Review: Paul (2011)


Dalam Paul, dua orang pecinta komik asal Inggris yang saling bersahabat memutuskan untuk berliburan ke Amerika Serikat untuk menghadiri Comic-Con serta menjelajahi beberapa wilayah di negara tersebut yang sempat terkenal karena terdapat penampakan alien disana. Di tengah-tengah perjalanan, tanpa disangka, mereka bertemu dengan salah seorang dari alien tersebut. Simon Pegg dan Nick Frost memerankan karakter dua sahabat tersebut sekaligus menuliskan naskah cerita film ini. Seth Rogen mengisisuarakan karakter sang alien. Gregg Mottola, yang sukes mengarahkan Superbad (2007) dan Adventureland (2009), duduk di kursi sutradara. Paul adalah sebuah film komedi dengan premis yang sangat menjanjikan. Dengan deretan talenta seperti Pegg, Frost, Rogen dan Mottola, Paul seharusnya dapat tampil gemilang dalam menghantarkan lelucon-leluconnya. Sayangnya hal tersebut jarang sekali terjadi dalam 104 menit durasi film ini berjalan.

Jangan salah. Paul tidak sepenuhnya merupakan sebuah film komedi yang gagal. Setelah tampil bersama lewat Shaun of the Dead (2004) dan Hot Fuzz (2007), Pegg dan Frost benar-benar telah memiliki jalinan chemistry yang sangat baik antara mereka berdua. Dan hal itu jelas terlihat dalam chemistry yang tercipta ketika mereka memerankan karakter Graeme Willy dan Clive Gollings di film ini. Paul sendiri merupakan kali pertama Pegg bekerja sama dengan Frost dalam hal penulisan naskah. Walau dipenuhi dengan banyak momen persahabatan yang kental, namun keduanya gagal dalam menghantarkan guyonan-guyonan yang lebih baru dan segar kepada para penontonnya.

Tentu saja, jika hanya mengandalkan kisah road trip yang terjadi antara karakter Graeme dan Clive dengan alien Paul yang baru mereka temui, Paul mungkin akan menjadi sebuah film yang lebih buruk lagi. Dalam perjalanan mereka, Graeme dan Clive bertemu dengan Ruth Buggs (Kristen Wiig), seorang gadis dengan kepercayaannya terhadap agama yang sangat kuat. Sebagai seorang yang taat beragama, Ruth adalah seorang gadis yang lemah lembut, tidak pernah berkata-kata kasar dan percaya bahwa Tuhan hanya menciptakan alam semesta dengan manusia sebagai makhluk ciptaan-Nya dengan derajat paling tinggi. Perkenalan Ruth dengan Paul secara perlahan mengguncang “iman“ serta seluruh kepercayaan yang telah dipegang erat oleh Ruth selama ini.

Dengan kemampuan akting yang sangat lugas dari komedian Kristen Wiig, karakter Ruth benar-benar menjadi karakter yang mampu memberikan nuansa segar pada Paul. Karakter Ruth yang terkejut atas guncangan kepercayaan yang ia alami kemudian diceritakan memilih untuk melakukan hal-hal yang selama ini ia pandang terlarang – berciuman, bersentuhan dengan lelaki dan mengucapkan kata-kata kotor dan kasar – setelah bertemu dengan Paul. Wiig mampu memainkan peran Ruth secara begitu komikal. Adegan-adegan ketika Ruth yang awalnya tidak pernah sekalipun mengucapkan kata-kata bernuansa kotor dan kasar kemudian malah menjadi semakin ahli dalam menggunakan kata-kata tersebut adalah beberapa adegan terbaik di film ini. Begitu menghibur dan sangat lucu!

Selain karakter Ruth, Paul juga diisi dengan beberapa karakter agen FBI – yang diceritakan berusaha untuk menangkap Paul dan mencegahnya untuk kembali ke angkasa luar. Diperankan oleh Jason Bateman, Bill Hader dan Joe Lo Truglio, karakter-karakter ini juga mampu digambarkan dengan sangat jenaka. Jason Bateman yang digambarkan sebagai agen FBI yang misterius mampu tampil begitu menghibur dengan perannya. Sementara Hader dan Truglio menjadi pasangan tradisional di film-film komedi, dimana kehadiran mereka lebih sering muncul untuk tampil dan menyebabkan berbagai kekacauan yang akhirnya justru memancing sisi komedi dari jalan cerita film ini. Paul juga menampilkan penampilan singkat dari Sigourney Weaver dan Blythe Danner. Penampilan Danner cukup baik walau kurang begitu mampu untuk menambah faktor hiburan dalam film ini. Sebaliknya, Weaver tampil dalam durasi yang sangat singkat namun mampu tampil mengejutkan dan menghibur.

Dengan chemistry yang sempurna, Nick Frost dan Simon Pegg benar-benar ditempatkan sebagai senjata utama dalam Paul. Karakter Paul yang diisisuarakan oleh Seth Rogen juga seringkali mendapatkan dialog-dialog yang nyeleneh dan kuat sehingga mampu menambah faktor kekuatan penampilan trio karakter utama dari Paul. Sayangnya, seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, kebanyakan dari lelucon yang digunakan dalam film ini telah banyak ditampilkan dalam berbagai film komedi lainnya sehingga sedikit mengurangi kesan kesegaran dari lelucon itu sendiri. Jalan cerita dari Paul juga tampil sedikit acak dan seringkali terasa sebagai potongan-potongan kisah perjalanan para karakternya daripada sebuah kisah yang mampu menyatu secara keseluruhan.

Walau tidak mampu tampil menghibur secara tajam dan konsisten, Paul harus diakui memiliki momen-momen tersendiri dimana film ini akan mampu memberikan saat-saat yang menyenangkan bagi penontonnya. Pegg dan Frost tampil dengan chemistry yang luar biasa erat dan meyakinkan. Dukungan dari para pemeran lainnya – terutama Bateman dan Wiig – serta tampilan beberapa nama besar yang hadir sebagai cameo – coba apakah Anda bisa mendapatkan penampilan Steven Spielberg dalam film ini – juga semakin menambah kedinamisan dari Paul. Tidak istimewa, namun merupakan sebuah komedi yang cukup pantas untuk disaksikan.

Paul (Relativity Media/Working Title Films/Big Talk Productions/Universal Pictures, 2011)

Paul (2011)

Directed by Greg Mottola Produced by Nira Park, Tim Bevan, Eric Fellner Written by Simon Pegg, Nick Frost Starring Simon Pegg, Nick Frost, Seth Rogen, Kristen Wiig, Jason Bateman, Bill Hader, Joe Lo Truglio, Jane Lynch, Sigourney Weaver, Blythe Danner, Mia Stallard, John Carroll Lynch, David Koechner, Jesse Plemons, Jeffrey Tambor, Justin Reed, Steven Spielberg, Ryan Ottley, Cory Walker, Robert Kirkman, Brett Jones Music by David Arnold Cinematography Lawrence Sher Editing by Chris Dickens Studio Relativity Media/Working Title Films/Big Talk Productions Distributed by Universal Pictures Running time 104 minutes Country United Kingdom, United States Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s