Review: Moonrise Kingdom (2012)


moonrise-kingdom-header

Dengan naskah cerita yang ditulis oleh Wes Anderson bersama Roman Coppola – yang sebelumnya pernah bekerjasama dalam menuliskan naskah cerita The Darjeeling Limited (2007), Moonrise Kingdom bercerita mengenai perjalanan cinta pertama yang dialami oleh dua karakter utama cerita film dan bagaimana kisah cinta tersebut kemudian mempengaruhi orang-orang yang berada di sekitar mereka. Seperti halnya film-film yang pernah dibuat oleh Anderson sebelumnya, Moonrise Kingdom juga diceritakan lewat nada penceritaan black comedy yang kental melalui perantaraan deretan dialog bernuansa quirky serta karakter-karakter yang dipenuhi dengan rasa sensitivitas yang tinggi – sebuah formula khas yang selalu diterapkan oleh Anderson, namun kembali terbukti dapat tetap memberikan daya tarik yang kuat bagi penonton filmnya.

Berlatar belakang waktu penceritaan pada tahun 1965 di sebuah daerah kepulauan yang bernama New Penzance di New England, Amerika Serikat, Moonrise Kingdom berkisah mengenai dua orang anak berusia 12 tahun, Sam Shakusky (Jared Gilman) dan Suzy Bishop (Kara Hayward). Sam adalah seorang anak yatim piatu yang saat ini sedang mengikuti perkemahan musim panas di Camp Ivanhoe yang dipimpin oleh Scout Master Ward (Edward Norton). Sayangnya, sikap Sam yang tertutup membuat dirinya sulit mendapatkan sahabat dan akhirnya justru dijauhi oleh anak-anak penghuni perkemahan musim panas tersebut.

Sementara itu, Suzy merupakan anak perempuan satu-satunya dari pasangan Walt (Bill Murray) dan Laura Bishop (Frances McDormand) yang juga memiliki tiga anak laki-laki lainnya. Seperti halnya Sam, Suzy juga mendapatkan kesulitan untuk membaur dengan orang-orang yang berada di sekitarnya. Ditambah dengan kecenderungan Suzy untuk menimbulkan masalah, Suzy akhirnya seringkali lebih memilih untuk menyendiri dan membaca buku-buku petualangan favoritnya daripada berusaha untuk mencari teman sepermainannya. Perkenalan Suzy dan Sam sendiri terjadi pada musim panas tahun sebelumnya. Lewat pertemuan yang singkat, yang dilanjutkan dengan korespondensi melalui surat menyurat, Sam dan Suzy kemudian saling setuju untuk meninggalkan kehidupan yang mereka anggap tidak sesuai dengan mereka dan memilih untuk memulai petualangan mereka sendiri.

Kembali bekerjasama dengan sinematografer David Yeoman, Wes Anderson berhasil menghadirkan gambar-gambar indah yang begitu mampu untuk mengisi semangat serta sisi emosional yang dibutuhkan oleh jalan cerita Moonrise Kingdom. Walaupun begitu, mereka yang telah akrab dengan gaya penceritaan Anderson jelas sangat hafal bahwa dibalik keindahan tampilan visual yang dihadirkan, Anderson justru ingin mengungkapkan berbagai kepedihan, kesendirian serta rasa duka yang dirasakan oleh karakter-karakter yang ada di dalam jalan cerita filmnya. Moonrise Kingdom juga mendapatkan perlakuan yang sama dari Anderson. Penonton dapat merasakan bahwa deretan karakter di dalam film ini sedang mencari sebuah jalan keluar dari permasalahan yang selama ini telah terlalu lama mereka pendam lewat deretan dialog maupun tampilan visual megah namun begitu terkesan sunyi yang disediakan oleh Anderson.

Kisah romansa yang terjalin antara dua karakter utama film ini juga mampu dieksplorasi Anderson dengan sederhana namun tetap berhasil tampil memikat. Anderson tidak pernah menyajikan kisah cinta tersebut secara drama romansa remaja yang puitis dan berlebihan. Di saat yang sama, Anderson juga terlihat tidak pernah menahan dirinya untuk menyajikan kisah cinta yang kuat antara dua karakternya. Kisah cinta tersbeut dihadirkan begitu manis dan seimbang, layaknya kisah cinta pertama yang dirasakan oleh banyak orang. Itulah yang membuat Moonrise Kingdom terasa begitu humanis dan mudah menjalin hubungan emosional dengan penontonnya.

