Kompetisi Film Pendek Indie Online Forum Movies Kaskus 2011


Menyambut datangnya Hari Pahlawan yang jatuh tepat pada 10 November 2011, Forum Movie Kaskus – sebuah forum yang menjadi tempat para pecinta film berkumpul dan saling berdiskusi di Kaskus yang merupakan situs forum komunitas maya terbesar dan nomor satu di Indonesia –  menggelar kompetisi Film Pendek Indie Online. Sesuai dengan momentum Hari Pahlawan, maka para pembuat film pendek diharapkan dapat menghadirkan nuansa kepahlawanan dalam setiap film pendek yang mereka buat. Dan adalah cukup menyenangkan untuk melihat bahwa banyak diantara peserta yang ikut serta memiliki imajinasi yang sangat tidak terbatas dalam menerjemahkan arti dari sebuah semangat kepahlawanan.

Beruntung, At the Movies terpilih menjadi salah satu anggota dewan juri penilai karya-karya film pendek yang dilombakan bersama Hary Susanto dari Movie Enthusiast dan Frisky Kaunang yang juga merupakan seorang Kaskuser – sebutan untuk para anggota forum Kaskus – aktif di Forum Movie. Selain ketiga nama tersebut, penjurian juga dibantu oleh Putrama Tuta (sutradara Catatan Harian Si Boy, 2011) dan Mouly Surya (sutradara pemenang kategori Sutradara Terbaik di Festival Film Indonesia 2008 untuk debut filmnya, Fiksi). Jelas merupakan sebuah kehormatan untuk dapat bersanding dengan mereka yang memang dikenal sebagai sosok yang sangat menggilai dunia film. Namun, sebuah kehormatan yang lebih besar lagi karena At the Movies diberikan kesempatan untuk menyaksikan beberapa karya film pendek yang, jujur saja, mampu memiliki nilai emosional yang lebih mendalam dari banyak film Indonesia penuh yang dirilis di bioskop-bioskop nasional akhir-akhir ini.

Sebanyak 36 film pendek mendaftarkan dirinya untuk ikut serta dalam kompetisi tersebut. Banyak diantara film pendek yang masuk datang dari mereka yang masih meraba-raba bagaimana cara untuk merangkai penceritaan di dalam sebuah film. Beberapa datang dari mereka yang sepertinya telah begitu mampu dan terbiasa dalam membuat sebuah film pendek. Bagaimanapun, usaha dan keberanian mereka tetap patut dihargai. Beberapa film pendek bahkan mampu tampil sangat kuat dan menjadi favorit bagi At the Movies. Jika Anda ingin melihat ke-36 film pendek yang ikut serta di ajang kompetisi tersebut, maka Anda dapat berkunjung ke Forum Movie Kaskus.

Disini, At the Movies menghadirkan beberapa film pendek yang begitu berhasil merebut perhatian, tampil emosional dan mampu memiliki penceritaan yang begitu kuat. Anda tidak akan menyesal untuk menghabiskan sedikit waktu Anda untuk menyaksikan film-film pendek berikut yang mungkin saja, di masa yang akan datang, para pembuatnya akan menjadi salah satu nama besar di industri film Indonesia. At the Movies, setidaknya, percaya akan hal itu. Selamat menikmati!

Aku Ingin Merdeka

“Michael memiliki pemikiran dan impiannya sendiri, namun selalu dikontrol ketat oleh ibunya yang pengusaha. Dengan harapan agar Michael dapat meneruskan bisnisnya suatu hari, ibunya mengirimnya belajar di Brisbane, Australia. Di negeri orang Michael menikmati kebebasan karena jauh dari orangtuanya. Tapi kebebasan yang sama mengancam akan membuatnya kehilangan semua yang dia impikan. Dia menyadari, bahwa kemerdekaan yang sejati membutuhkan pengorbanan yang besar.

Negeri Para Pahlawan

“Ketika negeri ini dilanda krisis pengabdian dan korupsi, negara terseok-seok menegakkan keadilan dan kejujuran, maka sebutan pahlawan bagi mereka yang tetap teguh mengabdi pada bangsa dan berbagi untuk sesama. Video ini diproduksi dalam rangka mengenang 1 tahun meletusnya Gunung Merapi, 26 Oktober 2010 dan sekaligus menjadi hari dimana telah meninggal seorang yang teguh pengabdiannya, dialah Mbah Marijan membuktikan pengorbanan jiwa raganya demi amanah yang telah diemban sebagai tokoh juru kunci Gunung Merapi di Jogjakarta.

Pahlawan Dalam Diriku

Seorang mahasiswa sedang mengerjakan video untuk tugas kuliahnya. Dia dan kelompoknya membuat video tentang pahlawan yang mempunyai arti dalam diri tiap-tiap orang yang berbeda. Tapi saat dia sendiri ditanyai tentang siapa pahlawan yang berarti dalam hidupnya, dia bingung. Dan film ini menceritakan mahasiswa tersebut dalam mencari sosok seorang pahlawan.

Vetus

Terkadang kita lupa mensyukuri hadiah kemerdekaan yang telah susah payah direbut oleh para pejuang Indonesia. Mereka sudah berkorban apapun agar negaranya bisa merdeka. Tidak bisa pulang berhari-hari, susah mendapatkan makanan dan sebagainya. Makin kesini nasib mereka sekarang rupanya telah berubah drastis. Mereka merasa lebih baik berada di medan perang daripada terabaikan oleh zaman. Lalu sebagai generasi penerus mereka, apakah yang kita bisa lakukan untuk mereka, sang pahlawan?

Patung Berjiwa

Supeno adalah seorang buruh harian yang tinggal di perkampungan kumuh. Dalam segala keterbatasannya, ia mencoba mendidik anak-anak jalanan yang banyak tinggal di perkampungannya. Suatu hari, Supeno berniat membelikan anak didiknya pensil dan buku tulis. Namun karena tidak mempunyai uang yang cukup, Supeno pun mencari jalan untuk mendapatkan uang tambahan demi mewujudkan niatnya tersebut.

Koran Koraan…!

Sesaat sepulang kantor, seorang pengusaha sukses melihat seorang wanita penjual koran keliling. Berjualan koran bukankah hal yang tabu bagi serorang laki-laki, tapi bagaimana jika yang menjual koran adalah seorang wanita?

Sejarah Duta Pertiwi

Duta adalah seorang anak yang jenius dari keluarga sederhana. Bapaknya hanya seorang pegawai tamatan SMA dan Ibunya seorang Ibu rumah tangga tamatan SMP. Namun kejeniusanya tidak diketahui oleh Bapak dan Ibunya karena hobinya setiap hari hanya bermain komputer. Menurut Duta, Ibunya tidak paham sejarah. Tegasnya orang itu bukanlah pahlawan dan sejarah selalu berulang. Lalu Bapak Duta datang untuk menegaskan bahwa sejarah tidak berulang dan tidak boleh berulang. Sang Bapak tidak ingin anaknya mengulang sejarah buruk orang tuanya. Sang Bapak langsung mematikan paksa komputer dan menyuruh Duta untuk belajar karena Ujian Nasional sudah dekat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s