Review: Due Date (2010)


Lepas dari kesuksesan luar biasa The Hangover (2009), dan sebelum ia merilis sekuel film komedi tersebut tahun depan, sutradara Todd Phillips merilis Due Date, sebuah film komedi yang bertemakan road trip dengan Robert Downey, Jr. dan Zach Galifianakis sebagai bintang utamanya. Sebagai sutradara, jika melirik daftar filmografinya, Phillips bukanlah seorang sutradara yang selalu konsisten dalam menghantarkan kualitas filmnya. Banyak yang berhasil meraih pujian baik dari kritikus film maupun penonton, namun tidak sedikit pula yang berakhir sebagai sebuah kekecewaan. Walau tidak sampai pada tahap mengecewakan, sayangnya Due Date bukanlah sebuah film yang akan dianggap sebagai bagian dari momen terbaik karir penyutradaraan Todd Phillips.

Hal yang aneh, memang, mengingat Due Date memiliki dua bintang yang sepertinya memiliki berbagai hal yang diperlukan untuk membuat sebuah film komedi menjadi sebuah tontonan yang bekerja dengan baik: lucu dan menyegarkan. Well… kesalahan sepenuhnya memang tidak dapat diembankan pada Downey, Jr. dan Galifianakis karena memang dengan naskah cerita yang cenderung lemah dan terdengar terlalu familiar seperti yang dimiliki Due Date, rasanya seorang aktor dengan kapasitas komedi terbaik pun masih belum akan mampu menghantarkannya dengan baik.

Robert Downey, Jr. berperan sebagai Peter Highman, seorang calon ayah yang berada dalam perjalanan dari Atlanta menuju Los Angeles untuk menemani istrinya, Sarah (Michelle Monaghan), yang akan melahirkan anak pertama mereka. Perjalanan menuju Los Angeles sendiri telah dimulai dengan langkah yang buruk ketika Peter secara tidak sengaja bertemu dengan Ethan Tremblay (Galifianakis), seorang aktor yang juga bertujuan ke Los Angeles dengan membawa abu sang ayah yang baru saja meninggal dunia. Berbeda dengan Peter yang tenang, Ethan adalah seorang pria yang banyak bicara dan cenderung sering melakukan perbuatan yang mengganggu kenyamanan orang-orang di sekitarnya. Dan Peter akan segera menjadi salah satu dari orang-orang tersebut.

Setelah sebuah insiden antara Peter dan Ethan yang menyebabkan mereka diusir dari pesawat mereka, Peter – yang baru menyadari kalau ia meninggalkan dompet, identitas dan seluruh barang-barangnya di dalam pesawat, terpaksa menerima ajakan Ethan untuk berangkat ke Los Angeles dengan menggunakan mobil sewaan yang dikendarai Ethan. Dan seperti alur cerita komedi yang familiar lainnya, unsur-unsur komedi yang muncul di Due Date datang dari pertentangan kepribadian antara Peter dan Ethan yang tidak hanya sering menyebabkan mereka terjebak dalam sebuah masalah besar, namun juga hampir membuat mereka kehilangan nyawa mereka.

Tidak ada yang istimewa dalam Due Date. Kisah perjalanan Peter dan Ethan memang beberapa kali berhasil memberikan hiburan ketika mereka dikisahkan saling beradu mulut atau memiliki sikap yang berlawanan ketika menghadapi satu masalah. Sayangnya, unsur hiburan yang diberikan oleh Due Date hanya berhenti di titik tersebut, dengan tidak memberikan apapun lagi kepada para penontonnya. Ini membuat durasi film yang sebenarnya hanya sepanjang 85 menit terasa bagaikan sebuah perjalanan yang sangat panjang dan beberapa kali terasa cukup melelahkan.

Komedi yang ditawarkan di sepanjang alur cerita juga bukanlah sesuatu yang istimewa ketika Phillips hanya mampu memberikan barisan lelucon usang yang pasti telah sangat familiar bagi banyak penikmat film komedi. Mulai dari lelucon fisik hingga lelucon mengenai seks yang dihadirkan sama sekali tidak terasa segar, walaupun Downey, Jr. dan Galifianakis beberapa kali berhasil membawakan lelucon tersebut dengan baik dan membuatnya menjadi unsur yang menghibur.

Dari departemen akting, penampilan kedua aktor utama sama sekali tidak mengecewakan. Walau begitu, butuh beberapa saat untuk menghadirkan chemistry yang tepat antara keduanya. Selain Downey, Jr. dan Galifianakis, beberapa wajah familiar tampil sebagai pemeran pendukung dan cameo di sepanjang jalan cerita. Sayangnya, bagi mereka yang mengharapkan penampilan yang mampu mencuri perhatian besar seperti Ken Jeong di The Hangover, mereka sepertinya tidak akan mendapatkannya lewat Due Date akibat naskah yang sepertinya membatasi penampilan mereka.

Mereka yang memiliki ekspektasi besar kepada Due Date karena kesuksesan The Hangover dan dua nama aktor yang berada di barisan depan pemeran film ini sepertinya tidak akan mendapatkan sesuatu yang cukup memuaskan dari film ini. Robert Downey, Jr. dan Zach Galifianakis memang tampil maksimal, berhasil memberikan tawa dan hiburan pada beberapa adegan. Namun naskah yang lemah, dan kurangnya dukungan lelucon-lelucon segar yang dihadirkan, membuat Due Date menjadi bukanlah sebuah tontonan yang istimewa. Cukup menghibur, namun sama sekali tidak istimewa.

Rating: 3 / 5

Due Date (Legendary Pictures/Green Hat Films/Warner Bros., 2010)

Due Date (2010)

Directed by Todd Phillips Produced by Todd Phillips, Daniel Goldberg, Susan Downey Written by Alan R. Cohen, Alan Freedland, Adam Sztykiel, Todd Phillips (screenplay), Alan R. Cohen, Alan Freedland (story) Starring Robert Downey, Jr., Zach Galifianakis, Michelle Monaghan, Jamie Foxx, Rachel Kearns, Juliette Lewis, RZA, Matt Walsh, Danny McBride, Todd Phillips Music by Christophe Beck Cinematography Lawrence Sher Editing by Debra Neil-Fisher Studio Legendary Pictures/Green Hat Films Distributed by Warner Bros. Running time 85 minutes Country United States Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s