bernie-header

Sukses dengan School of Rock (2003), Richard Linklater kembali bekerjasama dengan Jack Black dalam film terbarunya, Bernie. Naskah cerita Bernie sendiri diadaptasi oleh Linklater bersama Skip Hollandsworth dari sebuah artikel berjudul Midnight in the Garden of East Texas karya Hollandsworth yang diterbitkan oleh majalah Texas Monthly pada Januari 1998. Merupakan sebuah kisah nyata mengenai pembunuhan seorang milyuner wanita berusia 81 tahun yang dilakukan oleh teman dekatnya yang berusia 39 tahun, Linklater tidak mengemas Bernie dalam bentuk sebuah penceritaan konvensional. Untuk membangun kisah dan deretan karakter yang ada di dalam ceritanya, Linklater menggunakan bantuan narasi yang berasal dari masyarakat sekitar lokasi terjadinya peristiwa tersebut. Sebuah pendekatan yang unik, namun mampu dimanfaatkan Linklater untuk menghasilkan presentasi cerita yang begitu menarik.

Berlatar belakang lokasi di kota kecil bernama Carthage, Texas, Amerika Serikat, Bernie berkisah mengenai kehidupan seorang asisten pemilik rumah pemakaman bernama Bernhardt Tiede atau yang lebih akrab dipanggil dengan Bernie (Jack Black). Walau dengan profesi dan kehidupannya yang sangat sederhana, Bernie adalah sosok yang sangat popular bahkan begitu dicintai oleh masyarakat di kota tempat tinggalnya akibat karakter pria tersebut yang hangat sekaligus keterlibatannya yang begitu aktif dalam berbagai kegiatan sosial di lingkungannya. Hal itu pula yang membuat banyak orang merasa terkejut ketka Bernie kemudian menjalin hubungan dekat dengan seorang janda bernama Marjorie Nugent (Shirley MacLaine).

Berbeda dengan Bernie, Marge – nama panggilan Marjorie – dikenal sebagai sosok yang jauh dari kesan ramah. Kesan tersebut tidak hanya didapat dari masyarakat di kota tersebut. Bahkan anak-anak kandung Marge sendiri hampir tidak pernah berkeinginan untuk menjalin hubungan dengan dirinya. Perbedaan karakter antara Bernie dan Marge awalnya tidak menjadi masalah besar antara keduanya. Bernie selalu mencoba mengerti akan berbagai sikap buruk Marge – walau Marge sama sekali tidak pernah mau ambil pusing dengan perasaan Bernie atas berbagai perbuatan egoisnya.  Namun, secara perlahan, batas kesabaran Bernie pun habis… suatu alasan yang kemudian membuat Bernie nekat untuk membunuh Marge.

Kekuatan utama Bernie jelas berasal dari kemampuan Richard Linklater untuk mengumpulkan berbagai narasi tentang kejadian pembunuhan tersebut dari para anggota masyarakat kota Chartage. Kumpulan narasi yang berisi deskripsi tentang karakter Bernie, Marge hingga berbagai gosip yang menyelimuti kehidupan keduanya mampu membuat Bernie tampil begitu hidup, informatif, bercerita secara mendalam serta sekaligus tetap tersaji dengan kekuatan humor yang kuat. Tidak hanya itu, Linklater kemudian memadukannya dengan drama rekaan yang juga mampu bercerita dengan lugas dan menjadi pendamping yang sangat tepat dengan deretan narasi yang dikumpulkan Linklater.

Tentu saja, jalan cerita Bernie tidak akan berjalan begitu efektif tanpa penampilan yang kuat dari para pengisi departemen aktingnya. Berperan sebagai karakter utama, Jack Black mampu menghidupkan karakternya yang bersikap sedikit feminim sekaligus tampil begitu meyakinkan sebagai sesosok karakter yang lembut, sensitif sekaligus sosok dengan tingkat kepedulian terhadap sekitar yang paling tinggi. Karakter Bernie sebenarnya dapat saja ditampilkan secara flamboyan (dan berlebihan) oleh beberapa sembarang aktor lainnya. Namun Black mampu menginterpretasikan karakter yang ia mainkan dengan cerdas, elegan dan terjaga dengan baik dalam setiap perilakunya.

Para jajaran pendukung juga memberikan penampilan yang sangat memuaskan. Shirley MacLaine, seperti biasa, juga tampil sangat meyakinkan sebagai sosok wanita tua yang sinis dan begitu dibenci oleh banyak kalangan. Chemistry-nya bersama Black juga tampil kuat meskipun hubungan antara dua karakter yang mereka perankan selalu digambarkan ambigu di sepanjang penceritaan Bernie. Matthew McConaughey juga tampil kuat. Karakter Danny Buck Davidson yang ia perankan jelas akan menjadi sosok pahlawan di banyak kisah drama kejahatan lainnya. Namun dalam Bernie, karakter yang diperankan McConaughey digambarkan seolah menjadi sosok antagonis bagi masyarakat sekitar yang begitu mendukung karakter Bernie. Sebuah penggambaran yang kelam namun mampu diterjemahkan McConaughey dengan baik.

Richard Linklater tentu saja memiliki opsi aman untuk menggarap jalan cerita Bernie menjadi sebuah drama kejahatan biasa. Namun, untungnya, Linklater mampu mengeksplorasi lebih dalam mengenai sisi kehidupan dari karakter Bernie dan menjadikan jalan cerita film ini menjadi sebuah satir sosial dengan nilai ambiguitas yang begitu kental di berbagai sudut penceritaannya: Apakah Bernie adalah sebuah cerita tentang satu komunitas yang berhasil ditipu oleh seorang pria atau film ini adalah sebuah kisah mengenai seorang pria yang begitu baik dalam kehidupannya sehingga menerima timbal balik rasa kasih dan cinta yang luar biasa dari orang-orang disekitarnya? Ambiguitas yang mampu disajikan Linklater secara kompleks, penuh dengan lapisan yang begitu berwarna namun tetap hangat dan sangat menghibur. Salah satu film terbaik tahun ini.

popcornpopcornpopcornpopcornpopcorn3

Bernie (Castle Rock Entertainment/Collins House Productions/Deep Freeze Production/Detour Filmproduction/Horsethief Pictures/Mandalay Vision/Wind Dancer Productions, 2012)

Bernie (Castle Rock Entertainment/Collins House Productions/Deep Freeze Production/Detour Filmproduction/Horsethief Pictures/Mandalay Vision/Wind Dancer Productions, 2012)

Bernie (2012)

Directed by Richard Linklater Produced by Celine Rattray, Martin Shafer, Liz Glotzer, Matt Williams, David McFadzean, Judd Payne, Dete Meserve, Ginger Sledge, Richard Linklater Written by Richard Linklater, Skip Hollandsworth (screenplay), Skip Hollandsworth (article, Midnight in the Garden of East TexasStarring Jack Black, Shirley MacLaine, Matthew McConaughey, Brady Coleman, Richard Robichaux, Rick Dial, Brandon Smith, Larry Jack Dotson, Merrilee McCommas, Mathew Greer Music by Graham Reynolds Cinematography Dick Pope Editing by Sandra Adair Studio Castle Rock Entertainment/Collins House Productions/Deep Freeze Production/Detour Filmproduction/Horsethief Pictures/Mandalay Vision/Wind Dancer Productions Running time 104 minutes Country United States Language English

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s