Review: Yogi Bear (2010)


Sulit dimengerti juga mendengar keputusan Warner Bros. untuk memproduksi versi live-action dari Yogi Bear, sebuah serial animasi yang diproduksi oleh Hanna-Barbera Productions dan dirilis pertama kali pada tahun 1961. Sebagai sebuah serial animasi, Yogi Bear bukanlah sebuah serial animasi yang sempat menikmati masa popularitas yang tinggi. Setelah dua musim masa penayangan, serial tersebut kemudian dihentikan masa tayangnya. Walau begitu, Columbia Pictures sempat merilis adaptasi layar lebar serial ini, Hey There, It’s Yogi Bear (1964), yang sempat mendapatkan banyak pujian dari banyak kritikus film dunia.

Disutradarai oleh Eric Brevig (Journey to the Center of the Earth, 2008), Yogi Bear sebenarnya sama sekali bukan sebuah usaha yang buruk. Jalan ceritanya yang ringan cukup menyenangkan untuk diikuti bagi para penonton muda atau mereka yang memang menggemari film-film keluarga semacam ini. Yogi Bear sendiri mengisahkan mengenai kehidupan Yogi (diisisuarakan oleh Dan Aykroyd) dan sahabatnya, Boo Boo (Justin Timberlake), di Jellystone National Park. Sikap Yogi yang seri merasa sok tahu dan suka mencuri tas piknik para pengunjung taman seringkali menyusahkan Ranger Smith (Tom Cavanaugh), penjaga taman nasional tersebut.

Di suatu hari, ketika menyadari bahwa kotanya sedang berada dalam krisis keuangan, Mayor Brown (Andrew Daly), memutuskan untuk menutup Jellystone National Park. Jelas hal ini membuat panik Ranger Smith, yang selama ini telah merasa begitu dekat dengan taman nasional itu. Bersama dengan Rachel (Anna Faris), seorang pembuat film dokumenter yang sedang bertugas di tempat tersebut, Ranger Smith akhirnya mencoba menyelamatkan Jellystone National Park dengan mengadakan sebuah acara pengumpulan dana, yang berujung dengan sebuah kegagalan. Melihat hal ini, Yogi dan Boo Boo akhirnya memutuskan untuk turun tangan dan menyelamatkan taman nasional tersebut.

Tidak banyak yang dapat diceritakan dari Yogi Bear selain bahwa film ini benar-benar dirancang sebagai sebuah tontonan murni bagi para penonton muda. Mulai dari plot cerita, susunan teknis hingga departemen akting sama sekali tidak menawarkan sesuatu yang istimewa. Jalan cerita Yogi Bear – seperti yang dapat dibayangkan banyak orang – berisi jalan cerita yang cheesy dan mungkin telah berulang kali diolah Hollywood dalam film-filmnya. Namun, tetap saja, bagi mereka yang benar-benar dapat menikmatinya, Yogi Bear cukup mampu untuk menghibur, khususnya pada beberapa dialog dan guyonan slapstick yang dihadirkan dan cukup mampu mengundang tawa.

Dari sisi teknis, para animator Yogi Bear cukup mampu menghasilkan karya animasi digital yang memuaskan, sehingga setiap kali kamera berfokus pada dua karakter beruang di film ini, penonton akan merasa bahwa dua karakter tersebut terkesan sangat nyata. Yogi Bear sendiri sengaja dibuat dalam format gambar 3D, yang harus diakui, sama sekali tidak berguna untuk sebuah naskah cerita sederhana yang tidak dapat memanfaatkan setiap potensi yang dimiliki oleh teknologi 3D tersebut. Adalah lebih (bahkan sangat) baik untuk menyaksikan film ini dalam format 2D biasa.

Dua karakter beruang di film ini diisisuarakan oleh aktor Dan Aykroyd dan Justin Timberlake. Keduanya melakukan pekerjaan yang tidak mengecewakan dengan Aykroyd sangat berhasil dalam membawakan karakter suara Yogi dengan cara yang cukup menyenangkan. Sementara itu, para aktor yang hadir juga tidak tampil dengan penampilan yang terkesan ‘malas-malasan.’ Anna Faris berhasil menjadi daya tarik tersendiri dengan karakter yang ia perankan dan seringkali berhasil mencuri perhatian dari aktor lainnya yang memiliki plot cerita yang lebih banyak dari dirinya.

Benar-benar dibuat untuk penonton muda, yang sepertinya tidak akan mempedulikan bahwa jalan cerita film ini berjalan begitu sederhana dan cheesy, Yogi Bear sebenarnya sama sekali tidak mengecewakan. Memang, film ini tidak menawarkan apapun bagi mereka yang bukan termasuk dari bagian pangsa pasar yang dituju. Namun lewat beberapa dialog dan guyonan yang disajikan, Yogi Bear cukup mampu untuk menghibur. Walaupun… siapapun sepertinya tidak akan berharap bahwa Warner Bros. kemudian akan menyiapkan sebuah sekuel dari film ini.

Yogi Bear (Hanna-Barbera/De Line Pictures/Rhythm and Hues/Warner Bros., 2010)

Yogi Bear (2010)

Directed by Eric Brevig Produced by Donald De Line, Karen Rosenfelt Written by Brad Copeland, Joshua Sternin, Jeffrey Ventimilia (screenplay), William Hanna, Joseph Barbera (characters) Narrated by Josh Robert Thompson Starring Dan Aykroyd, Justin Timberlake, Tom Cavanagh, T. J. Miller, Anna Faris, Nate Corddry, Andrew Daly Music by John Debney Cinematography Peter James Editing by Kent Beyda Studio Hanna-Barbera/De Line Pictures/Rhythm and Hues Distributed by Warner Bros. Running time 82 minutes Country United States Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s