Review: Kites (2010)


Masyarakat India sepertinya sangat beruntung bahwa film telah menjadi salah satu kultur kebudayaan khas mereka. Orang-orang yang berada di industri film India sepertinya sangat berhasrat untuk menembus berbagai batasan negara dan budaya dengan tujuan untuk membawa dan memperkenalkan hasil karya mereka. Tidak mengherankan memang jika Bollywood, sebutan untuk industri film India, saat ini menjadi industri penghasil film terbesar di dunia.

Setelah dalam waktu masyarakat dunia dibuat jatuh cinta dengan 3 Idiots dan My Name is Khan, kini industri film India, lewat sutradara Anurag Basu, siap untuk kembali menarik perhatian publik dunia lewat film Kites. Yang membuat Kites sedikit berbeda dengan kebanyakan film India lainnya adalah film ini sama sekali tidak berlatar belakang cerita di India. Seluruh proses pengambilan gambar dari Kites dilakukan di Amerika Serikat, yakni di wilayah Las Vegas dan Santa Fe. Jajaran pemeran film ini juga tidak hanya berasal dari jajaran aktor dan aktris berdarah India. Aktor Hrithik Roshan di dalam film ini akan beradu akting dengan aktris asal Meksiko, Barbara Mori, serta aktor Amerika Serikat, Nicholas Brown. Selain itu, dalam penceritaannya, Kites tidak hanya akan menggunakan bahasa Hindi, namun juga menggunakan Bahasa Inggris serta Bahasa Spanyol.

Kites akan memperlihatkan akting Hrithik Roshan sebagai J, seorang guru tari pria keturunan India yang bekerja di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Karena penghasilan sebagai seorang guru tari tidaklah mencukupi kehidupan keseharinnya, ia dan temannya, Robin (Anand Tiwari), membuat sebuah usaha ilegal dengan menikahi para imigran gelap yang ingin mendapatkan status kewarganegaraan Amerika Serikat.

Setelah beberapa hidup dalam kondisi ekonomi yang pas-pasan, J kemudian melihat kesempatan untuk menjadi seorang yang berada datang dari Gina (Kangana Ranaut), yang merupakan putri dari Bob (Kabir Bedi), pengusaha kasino terkenal di Las Vegas. Hubungan J dan Gina berlangsung lancar. J bahkan telah dikenalkan ke seluruh keluarga Gina yang bahkan telah memperlakukan J bagaikan keluarga sendiri.

Masalah kemudian datang ketika J berkenalan dengan Natasha (Barbara Mori), tunangan dari Tony (Nicholas Brown), kakak Gina. Setelah beberapa lama, J akhirnya menyadari bahwa Natasha adalah Linda, wanita imigran yang dulu sempat ia nikahi demi mendapatkan kewarganegaraan Amerika Serikat. Hubungan J dan Linda terus terjalin secara tersembunyi… hingga akhirnya Tony mengetahui hubungan ini. Kini, J dan Linda harus berlari dari Tony dan kawanannya yang memanfaatkan segala cara untuk dapat melenyapkan mereka berdua.

Pengaruh Hollywood pada film ini mungkin akan terasa pada beberapa adegan action yang terjadi di sepanjang adegan kejar-kejaran antara pasangan J dan Linda dengan kelompok gangster yang dipimpin oleh Tony. Dan tentu saja, beberapa adegan tarian yang terdapat di film ini telah ‘beradaptasi’ dengan baik dengan latar belakang lokasi cerita, yang membuat tarian di film ini lebih menyerupai tarian yang mungkin ditampilkan oleh Channing Tatum di Step Up daripada di film-film Bollywood regular lainnya.

Walaupun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa Kites tetap memegang penuh prinsip jalan cerita yang selalu ditawarkan dalam setiap film-film drama romansa Bollywood: penonton masih akan ditawarkan berbagai adegan romantis — dengan kadar romantis yang lebih banyak daripada film romansa biasa Hollywood — serta dialog-dialog cinta yang selalu terdengar cheesy. Pemilihan kisah mengenai star-crossed lovers (petunjuk: Titanic dan Brokeback Montain) harus diakui menjadi satu hal yang memberikan kesan tersendiri bagi film ini. Penonton pada awalnya mungkin tidak akan menyangka bahwa mereka akan dibawa pada ending yang dipilihkan untuk film ini. Namun justru dengan pilihan tersebut, seluruh perjalanan ketika menyaksikan Kites terasa menjadi lebih berkesan dan menyentuh.

Dua karakter utama, J dan Linda, juga harus diakui cukup efektif dalam menarik perhatian dan simpati penonton. Ini tentu saja tidak lain karena daya tarik dan pesona yang diberikan dua aktornya, Hrithik Roshan dan Barbara Mori. Baik Roshan maupun Mori memang seringkali terlihat masih belum dapat menyesuaikan emosi wajahnya ketika mereka berdialog dengan bahasa Inggris. Namun chemistry yang mereka berikan mampu membuat penonton secara perlahan menyukai mereka, dan di akhir film malah menjadi benar-benar peduli dengan keberadaan karakter yang mereka berdua mainkan.

Komposisi musik yang disusun oleh Rajesh Roshan juga mampu memberikan poin tambahan tersendiri bagi kisah cinta J dan Linda di sepanjang film. Bagi penggemar trilogi The Lord of the Rings, komposisi musik Kites mungkin akan terdengar seperti lantunan suara Enya yang berada di sepanjang film tersebut. Entah benar atau tidak bahwa Kites memiliki komposisi musik yang sama, namun penggunaannya terbukti sangat berhasil dalam memberikan tambahan emosional di berbagai adegan di film ini.

Walau dengan sistem produksi yang mengadaptasi Hollywood, pada dasarnya Kites tetaplah sebuah produk Bollywood yang masih setia menerapkan formula kisah cinta yang sama, yang mungkin akan dipandang berlebihan oleh beberapa orang, namun tak dapat disangkal tetap mampu tampil sebagai sebuah kisah cinta yang cukup romantis. Hrithik Roshan dan Barbara Mori tampil cukup mengesankan di film ini, membuat karakter mereka menjadi begitu hidup dan membuat Kites menjadi begitu mudah untuk disukai.

Rating: 3.5 / 5

Kites (Reliance BIG Pictures, 2010)

Kites (2010)

Directed by Anurag Basu Produced by Rakesh Roshan, Sharan Kapoor Written by Anurag Basu, Robin Bhatt, Sanjeev Dutta, Akarsh Khurana, Rakesh Roshan Starring Hrithik Roshan, Barbara Mori, Kangana Ranaut, Kabir Bedi, Nicholas Brown, Anand Tiwari, Yuri Suri Music by Rajesh Roshan, Graeme Revell Cinematography Ayananka Bose Editing by Avik Ali Distributed by Reliance BIG Pictures Running time 130 minutes Country India Language Hindi, English, Spanish

4 thoughts on “Review: Kites (2010)”

  1. kerenn bngett dech film.nya..
    aplagi ku ngfans bngetz m’ duggu.. ^,^
    gak prnah bosen wlau liat film itu brkali2..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s