Review: Nanny McPhee Returns (2010)


Serahkan kepada Emma Thompson untuk menghasilkan sebuah naskah cerita film keluarga yang walaupun berisi hal-hal magis yang bagi beberapa orang tidak masuk akal, tetap dapat tampil menghibur, berisi banyak pesan moral dan jauh dari kesan dangkal seperti halnya banyak film-film keluarga yang dirilis akhir-akhir ini. Aktris pemenang dua Academy Awards ini memang harus diakui mampu memberikan sentuhan sendiri dalam setiap naskah cerita yang ia berikan, dan ini kembali dapat dibuktikan lewat Nanny McPhee Returns.

Merupakan sekuel dari film keluarga sukses, Nanny McPhee (2005), yang naskahnya diadaptasi oleh Thompson dari buku cerita anak-anak Nurse Matilda karya penulis asal Inggris, Christianna Brand, Nanny McPhee Returns memiliki latar belakang cerita di daratan Inggris pada awal abad ke-20, dimana Inggris sedang bersiap-siap untuk menghadapi dampak Perang Dunia yang sepertinya akan mulai memasuki wilayah tersebut. Nanny McPhee (Thompson) sendiri kali ini bertugas untuk membantu Isabel Green (Maggie Gyllenhaal) dalam menghadapi ketiga anaknya ketika suaminya (Ewan McGregor) sedang turut berperang.

Sebenarnya, ketiga anak Isabel, Norman (Asa Butterfield), Megsie (Lil Woods) dan Vincent (Oscar Steer), adalah anak-anak yang baik dan selalu menuruti perkataan Isabel. Hal ini tentu saja di luar tingkah polah mereka yang seringkali merepotkan Isabel di kesehariannya. Kenakalan ketiga anak ini semakin menjadi ketika dua sepupunya, Cyril Gray (Eros Vlahos) dan Celia Gray (Rosie Toylor-Ritson), yang angkuh dan berasal dari kota, datang berkunjung ke rumah mereka. Suasana kacau balau tak dapat dihindarkan ketika ketiga bersaudara tersebut berusaha untuk membuat dua sepupunya merasa tak betah untuk tinggal bersama mereka.

Seperti biasa, dengan menggunakan sedikit sentuhan magis, Nanny McPhee secara perlahan mampu mengendalikan kelima anak tersebut. Lama kelamaan, mereka malah mampu untuk saling bekerjasama dan saling menghargai satu sama lain. Kabar buruk datang ketika paman mereka, Phil (Rhys Ifans), datang untuk membawa kabar buruk bahwa ayah mereka telah tewas ketika berperang. Ini tentu saja mengejutkan seluruh anggota keluarga tersebut, sekaligus memaksa Isabel untuk menjual ladangnya agar dapat memenuhi kebutuhan hidup anak-anaknya. Hal ini kemudian ditentang oleh Norman, yang tidak ingin ibunya menjual ladang dan masih beranggapan bahwa ayahnya masih hidup. Namun, Norman harus mendapatkan suatu bukti untuk mencegah hal itu untuk dapat terjadi.

Hampir tidak ada yang salah dengan film yang juga memiliki judul Nanny McPhee and the Big Bang ini. Naskah cerita yang diadaptasi oleh Emma Thompson ini memiliki alur cerita yang sangat terjaga semenjak durasi awal penayangannya. Dengan bumbu-bumbu komedi segar yang berhasil memberikan hiburan serta kisah drama keluarga yang beberapa kali terasa cukup menyentuh, Nanny McPhee Returns berhasil memberikan sesuatu untuk setiap penontonnya, baik penonton muda maupun penonton dewasa.

Naskah drama komedi keluarga yang segar juga semakin terbukti kualitasnya ketika berhasil diperankan oleh jajaran pemeran film yang mampu memberikan  penampilan yang sangat memuaskan. Kecuali Maggie Gyllenhaal dan Ewan McGregor, para pemeran karakter dewasa di film ini diisi oleh banyak nama aktor dan aktris papan atas Inggris, mulai dari Emma Thompson, Rhys Ifans, Maggie Smith hingga Ralph Fiennes yang tampil cameo sebagai karakter ayah dari Cyril dan Celia Gray. Seperti halnya film-film asal Inggris yang dipenuhi oleh nama-nama aktor dan aktris papan atasnya, jajaran pemeran film ini membuat Nanny McPhee Returns tampil sangat solid.

Namun, tidak ada penampilan yang paling menyenangkan untuk dilihat selain penampilan kelima aktor dan aktris muda di film ini. Para aktor muda ini membentuk sebuah chemistry yang sangat baik satu sama lain sehingga membuat penampilan dan kisah terbentuknya persahabatan mereka menjadi tampak sangat alami bagi para penontonnya. Arahan sutradara Susanna White terhadap para aktor muda inilah yang kemudian berhasil membuat penampilan mereka menjadi sebuah penampilan yang memberikan unsur kesenangan utama pada Nanny McPhee Returns.

Tidak mudah untuk menuliskan sebuah naskah cerita film keluarga yang tidak hanya berisi hiburan, namun juga mampu memberikan pembelajaran dan kedalaman cerita sendiri kepada setiap penontonnya. Nanny McPhee Returns, setidaknya, berhasil melaksanakan tugas tersebut dengan baik. Tidak hanya unggul di sisi cerita, jajaran pemeran film ini juga tampil solid dalam memberikan penampilan terbaik mereka. Ditambah dengan sinematografi yang menangkap keindahan alam Inggris dengan sempurna, Nanny McPhee Returns adalah sebuah film keluarga yang langka yang mampu menghibur namun tetap dapat tampil sebagai sebuah film yang cerdas.

Rating: 4 / 5

Nanny McPhee Returns (StudioCanal/Relativity Media/Working Title Films/Universal Pictures, 2010)

Nanny McPhee Returns (2010)

Directed by Susanna White Produced by Tim Bevan, Eric Fellner, Lindsay Doran Written by Emma Thompson (screenplay), Christianna Brand (story) Starring Emma Thompson, Maggie Gyllenhaal, Asa Butterfield, Ralph Fiennes, Rhys Ifans, Maggie Smith, Ewan McGregor, Lil Woods, Oscar Steer, Eros Vlahos, Rosie Taylor-Ritson, Sam Kelly, Sinead Matthews, Katy Brand Music by James Newton Howard Cinematography Mike Eley Editing by Sim Evan-Jones Studio StudioCanal/Relativity Media/Working Title Films Distributed by Universal Pictures Running time 109 minutes Country United Kingdom, France, United States Language English

6 thoughts on “Review: Nanny McPhee Returns (2010)”

  1. Belum nonton yang ini. Tapi sudah nonton “Nanny McPhee,” dan lumayan suka. Thanks buat review ini, jadi pingin liat sequelnya. Anyway, sudah jatuh cinta dengan Emma Thompson sejak “Sense and Sensibility.”🙂

    Boleh tuker link?

    1. Sama… Saya juga suka dengan aktingnya Thompson di banyak film. Dan selalu menunggu kehadiran film-filmnya, sebenarnya.

      Tekeran link? Silahkan!😀

    1. Saya lebih suka sekuelnya nih, paman. Kalo udah aktor dan aktris Inggris rame-rame ngumpul, filmnya pasti jadi berkualitas atas banget. Termasuk di Nanny McPhee Returns ini. Lucu banget!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s