get-m4rried-header

Meski tak satupun diantara seri lanjutan Get Married (2007) yang mampu menghadirkan kualitas presentasi cerita maupun guyonan sekuat seri pemulanya, namun harus diakui bahwa seri film tersebut telah mendapatkan sejumlah penggemar loyal dari kalangan penonton film Indonesia. Seri terakhirnya, Get Married 3 (2011) – yang hadir dengan kualitas paling buruk jika dibandingkan dengan dua seri Get Married sebelumnya, bahkan masih mampu meraih kesuksesan dengan perolehan jumlah penonton berada di atas angka 500 ribu. Karenanya, tidak mengherankan jika kemudian Starvision Plus kembali mengumpulkan para jajaran pemeran serta kru produksi seri film ini untuk membuat seri keempat yang diberi judul Get M4rried dan berusaha untuk mengulang kesuksesan tersebut.

Kembali diarahkan oleh sutradara Monty Tiwa – yang menggantikan posisi Hanung Bramantyo pada seri sebelumnya – dengan naskah cerita yang juga kembali ditulis oleh Cassandra Massardi, Get M4rried masih berfokus pada kehidupan pernikahan yang dijalani oleh Mae (Nirina Zubir) dan Rendy (yang kembali diperankan oleh Nino Fernandez dari Get Married 2, 2009) serta orang-orang terdekat yang selalu berada dan mempengaruhi pernikahan mereka. Jalan cerita film ini sendiri mulai bergulir ketika Mama Rendy (Ira Wibowo) mengumumkan bahwa ia akan segera menikahkan puterinya, Sophie (Tatjana Saphira – yang menggantikan posisi Kimberly Ryder) yang masih berusia 16 tahun dengan kekasihnya yang berasal dari Korea Selatan, Kim Bum Park (Math Wang Kie). Pengumuman itu sendiri sempat membuat Mae merasa berang karena merasa Sophie masih terlalu muda untuk menginjakkan kakinya di mahligai pernikahan. Mae akhirnya bertekad untuk menyadarkan Sophie untuk tidak terburu-buru dalam mengambil keputusannya tersebut.

Tekad Mae tersebut diawali dengan memaksa Sophie agar mau tinggal bersama kedua orangtuanya (Jaja Mihardja dan Meriam Bellina) untuk merasakan sendiri bagaimana peliknya kehidupan sebuah pernikahan. Namun, dalam perjalanan usahanya tersebut, justru Mae yang kemudian menemui sebuah kepelikan hidup berumahtangga ketika dirinya berkenalan dengan sosok pemuda bernama Max (Ajun Perwira) yang dianggapnya lebih memperhatikan dirinya jika dibandingkan dengan suaminya sendiri. Kedekatannya dengan Max serta sebuah rahasia yang ia temukan mengenai dirinya sendiri kemudian menjadi ujian tersendiri bagi Mae dalam mempertahankan hubungan cintanya dengan Rendy.

Tidak ada banyak perubahan yang cukup berarti dalam tubuh penceritaan Get M4rried. Mereka yang telah mengikuti seri ini semenjak awal kemungkinan besar telah dapat menerima begitu saja sajian cerita maupun komedi yang kembali dihadirkan di seri ini – dan, untungnya, para penonton baru juga tetap akan dengan mudah menikmatinya sebagai sebuah sajian drama komedi yang utuh. Jika dibandingkan dengan seri-seri sebelumnya, Get M4rried harus diakui memiliki lebih banyak plot penceritaan yang ingin dihadirkan ke penonton. Meskipun tidak seluruh plot penceritaan tersebut mampu disajikan dengan kuat maupun menarik – berbagai peristiwa yang berhubungan dengan karakter Eman (Amink), Benny (Ringgo Agus Rahman) dan Guntoro (Deddy Mahendra Desta), plot yang berhubungan dengan masalah kesehatan karakter Mae dan kisah keakrabannya dengan karakter Max – Monty Tiwa dan Cassandra Massardi cukup mampu menghadirkan menjadi sebuah sajian dengan elemen hiburan yang kuat.

