Review: I Love You Masbro (2012)


I Love You Masbro adalah sebuah film drama komedi yang menjadi debut penyutradaraan bagi Raymond Handaya – yang bersama dengan Cassandra Massardi (Bila, 2012) juga bertanggungjawab untuk penulisan naskah cerita film ini. Kisdahnya sendiri bercerita mengenai empat anak laki-laki dari keluarga Salman yang memiliki kepribadian yang saling bertolak belakang: Bagus (Andhika Pratama) yang memiliki masalah dalam kepercayaan dirinya ketika mendekati seorang wanita, Alim (Ramon Y Tungka) yang kelakuannya jauh dari arti nama yang ia miliki, Rizky (Cecep Reza) yang memiliki kecerdasan begitu terbatas serta Vina (Bobby Samuel) yang bersikap sedikit kewanita-wanitaan. Layaknya sebuah keluarga normal, pertengkaran dan perseteruan selalu terjadi diantara keempatnya. Pun begitu, Bagus, Alim, Rizky dan Vina sebenarnya saling menyadari kalau mereka begitu menyayangi para saudaranya.

Setelah keempatnya telah beranjak dewasa, sebuah tragedi menimpa keluarga Salman yang membuat keempat anak laki-laki tersebut harus menjadi anak yatim piatu. Tidak saja mereka harus dapat bertahan hidup dengan tanpa adanya lagi kasih sayang orangtua, namun kini mereka juga harus berusaha memutar otak untuk hidup mandiri dan mencari nafkah sendiri. Namun, permasalahan tidak berhenti disitu saja. Ketika seorang pimpinan kelompok mafia (Joehana Sutisna) datang memberitahukan bahwa almarhum ayah mereka memiliki sejumlah utang dengan nominal yang sangat besar dan harus segera dibayar, keeratan hubungan persaudaraan antara Bagus, Alim, Rizky dan Vina menghadapi ujian yang jelas tidak akan mudah untuk dilalui.

Tidak ada yang istimewa dari I Love You Masbro, baik dari sisi jalan cerita yang dihadirkan maupun penampilan para pengisi departemen aktingnya. Cassandra Massardi dan Raymond Handaya sendiri sepertinya kebingungan untuk menentukan ritme cerita film yang ingin mereka hadirkan kepada penonton. Sebagai sebuah film komedi, I Love You Masbro tidak banyak menghadirkan momen-momen yang banyak menghibur. Deretan guyonan yang disajikan gagal untuk dieksekusi dengan baik, bahkan banyak diantaranya menjadi cenderung menjadi mengesalkan. Momen-momen komedi film ini kebanyakan berhasil ketika melibatkan komedian Joehana Sutisna yang lagi-lagi berhasil mencuri perhatian dalam setiap kehadirannya di jalan cerita film.

Hal yang sama juga terjadi pada pendekatan drama yang dihadirkan Cassandra dan Raymond. Terlihat hadir dengan kualitas setengah hati. Berbagai permasalahan keluarga yang terjadi antara keempat karakter utamanya tidak pernah benar-benar berhasil terlihat meyakinkan, kebanyakan karena berbagai permasalahan tersebut seringkali hadir secara tiba-tiba dan kemudian gagal untuk mendapatkan penggalian kisah yang lebih mendalam. Unsur romansa yang coba dihadirkan antara karakter Bagus-Alia (Tya Ariestya)-Alim serta Vina-Max (Tamara Tyasmara) juga seringkali gagal bekerja dengan baik, lagi-lagi akibat kisah-kisah romansa tersebut seringkali dihadirkan hanya sebagai selingan belaka dan tidak pernah mampu dihadirkan secara maksimal.

Selain Joehana Soetisna yang mampu tampil dalam kapabilitas komedi yang kuat, rasanya tidak ada lagi penampilan dari jajaran pemeran I Love You Masbro yang dapat dikatakan hadir dengan kualitas istimewa. Bukan kesalahan para pengisi departemen akting film ini sepenuhnya. Karakter-karakter yang dihadirkan dalam film ini juga sama dangkalnya dengan kualitas jalan cerita film ini, masing-masing memenuhi stereotype karakternya sesuai dengan apa yang telah digambarkan semenjak awal cerita film. Tanpa adanya perkembangan yang berarti. Karenanya, jangan heran jika kebanyakan penonton akan merasa lelah (baca: muak) ketika melihat Andhika Pratama berdialog dengan emosi yang meluap-luap tanpa alasan di berbagai adegan. Karakter yang ia perankan hanya menuntut hal tersebut di sepanjang jalan cerita.

Kelemahan terbesar dari I Love You Masbro memang terletak pada naskah ceritanya. Tema cerita yang sebenarnya sederhana dan dapat saja dihadirkan dalam tempo yang cukup singkat seperti terlalu diperumit dengan hal-hal yang tidak berarti oleh Cassandra Massardi dan Raymond Handaya. Hasilnya, 101 menit durasi total perjalanan film ini diisi oleh komedi dan drama yang begitu terasa nanggung. Namun setidaknya penonton masih dapat menikmati penampilan komedi dari Joehana Sutisna. Atau daya tarik Tya Ariestya – yang sayangnya tidak digunakan secara maksimal. Selain itu, I Love You Masbro hanyalah sebuah sajian drama komedi dangkal dan sekaligus gagal untuk tampil menghibur.

I Love You Masbro (Rapi Films, 2012)

I Love You Masbro (2012)

Directed by Raymond Handaya Produced by Gope T Samtani, Subagio S Written by Cassandra Massardi, Raymond Handaya Starring Andhika Pratama, Ramon Y Tungka, Cecep Reza, Tya Ariestya, Bobby Samuel, Tamara Tyasmara, Joehana Sutisna, Yurike Prastica, Alfie Alfandi, Mayang Naomi, Epy Kusnandar Music by Andhika Triyadi Cinematography Farro Fauzi Editing by Yoga Krispratama Studio Rapi Films Running time 101minutes Country Indonesia Language Indonesian

One thought on “Review: I Love You Masbro (2012)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s