Review: Hubble (2010)


Di tahun 1990, setelah hampir sepuluh tahun masa perancangannya, National Aeronautics and Space Administration akhirnya melepaskan Hubble ke orbitnya di angkasa luar. Hubble memang bukanlah teleskop luar angkasa pertama yang diorbitkan. Namun, Hubble merupakan teleskop luar angkasa terbesar yang pernah diorbitkan umat manusia hingga saat ini. Hubble juga merupakan salah satu perlengkapan astronomi paling populer dan paling penting yang pernah diciptakan. Tidak heran, ketika Hubble mulai mengalami kerusakan, sehingga gagal mengirimkan gambaran angkasa luar yang jernih kepada Bumi, NASA melakukan segala cara, termasuk dengan menempatkan para astronot mereka dalam bahaya, untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Hubble adalah sebuah film dokumenter produksi IMAX yang bekerjasama dengan NASA untuk memberikan gambaran jelas kepada para penonton film ini mengenai bagaimana berjalannya proses perbaikan Hubble sebenarnya. Hubble sendiri sebenarnya telah mengalami beberapa kali proses perbaikan yang terjadi antara selang waktu tahun 1993 hingga 2002. Akibat dari mahalnya proses perbaikan tersebut, beberapa pihak pemerintah sempat meminta untuk NASA agar meninggalkan Hubble dan membuat sebuah teleskop luar angkasa yang baru. Setelah melalui beberapa kali perdebatan, NASA akhirnya memutuskan untuk mengirimkan tim perbaikan Hubble sekali lagi ke angkasa luar pada tahun 2009, sebelum nantinya Hubble akan resmi untuk diistirahatkan.

Melalui narasi yang dibawakan oleh aktor Leonardo DiCaprio, penonton dibawa masuk ke dalam gedung NASA, melihat secara langsung bagaimana para astronot dan teknisi Hubble mempersiapkan diri mereka sebelum dikirim ke angkasa luar. Tidak hanya memberikan penontonnya mengenai pandangan langsung mengenai proses perbaikan Hubble yang dilakukan oleh Scott D. Altman, Andrew J. Feustel, Michael T. Good, John M. Grunsfeld, Gregory C. Johnson, Michael J. Massimino dan K. Megan McArthur, Hubble juga memberikan begitu banyak tampilan spektakuler mengenai hasil-hasil gambar dan rekaman video yang selama ini telah ditangkap oleh teleskop tersebut.

Luar biasa! Hollywood akhirnya berhasil memanfaatkan teknologi 3D yang selama ini lebih banyak memberikan rasa kekecewaan mendalam kepada penonton menjadi sebuah teknologi yang mampu membuat penontonnya dapat merasakan bahwa mereka sedang berada dalam perjalanan ke luar angkasa. Menegangkan sekaligus penuh dengan momen-momen menghanyutkan yang dihadirkan lewat beragam corak gambar indah angkasa luar yang dihasilkan teleskop Hubble. Sutradara, Toni Myers, dengan cerdas mengemas Hubble sehingga dokumenter ini tidak hanya menjadi sebuah tayangan yang edukasional, namun juga sangat menarik dan mengesankan.

Keunggulan film ini jelas berada pada tata produksinya yang berada pada kelas terbaik. James Neihouse, sinematografer yang telah terbiasa untuk menggarap film-film dengan format IMAX dan 3D, memberikan jejeran ragam gambar terbaik yang sangat mengesankan. Atmosfer ruang angkasa yang indah nan misterius juga semakin diperkuat dengan tata musik oleh duo komposer Micky Erbe dan Maribeth Solomon, yang secara cerdas juga menggunakan dan menempatkan lagu Somewhere Over the Rainbow dan What a Wonderful World di bagian adegan yang akan memberikan para penonton film ini rasa kekaguman luar biasa terhadap magisnya angkasa luar.

Daya tarik yang datang dari berbagai gambar dan rekaman video yang dihasilkan Hubble tentang angkasa luar memang akan memberikan sedikit penurunan ritme ketika Hubble kemudian berfokus pada sekelompok teknisi yang sedang berusaha memperbaiki teleskop tersebut. Namun tetap saja, bagian tersebut mampu tetap dapat tampil menarik, khususnya dengan narasi memikat yang diberikan oleh Leonardo DiCaprio. Beberapa kali, DiCaprio memberikan intonasi yang cukup tepat pada narasi yang ia sampaikan sehingga semakin menambah kedinamisan Hubble dalam bercerita.

Hubble berhasil memberikan begitu banyak dalam durasi filmnya yang hanya berjalan sepanjang 43 menit – dan membuat penontonnya berharap bahwa Hubble berjalan lebih lama layaknya sebuah film layar lebar lainnya. Dihadirkan dalam format IMAX 3D, Hubble dipenuhi dengan gambar-gambar spektakuler nan indah yang akan mampu menghipnotis setiap penontonnya, bahkan ketika mereka menyaksikan film ini tidak dalam format 3D. Hubble adalah sebuah film edukasional dan menghibur yang akan mampu membuai setiap mereka yang selama ini penasaran mengenai berbagai misteri angkasa luar.

Hubble (IMAX Filmed Entertainment/Warner Bros. Pictures, 2010)

Hubble (2010)

Directed by Toni Myers Produced by Toni Myers, Graeme Ferguson Written by Toni Myers Narrated by Leonardo DiCaprio Starring Scott D. Altman, Andrew J. Feustel, Michael T. Good, John M. Grunsfeld, Gregory C. Johnson, Michael J. Massimino, K. Megan McArthur Music by Micky Erbe, Maribeth Solomon Cinematography James Neihouse Editing by Toni Myers Studio IMAX Filmed Entertainment Distributed by Warner Bros. Pictures Running time 43 minutes Country United States, Canada Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s