Review: Parental Guidance (2012)


parental-guidance-header

Baiklah… apa yang Anda harapkan untuk sebuah film drama komedi keluarga yang dibintangi oleh nama-nama seperti Billy Crystal dan Bette Midler? Well… rasanya semua orang yang memilih untuk menyaksikan film ini akan tahu pasti apa yang akan mereka dapatkan: sebuah film keluarga dengan jalan cerita yang sudah pasti akan dapat dengan mudah ditebak dan diisi dengan deretan guyonan yang mungkin telah digunakan berulang kali namun masih tetap terdengar lucu sekaligus dengan momen-momen hangat yang dapat menyentuh setiap orang. Klise? Tradisional mungkin adalah kata yang lebih tepat. Namun kehangatan chemistry yang dihadirkan oleh jajaran pengisi departemen akting Parental Guidance sepertinya akan terlalu sulit untuk ditolak dan akan mampu membuat setiap orang dengan mudah untuk menyukai film ini.

Parental Guidance berkisah mengenai pasangan Alice (Marisa Tomei) dan Phil (Tom Everett Scott) yang sedang merasa kebingungan setelah mereka harus meninggalkan ketiga anak mereka, Harper (Bailee Madison), Turner (Joshua Rush) dan Barker (Kyle Harrison Breitkopf), untuk sebuah urusan pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan. Setelah kehilangan berbagai opsi yang dapat membantu mereka, mau tidak mau, Alice akhirnya meminta bantuan kedua orangtuanya, Artie (Billy Crystal) dan Diane (Bette Midler), untuk datang dan mengawasi ketiga anaknya ketika ia dan suaminya bepergian. Sebuah pilihan yang sebenarnya sangat tidak ingin diambil oleh Alice.

Berbeda dengan Alice dan Phil yang membesarkan ketiga anaknya dengan begitu banyak peraturan modern, Artie dan Diane adalah jenis orangtua yang lebih mengutamakan pemberian kebebasan pada anak-anaknya. Perbedaan cara asuh inilah yang seringkali membuat Alice khawatir akan memberikan pengaruh buruk pada anaknya yang kemudian akhirnya memberikan jarak dalam hubungannya dengan kedua orangtua kandungnya tersebut.  Tidak terkecuali kali ini. Artie dan Diane sendiri menganggap kesempatan untuk menjaga ketiga cucu mereka tersebut adalah sebuah kesempatan emas bagi mereka untuk kembali mempererat hubungan mereka dengan Alice dan keluarganya. Tentu saja, dalam perjuangan tersebut, banyak masalah hadir yang justru secara perlahan memberikan cara pandang baru baik kepada pasangan Artie dan Diane maupun kepada Alice mengenai arti sebuah keluarga yang sesungguhnya.

Naskah yang ditulis oleh Lisa Addario dan Joe Syracuse jelas bukanlah sebuah susunan naskah drama komedi keluarga tercerdas yang dapat Anda temui pada saat ini. Pengarahan Andy Fickman (You Again, 2010) juga jelas bukanlah faktor yang sangat menentukan keberhasilan film ini dalam menghadirkan unsur hiburannya. Billy Crystal dan Bette Midler adalah jawabannya. Parental Guidance jelas adalah sebuah film yang benar-benar mengeksploitasi penuh daya tarik mereka sebagai seorang komedian. Walau guyonan-guyonan yang dihadirkan sama sekali bukanlah guyonan yang segar bagi banyak orang, namun dengan interpretasi komedi yang kuat dari keduanya, Parental Guidance masih mampu untuk menghadirkan banyak momen yang sangat menghibur.

Chemistry yang dihasilkan Crystal dan Midler bersama dengan jajaran pemeran lainnya juga mampu membuat jalan cerita film ini berjalan dinamis. Para pemeran muda film ini, Bailee Madison, Joshua Rush dan Kyle Harrison Breitkopf berhasil menciptakan momen-momen segar tersendiri ketika mereka harus dihadapkan dengan para lawan mainnya yang notebene merupakan para aktor maupun aktris senior. Sebagai pasangan suami istri, Marisa Tomei dan Tom Everett Scott juga tampil meyakinkan. Entah bagaimana nasib film ini tanpa kehadiran kualitas akting para jajaran pemerannya. Kesederhaan yang disajikan dalam jalan cerita, deretan dialog maupun moral cerita yang ingin diangkat benar-benar terangkat berkat penampilan mereka.

Tentu saja… Parental Guidance adalah sebuah jenis film yang tidak akan diingat sepuluh tahun – atau bahkan setahun… atau beberapa bulan… – selepas masa rilisnya. Pun begitu, tidak dapat dipungkiri penonton akan mampu menikmati setiap saat dari 105 menit durasi penceritaan film ini. Parental Guidance adalah sebuah film drama komedi keluarga yang hadir dengan berbagai formula familiar film-film sejenis, namun masih tetap berhasil tampil cemerlang berkat kemampuan komikal Billy Crystal dan Bette Midler yang begitu dinamis. Mampu tampil begitu hangat dan menghibur, Parental Guidance jelas adalah sebuah film drama komedi keluarga yang tidak mengecewakan.

popcornpopcornpopcorn popcorn2popcorn2

Parental Guidance (Chernin Entertainment/Walden Media, 2012)
Parental Guidance (Chernin Entertainment/Walden Media, 2012)

Parental Guidance (2012)

Directed by Andy Fickman Produced by Peter Chernin, Billy Crystal, Samantha Sprecher Written by Lisa Addario, Joe Syracuse Starring Billy Crystal, Bette Midler, Marisa Tomei, Tom Everett Scott, Bailee Madison, Joshua Rush, Kyle Harrison Breitkopf, Mavrick Moreno, Madison Lintz, Karan Kendrick, Daniel-Leon Kit, Gedde Watanabe, Rhoda Griffis, Tony Hawk, Steve Levy Music by Marc Shaiman Cinematography Dean Semler Editing by Kent Beyda Studio Chernin Entertainment/Walden Media Running time 105 minutes Country United States Language English

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s