Review: The Dilemma (2011)


Apa yang akan Anda lakukan ketika mengetahui kekasih sahabat terbaik Anda ternyata sedang berselingkuh dari sahabat Anda? Pertanyaan yang cukup sederhana, dengan pilihan jawaban yang hanya terbatas pada dua pilihan: Anda akan memberitahukan masalah tersebut pada sahabat Anda atau berdiam diri dan membiarkan sahabat Anda menemukan sendiri permasalahan dalam hubungan percintaannya. Namun, tentunya, dua pilihan tersebut memiliki beberapa konsekuensi berbeda yang pastinya akan mempengaruhi hubungan persahabatan Anda. Tema inilah yang coba dibawakan oleh sutradara Ron Howard dalam film komedinya yang bebas dari berbagai adegan yang memancing tawa, datar, dengan karakter utama yang mengesalkan dan jalan cerita yang berjalan hampir selama dua jam, The Dilemma.

Berdasarkan naskah cerita yang ditulis oleh Allan Loeb (The Switch, 2010), The Dilemma mengisahkan persahabatan erat yang terjalin antara Ronny Valentine (Vince Vaughn) dan Nick Brennan (Kevin James). Persahabatan mereka tidak hanya terjalin sebatas hubungan pribadi belaka. Ronny dan Nick juga merupakan pasangan kerja yang saat ini sedang merintis karir di bidang otomotif dan berada di tengah usaha mereka untuk memenangkan sebuah proyek besar bersama sebuah perusahaan mobil ternama. Persahabatan keduanya mulai menemui jalan terjal ketika Ronny secara tidak sengaja melihat istri Nick, Geneva (Winona Ryder) sedang berselingkuh dengan pria yang berusia lebih muda darinya, Zip (Channing Tatum). Ronny pun menemukan dirinya berada dalam kebingungan luar biasa dalam menentukan apakah ia akan memberitahukan perselingkuhan Geneva pada Nick atau tidak.

Atas saran beberapa orang, Ronny akhirnya memilih untuk berdiam diri untuk sementara agar Nick dapat tetap berkonsentrasi untuk melaksanakan tugasnya yang semakin mendekati jadwal penyelesaian. Walau begitu, Ronny tidak tinggal diam. Ia kemudian mengikuti Geneva guna untuk mendapatkan bukti-bukti perselingkuhan wanita tersebut untuk nantinya diserahkan pada Nick. Tanpa disadari, obsesi dan kebingungan yang dirasakan Ronny atas perselingkuhan yang dilakukan Geneva terhadap Nick secara perlahan mempengaruhi diri Ronny, yang kemudian mulai menjadi sosok yang paranoid dan akhirnya mempengaruhi hubungannya dengan kekasihnya, Beth (Jennifer Connelly).

The Dilemma sama sekali bukanlah kali pertama bagi sutradara pemenang Academy Awards (A Beautiful Mind, 2001) dan penulis naskah Allan Loeb dalam menangani sebuah film komedi, walaupun harus diakui keduanya memiliki prestasi yang cukup mengagumkan ketika mereka menggarap film-film dengan genre drama. Namun entah mengapa The Dilemma terasa begitu jauh dari kesan sebuah komedi. Sama sekali tidak ada satu bagian ceritapun dari film ini yang akan mampu mengundang tawa atau minimal senyuman dari penontonnya. Bukannya Loeb tidak berusaha keras untuk itu – para karakter-karakter di film ini seringkali diberikan dialog-dialog one-liner konyol pada beberapa adegan – namun ternyata apa yang dilakukan Loeb tidaklah cukup berhasil, jika tidak ingin dikatakan sama sekali gagal.

Belum lagi pada inti permasalahan yang dibawakan jalan cerita film ini – menyangkut bagaimana sikap karakter Ronny dalam menyikapi perselingkuhan yang dilakukan istri sang sahabat – yang dikisahkan dengan begitu bertele-tele sehingga membuat film ini sangat menjemukan dalam durasinya yang mencapai 118 menit tersebut. Sebenarnya, penonton dapat dengan mudah untuk menebak apa yang akan dilakukan oleh karakter Ronny. Namun, jalan cerita yang ditulis oleh Loeb secara terus-menerus seperti berkeinginan agar Ronny terlibat dalam sebuah masalah dalam setiap tindakan yang ia lakukan. Ini mungkin dilakukan untuk mengundang tawa dari berbagai adegan konyol (baca: bodoh) yang terjadi. Tetap saja, hal tersebut gagal dilakukan karena adegan-adegan tersebut telah begitu mudah ditebak sebelumnya.

Naskah cerita The Dilemma juga menyediakan sangat sedikit ruang bagi jajaran pemerannya untuk dapat memberikan penampilan yang meyakinkan. Mereka tidak bermain buruk, namun sepertinya baik Vaughn, James, Connelly, Ryder dan Tatum masing-masing berada pada wilayah nyamannya. Vince Vaughn masih terlihat seperti pria yang Anda lihat sebelumnya di Old School (2003) ataupun The Break-Up (2006). Begitu pula dengan Kevin James yang masih terlihat sebagai pemeran pendukung dengan porsi peran yang lebih besar dan sama sekali tidak berkharisma dalam memerankan karakternya. Baik Jennifer Connelly dan Winona Ryder bermain dengan kapasitas standar mereka. Sedangkan Channing Tatum adalah Channing Tatum yang juga biasa Anda saksikan: mengandalkan penuh pada ketampanan fisik yang ia miliki. Bahkan Queen Latifah yang hadir gagal untuk memberikan kesegaran pada jalan cerita yang memang telah terlalu berantakan tersebut.

Secara keseluruhan, The Dilemma seperti terlihat kebingungan untuk menentukan arah penceritaannya. Untuk disebut sebagai komedi, film ini terasa begitu gagal dalam menghadirkan berbagai adegan yang mampu menghibur setiap penontonnya. Di sisi lain, The Dilemma terlihat terlalu santai dan kurang berisi untuk dapat disebut sebagai sebuah film drama. Hasilnya, The Dilemma gagal untuk tampil menarik terlepas dari jajaran departemen aktingnya yang berisi nama-nama yang sebenarnya sangat berpotensi untuk membuat film ini dapat bekerja dengan baik. Well… Ron Howard tidak selalu dapat menghasilkan film yang bercita rasa tinggi. Dan The Dilemma mungkin adalah salah satu karya terburuk yang pernah ia hasilkan.

The Dilemma (Universal Pictures/Imagine Entertainment/Spyglass Entertainment/Wild West Picture Show Productions, 2011)

The Dilemma (2011)

Directed by Ron Howard Produced by Brian Grazer, Ron Howard, Vince Vaughn Written by Allan Loeb Starring Vince Vaughn, Kevin James, Jennifer Connelly, Winona Ryder, Channing Tatum, Queen Latifah, Chelcie Ross, Amy Morton, Clint Howard, Talulah Riley Music by Hans Zimmer, Lorne Balfe Cinematography Salvatore Totino Editing by Mike Hill, Dan Hanley Studio Universal Pictures/Imagine Entertainment/Spyglass Entertainment/Wild West Picture Show Productions Distributed by Universal Pictures Running time 118 minutes Country United States Language English

2 thoughts on “Review: The Dilemma (2011)”

    1. Awalnya emang udah sentimen dengan Vince Vaughn. Eh… Nonton filmnya ternyata dia meranin karakter yang begitu-begitu lagi. Bego banget karakterisasinya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s