Review: Case 39 (2009)


Entah mengapa, adalah sebuah hal yang sangat menarik untuk melihat seorang aktris yang telah populer dengan kemampuan dramanya untuk bermain dalam sebuah film horror atau thriller. Kate Winslet memulai karirnya di layar lebar dengan film horror, Heavenly Creatures. Nicole Kidman menampilkan penampilan yang menarik di The Others. Kate Hudson mengundang kritik yang beragam untuk The Skeleton Key, sama seperti ketika Anne Hathaway bermain dalam The Passengers.

Aktris pemenang Academy Awards, Renee Zellweger, juga merasakan kali pertama untuk berakting dalam sebuah film horror melalui film ini, Case 39. Christian Alvart, sang sutradara, sebenarnya telah menyiapkan proses pengambilan gambar film ini semenjak tahun 2007, untuk dirilis pada tahun 2008, jauh sebelum Alvart merilis film terakhirnya, Pandorum. Namun entah mengapa, film ini selalu menghadapi berbagai kendala ketika dirilis hingga akhirnya film ini dirilis pada tahun 2009. Di beberapa negara, film ini bahkan tidak dirilis dan langsung diluncurkan dalam bentuk DVD.

Rangka cerita dari Case 39 sendiri memiliki plot yang mungkin telah banyak dimiliki oleh film-film horror lainnya. Emily Jenkins (Zellweger) adalah seorang wanita yang mendedikasikan hidupnya sebagai seorang petugas sosial. Suatu hari, Emily mendapatkan sebuah kasus baru dimana seorang gadis berusia 10 tahun, Lilith Sllivan (Ferland), mengaku kalau kedua orangtuanya hendak “mengirimnya ke neraka”. Emily akhirnya berusaha sekuat tenaga untuk menyelamatkan sang gadis dari kedua orangtuanya.

NOT SUCH AN INNOCENT GIRL. Yakin Anda menyelamatkan orang yang benar?

Lilith akhirnya berhasil dibebaskan dari cengkeraman kedua orangtuanya. Sambil menunggu ada satu keluarga yang mau mengadopsi Lillith, Emily mengajaknya untuk tinggal bersama. Semua berjalan lancar, hingga suatu saat berbagai masalah yang berujung kematian pada orang-orang yang dikenal Emily mulai datang satu persatu.

Terlalu sinis untuk mengatakan film ini adalah sebuah horror yang buruk. Walaupun sejujurnya film ini memiliki momen-momen horror yang sangat minim, namun ketika momen horror itu datang, Case 39 mampu menjadi sebuah film horror yang cukup menengangkan. Perubahan jalan cerita mengenai sang gadis kecil juga sebenarnya cukup menarik. Dari premise dan awal cerita yang disediakan, sebagian orang mungkin tidak akan menyangka bahwa film ini mempunyai jalur kisah yang sama dengan film-film bertema sama lainnya (PS: Saya berusaha sekuat tenaga untuk menyimpan jalan cerita film ini yang sebenarnya).

Dari segi akting, dua pemain utama film ini menampilkan penampilan yang cukup lumayan. Renee Zellweger sepertinya mampu bermain baik, walaupun terkadang ia masih terlalu sering terlihat menggunakan ekspresi datar yang biasa ia tunjukkan di film-film dramanya. Aktris muda asal Kanada, Jodelle Ferland, yang mungkin Anda kenal wajahnya lewat film Silent Hill, juga mampu memberikan ketegangan tambahan di jalan cerita. Jajaran cast utama lainnya, seperti Ian McShane dan Bradley Cooper, mungkin tidak terlalu dapat dinilai, mengingat minimnya peran karakter mereka di film ini.

Sangat sulit sebenarnya untuk menghasilkan suasana tegang bagi para penonton dengan menghadirkan tema supranatural di saat film-film slasher saat ini lebih berkuasa, dan lebih mengena, di hati para penggemar film horror. Case 39 mungkin termasuk diantara jajaran film yang kurang dapat menghadirkan rasa tegang tersebut bagi para penontonnya, walau tidak dapat dikatakan gagal total. 20 menit terakhir film ini lumayan berhasil, ditambah dengan akting yang memadai para pemerannya. Bukan film yang sangat direkomendasikan, tapi setidaknya masih lebih baik daripada film horror kebanyakan.

Rating: 3 / 5

Case 39 (Paramount Pictures, 2009)

Case 39 (2009)

Directed by Christian Alvart Produced by Lisa Bruce, Steve Golin, Alix Madigan, Kevin Misher Written by Ray Wright Starring Renée Zellweger, Jodelle Ferland, Bradley Cooper, Ian McShane Distributed by Paramount Pictures Running time 115 minutes Country United States/Canada Language English

2 thoughts on “Review: Case 39 (2009)”

  1. Wah, setahu saya Renee Zelweger sebelumnya udah pernah main film horor juga lho? Tepatnya di awal2 karirnya. Judulnya The Return of the Texas Chainsaw Massacre (1994) bareng Matthew McConaughey. Jadi Case 39 ini horor keduanya. Cuma beda subgenre sih, yang satu slasher yg satu lagi supernatural😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s