Review: The Descent Part 2 (2009)


Ketika pertama kali dirilis pada tahun 2005, banyak penggemar film dunia yang tidak berharap banyak pada kehadiran The Descent. Wajar saja, seperti halnya tema vampire pada beberapa tahun belakangan, tema zombie dan makhluk-makhluk aneh lainnya memang sedang banyak ditampilkan oleh banyak sineas film horror dunia pada waktu itu.

Namun ternyata ekspektasi rendah tersebut dibayar dengan sangat baik oleh sang sutradara, Neil Marshall, yang ternyata mampu memberikan sebuah film thriller yang berkualitas serta menegangkan. Hasilnya, ketika The Descent berhasil sukses sebagai sebuah film secara kualitas maupun komersil, pihak produser pun melihat kesempatan untuk melanjutkan kesuksesan The Descent tersebut lewat sebuah sekuel. Maka diproduksilah The Descent Part 2 dengan Jon Harris duduk sebagai sutradara. Neil Marshall sendiri di film ini hanya bertindak sebagai executive producer.

The Descent Part 2 memulai kisahnya beberapa saat setelah film pertamanya berakhir. Sarah (Shauna Macdonald) yang berhasil menyelamatkan diri dari gua tempat dirinya dan teman-temannya terperangkap, kini berada di rumah sakit dengan ingatan yang hilang. Sialnya, pihak kepolisian menemukan bercak darah milik temannya, Juno (Natalie Mendoza), di pakaian Sarah, yang memicu dugaan bahwa Sarah melakukan ‘sesuatu’ terhadap teman-temannya.

Sheriff Vaines (Gavan O’Herlihy) akhirnya memaksa Sarah untuk kembali ke gua tersebut untuk meneliti apa yang sebenarnya terjadi disana. Bersama dengan seorang petugas polisi lainnya, Elen Rios (Krysten Cummings) dan tiga orang spesialis lainnya, Sarah — yang masih tidak dapat mengingat apa-apa — dan Sheriff Vaines akhirnya kembali menelusuri gua tersebut. Sebuah langkah yang tentu saja seharusnya mereka tidak lakukan.

Ketika secara perlahan memasuki gua tersebut, Sarah mulai mendapatkan kembali sedikit demi sedikit ingatannya yang hilang mengenai kejadian di dalam gua tersebut. Namun, belum lagi ia dapat mengingat secara penuh, para makhluk-makhluk aneh yang berada di dalam gua tersebut mulai menyerang Sarah dan yang lainnya. Ini membuat kelompok tersebut akhirnya terpecah, dan dari sinilah perjalanan yang dipenuhi dengan kejutan, darah dan kematian akhirnya dimulai.

Bagi mereka yang telah mengikuti film ini dari seri pertamanya, tentu menyadari bahwa The Descent Part 2 terlihat seperti versi extended dari The Descent, yang membuat beberapa elemen kejutan yang coba dihadirkan sepertinya merupakan pengulangan dari apa yang terjadi di seri pertamanya. Walau begitu, sutradara Jon Harris sepertinya mencoba menutupi kekurangan kejutan ini dengan menambah berbagai adegan action yang dipenuhi darah dan adegan-adegan sadis. Berhasil, bahkan beberapa diantaranya mampu melewati tingkatan kengerian yang pernah diberikan seri awalnya.

Sutradara Jon Harris sendiri, yang bekerjasama dengan sutradara Neil Marshall sebagai editor di The Descent, sepertinya tidak ingin melakukan perubahan yang terlalu banyak pada sekuel film tersebur. Hasilnya, semakin film ini bergerak ke arah akhir cerita, film ini semakin terasa sebagai sebuah remake dari film awalnya, daripada sebuah sekuel yang melanjutkan kisah pertamanya. Karakter dan dialog yang dihadirkan juga tidak terasa istimewa. Film ini lebih menonjol ketika menampilkan adegan-adegan action-nya daripada sedang mempertunjukkan sisi dramanya — khususnya di bagian awal film yang terasa datar.

Tidak memberikan sebuah kejutan baru bagi para penggemar The Descent yang mengharapkan kualitas dan kejutan yang lebih meningkat, namun The Descent Part 2 setidaknya mampu memberikan sebuah tontonan yang cukup mendebarkan lewat hadirnya lebih banyak adegan sadis dan darah yang diberikan oleh sutradara Jon Harris. Hal ini sendiri bukan berarti sebuah kritikan negatif atas apa yang dihasilkan Harris. The Descent harus diakui sebagai sebuah film horror kecil yang mampu berkata banyak dan memuaskan seluruh penggemar genre tersebut. The Descent Part 2, walau belum mampu duduk sejajar dengan kualitas seri awalnya, harus diakui cukup mampu memberikan hiburan tersendiri bagi para penontonnya.

Rating: 3.5 / 5

The Descent Part 2 (Lionsgate/Warner Bros./Pathe/Celador Films, 2009)

The Descent Part 2 (2009)

Directed by Jon Harris Produced by Ivana Mackinnon, Christian Colson Written by James Watkins, J. Blakeson, James McCarthy Starring Shauna Macdonald, Natalie Mendoza, Douglas Hodge, Krysten Cummings, Gavan O’Herlihy, Joshua Dallas, Anna Skellern Music by David Julyan Cinematography Sam McCurdy Editing by Jon Harris Distributed by Lionsgate/Warner Bros./Pathe/Celador Films Running time 94 minutes Country United Kingdom Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s