Walau berdurasi hanya sepanjang 94 menit dan menghadirkan jalan cerita yang dipenuhi oleh banyak karakter, Moonrise Kingdom sama sekali tidak pernah terlihat kewalahan dalam memberikan porsi penceritaan yang proporsional bagi setiap karakternya. Meskipun fokus cerita tetap diberikan pada karakter Sam dan Suzy, namun di berbagai sudut penceritaan, Anderson berhasil mengenalkan karakter-karakter minor lain serta berbagai konflik yang mereka hadapi sekaligus memberikan ruang yang cukup untuk menyelesaikan konflik tersebut. Moonrise Kingdom semakin terasa hidup berkat sokongan penampilan berkelas dari para jajaran pengisi departemen akting filmnya.

Penampilan kuat tersebut termasuk datang dari dua pemeran utama, Jared Gilman dan Kara Hayward – dua aktor muda yang belum pernah berakting sebelumnya. Secara terpisah, keduanya mampu menghidupkan karakter yang mereka perankan dengan sangat sempurna. Chemistry yang dihasilkan keduanya ketika tampil bersama dalam banyak adegan juga mampu tampil sangat meyakinkan. Penampilan keduanya juga mendapat dukungan oleh penampilan brilian para aktor dan aktris senior seperti Bruce Willis, Frances McDormand, Edward Norton, Bill Murray, Harvey Keitel hingga Tilda Swinton yang tampil dalam porsi penampilan yang singkat namun begitu mampu mencuri perhatian.

Moonrise Kingdom jelas akan sangat mudah untuk disukai mereka yang memang semenjak awal telah familiar dan senang dengan cara Wes Anderson mengeksplorasi kekelaman hidup melalui cara penceritaan yang komikal serta tampilan visual yang begitu indah. Pun begitu, mereka yang belum atau sama sekali tidak familiar dengan gaya penceritaan Anderson juga sepertinya akan mudah untuk jatuh hati dengan film ini. Anderson dan Roman Coppola berhasil menghadirkan sebuah kisah cinta yang mampu terasa begitu hangat tanpa pernah menyajikannya sebagai sebuah presentasi drama romansa yang klise. Juga didukung dengan penampilan prima para jajaran pengisi departemen akting film ini, Moonrise Kingdom mampu hadir sebagai sebuah sajian dengan penceritaan yang begitu kuat sekaligus menghibur.

popcornpopcornpopcornpopcorn popcorn2

Moonrise Kingdom (Indian Paintbrush/American Empirical Pictures/Moonrise/Scott Rudin Productions, 2012)
Moonrise Kingdom (Indian Paintbrush/American Empirical Pictures/Moonrise/Scott Rudin Productions, 2012)

Moonrise Kingdom (2012)

Directed by Wes Anderson Produced by Wes Anderson, Jeremy Dawson, Steven M. Rales, Scott Rudin Written by Wes Anderson, Roman Coppola Starring Jared Gilman, Kara Hayward, Bruce Willis, Edward Norton, Bill Murray, Frances McDormand, Tilda Swinton, Jason Schwartzman, Harvey Keitel, Bob Balaban, Seamus Davey-Fitzpatrick, Lucas Hedges, Charlie Kilgore, Andreas Sheikh, Chandler Frantz, Rob Campbell, L.J. Foley, Gabriel Rush, Tommy Nelson, Larry Pine Music by Alexandre Desplat Cinematography Robert D. Yeoman Editing by Andrew Weisblum Studio Indian Paintbrush/American Empirical Pictures/Moonrise/Scott Rudin Productions Running time 94 minutes Country United States Language English

4 thoughts on “Review: Moonrise Kingdom (2012)”

  1. sy nonton film ini bareng bareng temen. Ada yang suka banget (kaya sy) ada yg nganggep ‘aneh’. Katanya mengeksplorasi seksualitas anak hehe, yah filmnya wes anderson emang artistik banget, sebuah karya seni yg wajib diapresiasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s