Review: How Do You Know (2010)


Terakhir kali penikmat film melihat nama sutradara pemenang Academy Awards, James L. Brooks, mendapatkan kredit sebagai sutradara di sebuah film adalah ketika Brooks merilis Spanglish di tahun 2004 – yang mendapatkan reaksi yang bervariasi dari banyak kritikus film dunia. Selebihnya, Brooks lebih banyak menghabiskan banyak waktu untuk menjadi produser bagi beberapa film serta serial televisi komedi. Dengan 25 nominasi dan 7 kemenangan di ajang Academy Awards yang diraihnya untuk film Terms of Endearment (1983), Broadcast News (1987) dan As Good as It Gets (1997), wajar saja jika How Do You Know mendapatkan ekspektasi yang cukup tinggi dari banyak kritikus maupun penikmat film dunia.

Well… sayangnya Brooks kali ini kembali gagal dalam menghadirkan sebuah tayangan yang mampu memenuhi segala harapan tersebut. Bukan berarti bahwa How Do You Know adalah sebuah film komedi romantis yang sepenuhnya gagal, namun bahkan dengan jajaran departemen akting yang diisi nama-nama seperti Reese Witherspoon, Paul Rudd, Owen Wilson dan Jack Nicholson yang mampu menghantarkan peran mereka dengan sangat baik, How Do You Know masih saja terasa begitu datar tanpa keberhasilan untuk memberikan sesuatu hal yang esensial pada penontonnya: entah itu hiburan yang berasal dari deretan kisah komedi yang lucu atau dari sisi drama yang mengikat dan menyentuh. How Do You Know, secara sederhana, tidak memiliki elemen tersebut. Dan kesalahan tersebut murni berada di tangan Brooks sebagai seorang penulis naskah film ini.

Berdurasi sepanjang 116 menit, dengan 40 menit diantaranya terasa sangat tidak berarti dan dapat dengan mudah dibuang melalui proses pengeditan, How Do You Know bercerita mengenai dua karakter utama: Lisa Jorgenson (Witherspoon), seorang atlet softball yang baru saja mengetahui bahwa dirinya tidak dipanggil untuk berlatih di tim nasional softball wanita Amerika Serikat, dan George Madison (Paull Rudd), yang baru saja mendapatkan surat dari pengadilan negara Amerika Serikat dan dituduh telah melakukan sebuah penipuan kepada negara. Lewat seorang teman Lisa yang memberikan nomor teleponnya kepada George, kedua karakter ini saling berkenalan. Kisah hubungan keduanya memang kemudian akan berlanjut. Namun, tentu saja, tidak semudah yang dapat dibayangkan banyak orang.

Bingung dengan apa yang kan dilakukannya setelah kegagalan dalam memasuki timnas, Lisa mengencani Matty Reynolds (Owen Wilson), atlet baseball tampan yang… kecerdasannya tidak seindah wajah yang dimilikinya. Matty, walaupun seorang pria yang baik dan sopan, seringkali terlihat tidak sensitif dengan keadaan hati Lisa – yang membuat Lisa meragukan kelanggengan hubungan percintaan antara mereka. Sementara itu, kasus hukum yang dihadapi George telah membuat hubungan ia dan ayahnya, Charles Madison (Jack Nicholson), menjadi sangat tegang. Masalah hukum yang tadinya diperkirakan akan usai dengan cepat ternyata berbuntut panjang dan dapat saja menggiring keduanya masuk ke dalam penjara. Dua kisah inilah yang terlontar dalam How Do You Know, selain kisah pribadi Lisa dan George yang secara perlahan mulai saling mengenal dan sama-sama jatuh hati satu sama lain.

