Review: Date Night (2010)


Dengan tiga anak diantara mereka, Phil (Steve Carrell) dan Claire Foster (Tina Fey) memiliki tipe pernikahan yang dipastikan akan menjadi mimpi buruk bagi seorang Carrie Bradshaw: berjalan lambat dan sangat membosankan. Phil dan Claire sendiri telah menyadari hal ini, yang membuat mereka selalu berusaha untuk meluangkan satu malam di setiap minggunya untuk keluar bersama berdua dan melupakan segala rutinitas harian mereka. Namun, tradisi keluar bersama berdua ini sendiri lama-kelamaan mulai menjadi sebuah rutinitas yang membosankan pula bagi pasangan ini. Phil dan Claire membutuhkan sesuatu yang baru dan menyegarkan dalam kehidupan mereka!

…dan keinginan tersebut menjadi nyata ketika Phil dan Claire memutuskan untuk “merebut” meja pasangan lain ketika mereka sedang berada di salah satu restauran paling terkenal di Manhattan, New York City. Sialnya, pasangan ini ternyata merebut meja pasangan yang sedang menjadi incaran beberapa anggota komplotan mafia. Phil dan Claire, yang dikira merupakan pasangan yang sedang dicari-cari tersebut, akhirnya harus mengalami malam paling menegangkan dalam kehidupan mereka, ketika mereka dikejar-kejar dan terancam nyawanya oleh para anggota komplotan mafia tersebut.

Date Night, yang disutradarai oleh Shawn Levy (Night at the Museum dan Pink Panther) serta naskahnya ditulis oleh Josh Klausner, menandai pertemuan perdana dua komedian Amerika Serikat yang paling populer saat ini, Steve Carrell dan Tina Fey, dalam sebuah film layar lebar. Dan harus diakui, walaupun film ini diisi banyak nama-nama bintang tenar, keberadaan Carrell dan Fey-lah yang membuat Date Night menjadi sebuah film action comedy yang dapat dinikmati.

Sama seperti kebanyakan film-film drama komedi yang banyak dirilis akhir-akhir ini, naskah Date Night sama sekali tidak menawarkan sesuatu yang berarti, kecuali daya tarik hiburan ringan yang ingin ditampilkan lewat berbagai dialog dan adegan komikal yang ada. Berhasil pada beberapa bagian, namun kebanyakan adegan-adegan yang dihadirkan di Date Night terasa bagaikan sebuah kompilasi dari berbagai adegan film komedi yang telah familiar sebelumnya, yang ketika digarap dan dihadirkan kembali oleh sutradara Shawn Levy, tidak mampu memberikan tingkat kesegaran dan kelucuan yang sama.

Sebagai sebuah film sendiri, Date Night berjalan cukup cepat, dengan alur yang terus melaju ketika dua karakter utamanya telah menemukan permasalahan mereka. Sayangnya, seiring dengan bergeraknya film tersebut, alur komedi yang terasa kental semenjak awal film, berganti haluan menjadi film yang lebih menekankan alur cerita action-nya. Disinilah peran serta kemampuan komedi Steve Carrell dan Tina Fey mampu menyelamatkan film ini dari kegagalan menjadi sebuah film komedi yang datar. Chemistry yang tercipta antara mereka berdua layak digelari sebagai salah satu bentuk chemistry terbaik yang pernah ada dalam sebuah film komedi. Bersama, Carrell dan Fey berhasil membuat berbagai dialog yang mereka sampaikan menjadi terdengar lebih lucu dan menyebangkan.

Selain Carrell dan Fey, film ini dipenuhi oleh banyak nama-nama besar yang tampil sebagai pemeran pendukung. Mulai dari aktor Mark Ruffalo dan aktris Kristen Wiig yang berperan sebagai sahabat pasangan Foster, Mark Wahlberg yang tampil shirtless di sepanjang film ini, hingga pasangan Mila Kunis dan James Franco yang berperan sebagai pasangan Tripplehorn. Dari nama-nama tersebut, Wahlberg mungkin yang paling mencuri perhatian. Adalah cukup menyenangkan untuk melihat Wahlberg, yang selama ini bermain dalam film-film bergenre keras, untuk mencoba tampil komikal dan melucu lewat penampilan yang singkat namun cukup memorable ini.

Hiburan yang cukup berarti juga datang dari Mila Kunis dan James Franco, yang walaupun jatah penampilannya hadir lebih singkat dari penampilan Wahlberg, namun mampu memberikan kesan tersendiri, khususnya bagi alur cerita komedi Date Night. Nama-nama seperti Taraji P Henson, Common dan Ray Liotta juga memberikan kontribusi, walaupun harus diakui tidak begitu berpengaruh banyak pada kualitas jalan cerita film ini.

Keberadaan Steve Carrell yang bertemu untuk pertama kalinya dalam sebuah film layar lebar bersama Tina Fey sebenarnya memberikan harapan yang cukup besar bagi para pecinta film komedi akan sebuah tayangan yang dipenuhi oleh banyak humor-humor segar dan tingkat penghiburan yang tinggi. Sayangnya, sepertinya naskah garapan Josh Klausner tidak pernah mencapai titik bahwa Date Night benar-benar dapat berhasil menghibur setiap penontonnya. Beberapa momen memang berhasil, terima kasih atas penampilan solid Carrell dan Fey, namun secara keseluruhan, Date Night gagal memenuhi berbagai pengharapan tersebut.

Rating: 3 / 5

Date Night (20th Century Fox, 2010)

Date Night (2010)

Directed by Shawn Levy Produced by Shawn Levy Written by Josh Klausner Starring Steve Carell, Tina Fey, James Franco, Taraji P Henson, Mila Kunis, Common, Mark Wahlberg, Mark Ruffalo, Leighton Meester, Kristen Wiig, Ray Liotta, Jimmi Simpson, Olivia Munn Music by Christophe Beck Cinematography Dean Semler Editing by Dean Zimmerman Distributed by 20th Century Fox Running time 88 minutes Country United States Language English 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s