Review: Remember Me (2010)


Walaupun tidak benar-benar memulai karirnya dari awal dengan membintangi franchise The Twilight Saga, namun tidak akan ada yang menyangkal bahwa nama aktor asal Inggris, Robert Pattinson, yang sebelumnya juga turut serta membintangi Harry Potter and the Goblet of Fire, benar-benar menjadi sebuah nama yang dikenal publik dunia semenjak ia memerankan karakter Edward Cullen di franchise tersebut. Sebegitu melekatnya Pattinson pada peran tersebut hingga sepertinya tidak mungkin untuk tidak menyebutkan nama karakter vampir tersebut ketika menyebutkan nama Pattinson.

Edward Cullen boleh saja memberikan popularitas tingkat tinggi kepada Robert Pattinson. Namun tidak semudah itu untuk memperoleh pengakuan yang sama atas kemampuan akting yang ia miliki. Memang, Pattinson telah memerankan banyak peran lain diluar perannya sebagai seorang vampir romantis tersebut. Ia pernah mendapatkan penghargaan ketika bermain dalam sebuah film indie How To Be (2008) bahkan pernah memerankan pelukis legendaris, Salvador Dali, dalam Little Ashes (2009). Kesempatan untuk membuktikan kemampuan aktingnya kini kembali datang dalam bentuk sebuah film drama romantis karya sutradara Allen Coulter (Hollywoodland, 2006) yang berjudul Remember Me.

Mendapatkan kesempatan untuk memerankan seorang karakter yang memiliki lebih banyak emosi, sekaligus berhadapan dengan banyak aktor dan aktris senior, Pattinson berperan sebagai Tyler Hawkins, seorang pemuda bermasalah yang sepertinya masih belum dapat melupakan kematian sang kakak yang meninggal akibat bunuh diri. Tyler sendiri datang dari keluarga yang broken home. Ibunya, Diane (Lena Olin), kini telah menikah lagi dengan pria lain, Les Hirsch (Gregory Jbara), sekaligus merawat sang adik, Caroline (Ruby Jerins). Walau negitu, Tyler masih menjalin hubungan yang baik dengan sang ibu dan adiknya. Hal ini berbeda 180 derajat dengan hubungannya dengan sang ayah yang ambisius, Charles Hawkins (Pierce Brosnan), yang dianggap Tyler semakin membencinya semenjak kematian Michael, sang kakak.

Kisah romansa dimulai setelah Tyler dipaksa oleh sahabatnya, Aidan Hall (Tate Ellington), untuk berkenalan dengan Ally Craig (Emilie de Ravin). Ally sendiri sebenarnya memiliki masa lalu yang kelam, yang diakibatkan oleh kematian tragis sang ibu yang disebabkan oleh beberapa perampok. Mungkin atas dasar sama-sama kehilangan orang yang paling dicintai inilah yang membuat Tyler dan Ally sama-sama cepat dapat menyesuaikan diri satu sama lain. Drama romantis tentu saja akan kurang berarti tanpa kehadiran halangan yang hadir diantara percintaan kedua tokoh utama. Disini, halangan tersebut datang dari ayah Ally, Neil Craig (Chris Cooper), seorang polisi yang overprotected terhadap Ally, dan menganggap Tyler sebagai seorang yang hanya akan merusak diri Ally.

Sutradara Allen Coulter beruntung ia memiliki jajaran pemeran seperti yang ia miliki di film ini.  Naskah cerita Remember Me sendiri tidaklah terlalu istimewa, namun lewat akting para jajaran pemerannya, jalan cerita tersebut terasa sangat nyata dan menyentuh. Lewat chemistry yang mereka ciptakan satu sama lain, para penonton akan merasa peduli dan terhubung dengan tiap karakter yang ada di dalam jalan cerita. Dan ketika hubungan tersebut telah terjalin, Coulter memanfaatkan momen tersebut dengan memberikan sebuah twist kontroversial yang kemungkinan besar akan menghantui setiap penontonnya atau setidaknya menahan nafas ketika adegan tersebut terjadi.

Mau mengakuinya atau tidak, Robert Pattinson adalah seorang aktor yang memiliki sebuah kharisma yang dapat dengan mudah membuat orang menyukainya, dan ia tahu bagaimana cara menggunakannya dengan cara yang tepat. Sedikit mengingatkan beberapa orang akan Johnny Depp di awal-awal karirnya. Lewat Remember Me, setiap orang yang menuduhnya hanya menggunakan ketampanannya untuk mencapai popularitas yang ia peroleh sekarang mungkin akan terpaksa untuk berdiam diri untuk sementara waktu.

Lewat penampilannya sebagai Tyler, Pattinson membuktikan bahwa ia dapat melakukan banyak hal di luar sekedar tampil menjadi seorang vampir di franchise Twilight. Yang lebih teristimewa, chemistry yang ia ciptakan bersama Emilie de Ravin, yang juga tampil memukau, sebagai Ally, juga sangat alami dan membuat setiap adegan romansa yang ada di film ini cukup akan menyenangkan para penggemar genre drama romantis.

Selain Pattinson dan de Ravin, Remember Me juga mendapatkan sokongan kuat dari akting para aktor dan aktris senior di film ini, terutama datang dari Chris Cooper. Cooper, yang berperan sebagai ayah Ally, memang mendapatkan waktu tampil yang minimal jika dibandingkan para bintang utama lain yang ada di film ini. Walau begitu, harus diakui, Cooper mampu memanfaatkan setiap kehadirannya untuk menunjukkan kemampuan aktingnya yang berkelas. Hal yang sama juga berlaku untuk Pierce Brosnan dan Lena Olin. Satu lagi yang patut mendapatkan perhatian adalah penampilan aktris cilik Ruby Jerins, yang berperan sebagai adik Tyler, Caroline. Walaupun memiliki usia yang paling muda, Jerins mampu menampilkan permainan akting terbaiknya, khususnya dengan tantangan dari karakter yang memiliki banyak permasalahan.

Harus diakui, naskah cerita Remember Me yang sederhana sangat terbantu dengan pemilihan ending cerita yang mengejutkan sekaligus sedikit kontroversial. Pemilihan ending tersebut hampir memberikan keseluruhan poin emosional dari keseluruhan jalan cerita yang hampir berjalan biasa saja. Hal ini didukung pula oleh penampilan para jajaran pemeran film ini, yang selain memberikan penampilan terbaik mereka untuk menghidupkan jiwa karakter yang mereka mainkan, juga memberikan chemistry yang sangat pas antara satu dengan yang lain. Ini membuat setiap karakter yang ada di Remember Me menjadi terhubung dengan penontonnya, dan membuat ikatan emosional antara kedua pihak menjadi terjalin dengan sangat baik.

Rating: 3.5 / 5

Remember Me (Underground Films/Summit Entertainment, 2010)

Remember Me (2010)

Directed by Allen Coulter Produced by Nicholas Osborne, Trevor Engelson, Erik Feig Written by Will Fetters Starring Robert Pattinson, Emilie de Ravin, Chris Cooper, Lena Olin, Pierce Brosnan, Tate Ellington, Peyton R. List, Ruby Jerins, Gregory Jbara, Kate Burton Music by Marcelo Zarvos Cinematography Jonathan Freeman Editing by Andrew Mondshein Studio Underground Films Distributed by Summit Entertainment Running time 128 minutes Country United States Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s