimana karakter Joseph Jones terus berusaha mencari karakter Isabel – dan membuatnya seperti sesosok karakter yang begitu berarti, namun gagal memberikan pengembangan kisah yang cukup bagi hubungan kedua karakter tersebut untuk dapat tampil meyakinkan keberadaannya. Untungnya, Statham dan deretan pemeran pendukung film ini tampil meyakinkan. Chemistry Statham dengan aktris asal Polandia, Agata Buzek, juga hadir begitu kuat sehingga mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi jalan cerita film ini.

Pilihan Knight untuk menyajikan kisah penceritaan Hummingbird melalui alur yang cukup sederhana serta gambar-gambar yang mewakili metafora mengenai masa lalu sang karakter utama juga harus diakui akan menjadi penghalang utama bagi kebanyakan penonton untuk dapat mengakses jalan cerita film ini lebih dalam – khususnya mereka yang ketika melihat nama Jason Statham telah berharap untuk menyaksikan sebuah sajian film yang dipenuhi dengan banyak adegan aksi. Pun begitu, secara teknikal, kualitas visual yang dihadirkan sinematografer Chris Menges serta tata musik arahan Dario Marianelli harus diakui mampu berpadu dengan baik dan membuat Hummingbird berhasil tampil lebih berkelas dari film-film sepantarannya.

Dalam debut penyutradaraannya, Steven Knight cukup mampu menghadirkan sebuah sajian film aksi yang tampil lebih kuat dalam penggalian sisi emosional cerita maupun deretan karakternya daripada melulu berfokus pada sajian aksi dan kekerasan seperti kebanyakan film sejenis. Pilihan untuk beberapa kali menghadirkan kisahnya dalam rangkaian gambar yang memiliki artian metafora serta alur cerita yang sederhana mungkin akan membuat Hummingbird sedikit sulit untuk dinikmati penonton dalam jangkauan yang lebih luas. Namun kualitas produksi yang kuat serta penampilan Jason Statham yang berhasil mengeksplorasi secara mendalam sisi dramatisnya mampu membuat Hummingbird menjadi sebuah sajian yang cukup mengesankan.

popcornpopcornpopcornpopcorn2popcorn2

Hummingbird (Lionsgate/IM Global/Shoebox Films, 2013)
Hummingbird (Lionsgate/IM Global/Shoebox Films, 2013)

Hummingbird (2013)

Directed by Steven Knight Produced by Guy Heeley, Paul Webster Written by Steven Knight Starring Jason Statham, Agata Buzek, Vicky McClure, Ian Pirie, Benedict Wong, Siobhan Hewlett, David Bradley Music by Dario Marianelli Cinematography Chris Menges Editing by Valerio Bonelli Studio Lionsgate/IM Global/Shoebox Films Running time 100 minutes Country United States Language English

One thought on “Review: Hummingbird (2013)”

  1. setuju bgt.. scara umum film ini unik dan bagus. terutama kisah cintanya yg lain bgt dr biasanya tp bbrp plot justru aneh dan jadi titik lemah film ini bahkan konflik utamanya tentang balas dendam atas pembunuhan isabelle yg jadi pertanyaan siapa isabelle??? penting bgt ya balas dendam ampe segitunya cm krn temen yg pernah berbagi kardus???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s