Reese Witherspoon, Paul Rudd, Owen Wilson dan Jack Nicholson adalah pilihan yang sangat tepat untuk berperan dalam setiap karakter yang mereka mainkan di film ini. Khususnya Witherspoon, yang tampil begitu menarik dalam menampilkan dua sisi kemampuan aktingnya: ia mampu terlihat goofy dan jenaka sebagai seorang aktris komedi (suatu sisi yang mungkin begitu dalam tergali akibat perannya dalam di Legally Blonde, 2001) serta berhasil untuk menampilkan sisi dramatis yang meyakinkan sebagai seorang aktris pemenang Academy Awards. Tentu saja, karakter Lisa yang ia perankan bukanlah sebuah karakter yang memerlukan kemampuan akting yang mendalam. Namun tetap saja, Witherspoon mampu menampilkan sisi terbaik dari kemampuan aktingnya dan membuat karakter yang ia mainkan begitu mudah untuk disukai.

Ketika Nicholson hadir hanya untuk memerankan dirinya sendiri, Wilson terlihat (sangat) meyakinkan sebagai seorang atlet tampan penggila pesta dengan kecerdasan yang cukup diragukan serta Rudd yang mampu menghidupkan karakternya dengan baik, tidak ada satupun pemeran yang mampu mencuri perhatian sebanyak yang dilakukan aktris Kathryn Hahn, yang berperan sebagai Annie, asisten George. Semenjak awal, Hahn menjadikan Annie begitu komikal dan menjadi seorang sidekick yang mudah dicintai bagi seorang George. Dan perhatian yang diberikan pada Hahn memuncak ketika Brooks menyelipkan satu adegan paling emosional di sepanjang film ini dan Hahn, bersama dengan aktor Lenny Venito, berhasil menaklukkan adegan tersebut dengan sangat sempurna. Well… setidaknya untuk beberapa saat karena setelah beberapa menit momen emosional mengharukan tersebut terjadi, Brooks kembali  merusaknya dengan sebuah dialog dan adegan komedi yang gagal.

Selain masalah penampilan akting para aktor dan aktrisnya, sejujurnya, tidak ada yang dapat banyak diberikan komentar dari How Do You Know. Sangat disayangkan untuk menyaksikan kemampuan para aktor dan aktris di film ini yang telah begitu maksimal menjadi terbuang percuma begitu saja akibat naskah cerita yang datar dan dibawakan dengan cara yang terlalu bertele-tele. How Do You Know lebih sering terasa sebagai sebuah deretan episode sebuah serial komedi situasi yang digabungkan menjadi satu daripada sebuah film layar lebar yang bercerita dengan lugas. Parahnya, Brooks juga gagal menghadirkan unsur komedi yang cerdas dan menghibur atau bahkan sisi drama yang menarik mengikat, sehingga menjadikan How Do You Know benar-benar hadir dengan kehampaan emosional yang luas.

How Do You Know adalah sebuah contoh dimana ketika para penontonnya telah berusaha kuat untuk menyukai sebuah film akibat permainan akting yang ditampilkan para pemeran film, kemudian tetap merasakan bahwa diri mereka tidak memiliki rasa ketertarikan khusus terhadap apa yang diceritakan dan ditampilkan di sepanjang film tersebut. How Do You Know tetap mampu untuk menghadirkan beberapa momen menghibur, dan menyentuh, pada beberapa bagian. Departemen akting yang bersinar juga akan menyulitkan banyak orang untuk membenci film ini secara keseluruhan. Walau begitu, naskah yang terlalu datar dengan penceritaan yang bertele-tele membuat How Do You Know gagal untuk tampil menarik dan memberikan kesan yang mendalam pada penontonnya.

How Do You Know (Gracie Films/Columbia Pictures, 2010)

How Do You Know (2010)

Directed by James L. Brooks Produced by Julie Ansell, James L. Brooks, Paula Weinstein Written by James L. Brooks Starring Reese Witherspoon, Paul Rudd, Owen Wilson, Jack Nicholson, Dean Norris, Kathryn Hahn, Yuki Matsuzaki, Andrew Wilson, Shelley Conn, Tony Shalhoub, Domenick Lombardozzi, Ron McLarty, Lenny Venito, Mark Linn-Baker, Molly Price Music by Hans Zimmer Cinematography Janusz Kamiński Editing by Richard Marks Studio Gracie Films Distributed by Columbia Pictures Running time 116 minutes Country United States Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s