Keunggulan tersebut jelas terasa datang dari kemampuan Cassandra untuk kembali menghadirkan deretan dialog dengan kandungan guyonan-guyonan yang terasa cukup segar dan menghibur untuk dieksekusi setiap pemerannya. Sindiran-sindiran mengenai kehidupan sosial masyarakat yang dahulu mampu menjadikan Get Married tampil beda dari kebanyakan film komedi Indonesia yang dirilis saat itu juga kembali dihadirkan di seri kali ini dan berhasil memberikan banyak momen menghibur dalam jalan penceritaan Get M4rried. Arahan Monty Tiwa yang memilih untuk menghadirkan penceritaan film dengan alur yang cepat juga mampu membuat 122 menit durasi penyajian Get M4rried terasa semakin efektif dalam bercerita.

Namun, layaknya tiga seri sebelumnya, Get M4rried jelas terasa begitu segar berkat kemampuan para jajaran pemerannya untuk kembali menghidupkan setiap karakter yang mereka perankan. Nirina Zubir hadir dengan chemistry yang lebih baik bersama Nino Fernandez daripada apa yang ia tampilkan ketika didampingi oleh Fedi Nuril. Ketiga pemeran sahabatnya, Amink, Ringgo Agus Rahman dan Deddy Mahendra Desta, memang harus diakui tidak lagi mendapatkan jalan penceritaan yang cukup esensial dalam seri kali ini. Tetap saja, ketiga aktor tersebut mampu memberikan penampilan yang menghibur di setiap kehadiran mereka dalam adegan cerita. Kualitas yang sama menghiburnya juga dapat ditemukan dari penampilan Jaja Mihardja, Meriam Bellina dan Ira Wibowo.

Meskipun kehadiran karakter mereka seperti mencoba untuk mengulang kisah karakter Mae dan Rendy dari seri pertama, namun Tatjana Saphira dan Ricky Harun tetap berhasil memberikan penampilan yang cukup kuat. Tatjana Saphira dengan mudah mampu mengisi karakter Sophie yang kali ini diberikan porsi penceritaan yang lebih besar dari seri sebelumnya – ketika masih diperankan oleh Kymberly Ryder. Hal yang sama juga dapat ditemukan pada penampilan Ricky Harun yang sekaligus tampil dengan chemistry yang erat dengan lawan mainnya tersebut. Kehadiran beberapa cameo dari banyak wajah familiar seperti Oon, Tora Sudiro, Epy Kusnandar, Donny Alamsyah serta Renata Kusmanto cukup mampu memberikan tambahan hiburan yang mumpuni bagi penonton.

Meskipun masih terbata-bata dalam menampilkan jalan ceritanya – bahkan hampir terlihat lemah atau bertele-tele dalam beberapa bagiannya, Get M4rried setidaknya berhasil tampil lebih baik dari seri sebelumnya, Get Married 3. Keberhasilan tersebut jelas masih datang dari kemampuan setiap pengisi departemen akting film ini untuk kembali menghidupkan karakter-karakter yang mereka perankan serta kesuksesan Cassandra Massardi untuk mengulang formula komedi satir dari seri film pertama dan arahan Monty Tiwa yang mengeksekusi naskah cerita dengan alur yang cepat. Mungkin jika beberapa plot penceritaan yang kurang terasa esensial dapat dihilangkan, Get M4rried akan mampu tampil lebih kuat dalam presentasinya. Pun begitu, Get M4rried berhasil kembali membuktikan mengapa seri drama komedi ini begitu diminati oleh penonton film Indonesia – sekaligus membuka jalan bagi kemungkinan perilisan seri kelimanya.

popcornpopcornpopcorn popcorn2popcorn2

Get M4rried (Starvision Plus, 2013)

Get M4rried (Starvision Plus, 2013)

Get M4rried (2013)

Directed by Monty Tiwa Produced by Chand Parwez Servia, Fiaz Servia Written by Cassandra Massardi Starring Nirina Zubir, Nino Fernandez, Amink, Ringgo Agus Rahman, Deddy Mahendra Desta, Meriam Bellina, Jaja Mihardja, Ira Wibowo, Tatjana Saphira, Ricky Harun, Math Wang Kie, Ajun Perwira, Natasha Rizki, Oon, Renata Kusmanto, Norman Akyuwen, Epy Kusnandar, Arie Dagienkz, Chika Jessica, Ichsan Akbar, Tora Sudiro, Donny Alamsyah, Dahlia Poland, Iang Darmawan, Alfie Alfandy, Rendy Kjaernett Music by Slank Cinematography Rollie Markiano Editing by Ryan Purwoko, Oliver Sitompul, Cesa David Luckmansyah Studio Starvision Plus Running time 122 minutes Country Indonesia Language Indonesian

About these ads
Comments
  1. keziarhh says:

    Nah, enough sequels, lol.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s