Review: Wrecked (2011)


Hollywood sepertinya semakin memahami bahwa mereka tidak membutuhkan sebuah naskah cerita yang memerlukan deretan latar belakang luas untuk menghasilkan sebuah film yang menarik. Yang mereka butuhkan hanyalah seorang (atau beberapa) aktor yang dapat tampil menarik dan memikat perhatian para penontonnya di sepanjang penceritaan film tersebut. Seirama dengan Frozen, Buried dan 127 Hours yang dirilis tahun lalu, Wrecked menempatkan aktor utamanya, Adrien Brody, sebagai pusat perhatian satu-satunya di dalam sebuah film yang juga menggunakan latar belakang kisah dan lokasi yang begitu terbatas. Jelas merupakan sebuah kesempatan besar bagi Brody untuk menunjukkan kapasitas dramanya setelah rangkaian pilihan peran pasca kemenangan Academy Award-nya yang cenderung selalu berakhir mengecewakan.

Wrecked akan memperkenalkan penontonnya pada sang karakter utama yang dihadirkan tanpa identitas dan diperankan oleh Adrien Brody. Baru sadar dari pingsannya, sang karakter menemukan dirinya dalam kondisi tubuh yang menderita luka dan terjebak dalam sebuah mobil yang telah mengalami kecelakaan parah. Ia tidak sendirian… setidaknya ia masih ditemani oleh sesosok mayat pria lainnya di bangku belakang, serta sosok mayat pria lainnya yang berada di luar mobil. Ia sama sekali tidak mengingat siapa dirinya, siapa ketiga sosok mayat yang berada di sekitarnya dan mengapa mereka bisa terdampar di tengah hutan belantara tersebut.

Seperti halnya film-film yang bertema mengenai usaha sang karakter utama untuk bertahan hidup dalam kondisi yang sangat menyedihkan, sang karakter pria diceritakan mengalami patah tulang pada salah satu kakinya, yang membuat ia tidak dapat bergerak dari dalam mobil untuk mencari bala bantuan. Dengan bantun sebuah senter, beberapa batang korek api serta sebuah senjata api dengan beberapa peluru yang masih tersisa, sang pria berusaha bertahan dari dinginnya malam, kelaparan yang mendera, makhluk-makhluk hutan yang siap memangsanya serta berusaha untuk mengingat kembali apa yang sebenarnya terjadi pada dirinya.

Dengan keterbatasan karakter serta latar belakang cerita dan lokasi, memang adalah sebuah tugas yang cukup berat bagi penulis naskah, Christopher Dodd, dan sutradara, Michael Greenspan, untuk dapat menciptakan berbagai situasi yang mampu mengisi durasi film yang mencapai 90 menit ini. Sayangnya, penonton akan mendapati diri mereka terjebak bersama sang karakter dalam usahanya untuk menyelamatkan diri. Dengan kondisi fisik yang terluka serta amnesia yang mendera, tidak banyak hal yang dapat dilakukan oleh sang karakter utama di bagian awal film. 20 menit awal film ini bahkan hanya menggambarkan sang karakter menangis, berteriak dan mulai merasakan depresi dengan hanya bertahan di kursi yang ia duduki dalam mobil tersebut.

Untungnya, secara perlahan sang karakter akhirnya mulai menemukan kekuatan dirinya untuk dapat melawan atas kondisi fisiknya dan mencoba untuk bergerak. Tidak begitu banyak perubahan karena sang karakter digambarkan hanya mengambil selangkah demi selangkah – merangkak, untuk tepatnya – dalam menjauhi lokasi awal tempat ia bermula. Sebagai distraksi dari kemonotonan jalan cerita, Greenspan dan Dodd menghadirkan beberapa adegan kilas balik yang mengambil bagian sebagai usaha sang karakter utama untuk mengingat siapa dirinya dan apa yang sebenarnya terjadi padanya. Sayangnya, seiring dengan berjalannya plot cerita, Wrecked sedikit menambahkan plot cerita mengenai berbagai halusinasi yang dialami sang karakter utama. Bukan masalah utama sebenarnya, namun bagian tersebut justru membuat para penonton kebingungan untuk membedakan mana kondisi asli sang karakter utama dan mana yang hanya halusinasinya ketika Wrecked akhirnya justru mencampuradukkan dua bagian tersebut tanpa mampu memberikan penjelasan yang baik.

Kemampuan penonton untuk bertahan dan terus menyaksikan kisah sang karakter utama dalam bertahan hidup jelas saja bergantung penuh pada kemampuan dan daya tarik seorang Adrien Brody yang memerankannya. Harus diakui, seperti halnya James Franco (127 Hours) dan Ryan Reynolds (Buried), Brody memiliki kemampuan dramatisasi yang sama menariknya dan hal itu mampu ia tunjukkan dengan baik. Sayangnya, karakter yang ia perankan hanya terbatas pada usaha serta keluhan yang dilakukan sang karakter utama dalam bertahan hidup. Ini yang menyebabkan Wrecked terasa kurang mampu dalam menghasilkan ikatan emosional yang penuh kepada penontonnya. Penonton kemungkinan akan bersimpati kepada apa yang dialami sang karakter utama, namun lama kelamaan jenuh melihat monotonnya tindakan yang ia lakukan untuk bertahan hidup.

Adalah sebuah materi yang selalu menarik untuk melihat bagaimana seorang aktor dapat menggunakan kemampuan akting terbaik mereka ketika mereka memerankan sesosok karakter yang menjadi satu-satunya tumpuan cerita seperti yang dilakukan Adrien Brody dalam Wrecked. Brody terbukti cukup sanggup dalam melaksanakan tugasnya tersebut. Pun begitu, Wrecked tidak pernah terasa begitu berhasil untuk menarik perhatian emosional penontonnya akibat minimnya pengembangan karakter yang dilakukan serta terlalu monotonnya emosi yang coba dihadirkan di dalam jalan cerita film ini.

Wrecked (Independent Edge FIlms, Telefilm Canada - Equity Investment Program, Wrecked Productions, 2011)

Wrecked (2011)

Directed by Michael Greenspan Produced by Kyle Mann Written by Christopher Dodd Starring Adrien Brody, Caroline Dhavernas, Adrian Holmes, Ryan Robbins, Jacob Blair, Mark McConchie Music by Michael Brook Cinematography James Liston Editing by Wiebke von Carolsfeld Studio Independent Edge FIlms, Telefilm Canada – Equity Investment Program, Wrecked Productions Running time 91 minutes Country United States Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s