Review: The Tourist (2010)


Angelina Jolie adalah salah satu wanita tercantik yang pernah berjalan di atas permukaan Bumi. Begitu cantiknya Nona Jolie, ia bahkan dibayar hanya untuk terlihat cantik dan memukau setiap mata yang memandangnya di film The Tourist! Anyway… kalaupun The Tourist gagal merebut perhatian para kritikus dan penikmat film dunia, Nona Jolie bukanlah satu-satunya orang yang dapat disalahkan. Jalan cerita yang berjalan tak menentu dengan alur yang lamban benar-benar membuat film yang berdurasi 103 menit ini terasa begitu membosankan.

The Tourist merupakan sebuah film yang di-remake dari film thriller romantis asal Perancis berjudul Anthony Zimmer (2005). Proses produksi The Tourist sendiri sempat beberapa kali menemui halangan setelah terjadinya beberapa pergantian sutradara serta pemain utama. Tom Cruise pada awalnya merupakan pilihan pertama untuk memerankan karakter pria utama di film ini. Cruise kemudian mundur dan digantikan oleh aktor asal Australia, Sam Worthington, yang kemudian juga mengundurkan diri dan memberi kesempatan bagi Johnny Depp untuk masuk dan duduk di kursi pemeran utama pria. Charlize Theron yang semenjak awal telah diplot menjadi pemeran utama wanita akhirnya juga mundur yang kemudian digantikan oleh Angelina Jolie seiring dengan terjadinya pergantian sutradara yang akhirnya diduduki oleh Florian Henckel von Donnersmarck (The Lives of Others, 2006).

The Tourist mengisahkan seorang wanita misterius bernama Elise (Jolie) yang keberadaannya ternyata dibuntuti oleh sekelompok anggota kepolisian London, Scotland Yard. Elise kemudian mengetahui bahwa dirinya sedang berada di bawah pengawasan ketika ia menerima sepucuk surat dari mantan kekasihnya, Alexander Pearce, yang memberitahukannya kondisi tersebut. Alexander kemudian meminta Elise untuk naik ke sebuah kereta api dari kota Paris, Perancis ke Venice, Italia dan berkenalan dengan seorang asing selama di kereta api agar pihak kepolisian tertipu dan mengira Elise sedang bersama dirinya.

Singkat cerita, Elise kemudian memilih untuk duduk di sebelah Frank (Johnny Depp), seorang guru Matematika asal Wisconsin, Amerika Serikat, yang sedang berlibur. Jelas kehadiran Elise – yang kecantikannya membuat setiap pria dan wanita yang ia lewati langsung menatapnya penuh kekaguman — kemudian menarik perhatian Frank yang sebenarnya baru saja ditinggal mati oleh istrinya dua tahun silam. Sialnya, semenjak berkenalan dengan Elise, Frank merasa dirinya terus diawasi oleh sekelompok orang bahkan sempat mengejar-ngejar dirinya dan berusaha untuk membunuhnya. Walau begitu, rasa ketertarikannya yang terlanjur mendalam pada Elise membuat Frank melupakan fakta bahwa bahaya kini sedang mengancam hidupnya.

Kehadiran Jolie, Depp dan keindahan latar belakang alam Venice tentu saja membuat The Tourist menjadi sebuah film yang sangat indah untuk dipandang. Tidak ada satupun momen di film ini yang dihabiskan tanpa mengeksplorasi seluruh keindahan tersebut. Sayangnya, hanya hal itulah yang dapat ditawarkan oleh The Tourist: sebuah film yang bermaksud ingin menjadi sebuah action thriller namun kekurangan adegan-adegan aksi yang memikat, bermaksud ingin menjadi komedi namun… well… tanpa kehadiran unsur komedi sama sekali dan bermaksud untuk menjadi sebuah film yang romantis namun gagal menghadirkan kehangatan antara dua pemeran utamanya.

Cerita yang ditawarkan juga terkesan sebagai sebuah kisah yang teramat singkat namun terus diperpanjang dengan cara menawarkan informasi yang sama dari karakter-karakter yang berbeda. Hal ini semakin diperparah dengan alur cerita yang dibuat berjalan dengan tempo yang cukup lamban. Tanpa kehadiran adanya elemen-elemen action, drama maupun komedi yang mampu menambah kesegaran jalan cerita The Tourist, adalah sangat mudah untuk merasa bosan dengan tampilan cerita monoton yang terus-menerus ditawarkan di sepanjang film ini. Anda tidak akan pernah menyangka bahwa film ini berasal dari tangan seorang sutradara yang pernah memenangkan Academy Awards untuk filmnya yang fenomenal, The Lives of Others.

