Review: Love Happens (2009)


Jennifer Aniston. Mungkin bukan kesalahan semua orang jika ketika mendengar nama aktris yang populer lewat serial televisi Friends ini langsung terbayang akan berbagai film komedi romantis yang sayangnya kebanyakan dinilai dangkal dan kurang efektif. Dengan judul Love Happens dan sebuah poster yang kurang menarik, penilaian itu mungkin akan semakin tajam terbentuk, bahkan sebelum kebanyakan penonton menyaksikan film ini.

Walau begitu, Love Happens tidaklah sedangkal yang kebanyakan orang kira. Baiklah, setengah dari ceritanya tidaklah sedangkal yang orang kira. Masih memanfaatkan berbagai formula-formula sebuah komedi romatis Hollywood, namun Love Happens juga menempatkan kisah mengenai bagaimana seseorang dapat menghadapi rasa kehilangan di dalam jalan ceritanya. Dan disitulah letak keunggulan cerita film ini.

Berkisah mengenai Burke Ryan (Aaron Eckhart), seorang penulis dan pembicara inspirasif yang seringkali memberikan nasehat mengenai bagaimana menghadapi rasa kehilangan terhadap seseorang yang sangat kita cintai. Burke sendiri menulis dan membicarakan topik tersebut berdasarkan pengalaman pribadinya mengenai menghadapi masa trauma akan kehilangan istrinya yang tewas dalam sebuah kecelakaan.

Ketika sedang akan mengadakan seminar di Seattle, tempat dimana istrinya berasal, Burke bertemu Eloise (Jennifer Aniston), seorang wanita yang bekerja sebagai seorang florist di hotel tempat Burke menginap. Dan seperti halnya yang terjadi di setiap drama komedi romantis, rasa ketertarikan Burke dan Eloise secara perlahan mulai tumbuh satu sama lain.

Namun, hubungan antara Burke dan Eloise bukan tanpa masalah. Burke hingga saat ini sepertinya masih belum dapat melepaskan tragedi kecelakaan yang telah menimpa sang istri. Hal inilah yang membuat Burke telah lama memutuskan hubungan dengan keluarga sang istri, padahal ayah mertuanya (Martin Sheen), sebenarnya sangat berharap agar Burke mau melupakan sang istri dan melanjutkan kehidupannya.

30 menit pertama dari debut film sutradara Brandon Camp ini dapat dikatakan sangat menjanjikan. Camp, yang bersama Mike Thompson menulis naskah cerita film ini, berhasil menarik perhatian para penontonnya lewat beberapa kutipan yang mereka buat mengenai kehidupan. Bahkan, adegan perkenalan antara Burke dan Eloise sendiri masih cukup menarik dan menghibur. Sayangnya, hal tersebut perlahan-lahan memudar setelah Burke mulai mengenal Eloise karena disaat yang sama Camp dan Thompson sepertinya terjebak dengan formula-formula komedi romantis standar Hollywood yang sudah ada.

Love Happens sendiri dibuat dengan dua lapisan cerita yang berbeda. Lapisan pertama adalah mengenai karir serta kehidupan pribadi Burke yang menceritakan mengenai bagaimana seseorang berusaha melupakan kepergian seseorang yang sangat mereka cintai. Lapisan kedua, bagian lemah dari film ini, adalah mengenai perkenalan antara Burke dan Eloise. Untungnya, lapisan pertama seringkali berhasil menutupi lemah dan standarnya jalan cerita lapisan kedua. Beberapa adegan yang berhubungan dengan kisah lapisan pertama harus diakui akan sangat efektif untuk, setidaknya, membuat haru para penggemar film-film drama.

Lemahnya penceritaan lapisan kedua, selain karena dasar cerita yang standar, mungkin disebabkan oleh lemahnya chemistry antara dua pemain utamanya, Aaron Eckhart dan Jennifer Aniston. Harus diakui, lewat interpretasi mereka sebagai Burke dan Eloise, mereka berdua lebih pas disandingkan sebagai dua sahabat daripada dua orang yang mulai jatuh cinta satu sama lain. Tidak, akting Aniston dan Eckhart di film ini sama sekali tidak buruk. Aniston masih menjadi dirinya dan terlihat sangat menarik. Eckhart juga berhasil memberikan dramatisasi peran yang baik pada beberapa adegan penting. Namun ketika sedang berdua, Eckhart dan Aniston sepertinya tidak memiliki keterikatan yang sangat kuat satu sama lain.

Love Happens masih menawarkan berbagai formula komedi romantis Hollywood yang sama seperti film-film drama komedi romantis lainnya. Bedanya, Love Happens masih menyisipkan kisah drama yang ternyata lebih kuat daripada kisah cinta yang ingin ditampilkan. Hasilnya, penonton mungkin akan lebih senang untuk menyaksikan Love Happens untuk bagian dramanya daripada untuk menyaksikan bagian percintaan antara dua karakter utamanya yang terasa sedikit hambar dan kurang tergali.

Rating: 3 / 5

Love Happens (Relativity Media/Universal Pictures, 2009)

Love Happens (2009)

Directed by Brandon Camp Produced by Scott Stuber, Mike Thompson Written by Brandon Camp, Mike Thompson Starring Aaron Eckhart, Jennifer Aniston, Frances Conroy, Dan Fogler, Martin Sheen, Judy Greer, Joe Anderson, John Carroll Lynch Music by Christopher Young Cinematography Eric Alan Edwards Editing by Dana E. Glauberman Studio Relativity Media Distributed by Universal Pictures Running time 119 minutes Country United States Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s