Berbicara mengenai penampilan monoton, apakah Anda tahu bahwa Angelina Jolie dibayar hanya untuk tampil cantik dengan pakaian yang mewah dan anggun di sepanjang film ini? Baiklah… hal itu sama sekali tidak benar. Jolie juga mengucapkan beberapa bagian dialog. Dalam The Tourist, Jolie sepertinya ingin mengulangi perannya sebagai Mrs Smith di film Mr and Mrs Smith (2008), seorang agen rahasia wanita yang memiliki hati dan perasaan yang dingin. Ini mungkin yang menyebabkan mengapa Jolie terlihat begitu tanpa ekspresi di sepanjang film ini. Sayangnya, hal tersebut justru membuat karakter yang ia perankan menjadi kaku sekaligus berpengaruh terhadap kurangnya chemistry yang ia ciptakan bersama Johnny Depp – yang juga bermain tidak dengan kapasitas terbaiknya di film ini.

Tidak banyak yang dapat dikatakan lebih lanjut mengenai The Tourist. Dengan mengedepankan dua nama besar di dunia akting, Angelina Jolie dan Johnny Depp, film ini seharusnya dapat memberikan sebuah tayangan yang mempesona di akhir tahun. Sayangnya, naskah yang buruk, pengarahan yang kurang apik dan chemistry yang minimalis dari keduanya justru menjadikan The Tourist bagaikan sebuah perjalanan yang membosankan. Hadir tanpa memberikan sesuatu yang cukup menyenangkan bagi penontonnya.

Rating: 2.5 / 5

The Tourist (GK Films/Spyglass Entertainment/StudioCanal/Relativity Media/Columbia Pictures, 2010)

The Tourist (2010)

Directed by Florian Henckel von Donnersmarck Produced by Graham King, Tim Headington, Roger Birnbaum, Gary Barber, Jonathan Glickman Written by Florian Henckel von Donnersmarck, Christopher McQuarrie, Julian Fellowes (screenplay), Jérôme Salle (original story) Starring Johnny Depp, Angelina Jolie, Paul Bettany, Timothy Dalton, Steven Berkoff, Rufus Sewell, Christian De Sica, Raoul Bova Music by James Newton Howard Cinematography John Seale Editing by Joe Hutshing, Patricia Rommel Studio GK Films/Spyglass Entertainment/StudioCanal/Relativity Media Distributed by Columbia Pictures Running time 103 minutes Country United States Language English

10 thoughts on “Review: The Tourist (2010)”

    1. Kalo pertanyaannya yang itu sih, saya sepertinya harus setuju dengan banyak kritikus film lainnya. Masih banyak film lain yang seharusnya ditempatkan di kategori-kategori yang diisi oleh film ini.

  1. yg layak itu aktris dn aktornya…jolie jg bs keluar dr peranx dl sbg mrs.smith…ini lbh dingin,lbh mature dn kentel bgd penjiwaanya…klw bwt jhonny,aktingnya eksotis bgd…klw soal chemistry,dpt2 j…tp emg porsinya lbh sdkit,g ky mr. n mrs. smith…secara keseluruhan,pnteslah aktor/akrisnya masuk nominasi!!!patut dhargai jg usaha mmbwt kejutannya…mantaplah….

  2. Setelah SALT, Angelina Jolie sepertinya terjebak dalam warna peran dan tema cerita yang sama, yaitu dunia intelijen. Sayangnya, film-film seperti ini membutuhkan banyak hal untuk dapat menjadi film yang menarik, seperti Bourne Trilogy. Jolie menurut saya tidak memiliki karakter yang tepat untuk memerankan tokoh dalam tema film seperti ini. The Tourist adalah kegagalan Jolie setelah SALT. Filmnya berjalan hambar dan tidak memberikan kesan sama sekali hingga akhir. Kejayaan Jolie yang terakhir bagi saya ada di Tomb Rider. Semoga Jolie mau belajar untuk memilih tema dan peran yang tepat demi masa depan karirnya.

  3. Baru kemaren malam nonton, diantara temen2 yg nonton cuma ane yg diketawain, bukan krn nda paham, tapi krn ane terus2an bertanya, tadi udah selesai? Endingnya yg tadi? Beragam pertanyaan muncul, dari kurang gregetnya ni film, nda da konflik dan klimaks yang jelas, tau2 udah ending. beuh.😦

    Saran aja, jng nonton. Suer nda bakalan puas kalau nonton film yg begitu membosankan spt ini.

  4. jalan ceritanya bagus. sesuai karakter pemeran masing masing pada film film mereka sebelumnya. di akhir cerita jhony depp sukses jadi penipu seluruh orang. seperti di kebanyakan film yang dia perankan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s