now-is-good-header

Diangkat dari novel yang berjudul Before I Die karya novelis asal Inggris, Jenny Downham, Now is Good berkisah mengenai seorang gadis remaja, Tessa Scott (Dakota Fanning), yang didiagnosa menderita penyakit leukimia. Setelah empat tahun menjalani kemoterapi guna melawan penyakit tersebut, Tessa menemukan bahwa penyakit yang ia derita justru semakin menggerogoti tubuhnya. Merasa bosan dengan proses kemoterapi yang ternyata tidak berguna dan hanya memberikan efek negatif pada tubuh serta stabilitas emosionalnya, Tessa akhirnya berhenti menjalani kemoterapi dan menerima fakta bahwa hidupnya tidak akan berlangsung lama lagi. Bersama dengan sahabatnya, Zoey (Kaya Scodelario), Tessa kemudian menyusun deretan hal-hal yang ingin ia lakukan sebelum ia akhirnya menemui ajalnya.

Di tengah persiapannya untuk menyambut ajalnya, Tessa kemudian bertemu dengan Adam (Jeremy Irvine), pria tampan yang ternyata selama ini tinggal sebagai tetangganya. Layaknya Tessa, Adam juga merupakan pria penyendiri yang memilih untuk merawat ibunya yang menderita depresi setelah kematian ayahnya. Secara perlahan, Tessa mulai menaruh hati pada Adam. Adam sebenarnya juga merasakan hal yang sama kepada Tessa. Namun, trauma dan ketakutannya bahwa ia akan kembali kehilangan sosok seseorang yang ia cintai akhirnya membuat Adam lebih memilih untuk menyimpan perasaan tersebut dan menyusun jarak dalam hubungannya dengan Tessa.

WellNow is Good mungkin tidak menawarkan sesuatu yang baru pada garis ceritanya yang berkisah mengenai hari-hari terakhir dalam kehidupan seorang gadis penderita leukimia. Naskah ceritanya – yang ditulis oleh sutradara film ini, Ol Parker (The Best Exotic Marigold Hotel, 2012) – juga memuat banyak plot-plot kisah familiar mengenai sesosok karakter yang menyadari bahwa dirinya tidak akan bertahan hidup lebih lama lagi: mulai dari tahap pemberontakannya terhadap dunia dan orang-orang yang ada disekitarnya, reaksi orang-orang terdekatnya, pertemuan dengan sosok karakter lain yang kemudian merubah sikap pemberontakan tersebut hingga akhirnya tahap rekonsiliasi karakter utama tersebut terhadap dunia serta nasib yang telah dijalaninya. Sama sekali tidak ada yang istimewa.

Yang mampu membuat Now is Good bekerja sebagai sebuah drama sentimental yang baik adalah pengarahan Parker terhadap naskah ceritanya yang familiar tersebut. Parker mampu mengalirkan ritme penceritaan secara sederhana namun, di saat yang sama, berhasil tampil meyakinkan sehingga dapat menghasilkan ikatan emosional yang lebih menyentuh. Tidak hanya mampu menyentuh kisah asmara antara dua karakter utamanya, Parker juga menggali sisi-sisi kisah keluarga yang kemudian mampu membuat sisi penceritaan film ini lebih berwarna. Dengan durasi sepanjang 103 menit, Now is Good sebenarnya dapat saja dipersingkat di beberapa bagian. Pun begitu, penampilan para pengisi jajaran departemen akting film ini mampu membuat film ini tetap terasa kuat di sepanjang penceritaannya.

Berada di barisan terdepan, Dakota Fanning – yang hadir dengan aksen Inggris yang cukup meyakinkan – dan Jeremy Irvine mampu hadir dengan chemistry yang kuat. Penampilan Kaya Scodelario yang berperan sebagai sahabat karakter Tessa juga berhasil mencuri perhadian di setiap kehadirannya – meskipun plot cerita yang ia miliki terasa kurang mampu dikembangkan dengan baik. Namun, Paddy Considine dan Olivia Williams jelas menjadi dua nama yang hadir dengan penampilan akting terkuat dalam film ini, terlepas dari porsi peran mereka yang cukup sederhana. Secara keseluruhan, kualitas departemen akting Now is Good adalah salah satu kualitas utama mengapa film dengan tema penceritaan yang begitu familiar ini mampu tetap tampil prima dalam presentasinya.

Meskipun menawarkan sebuah jalan penceritaan yang minim pembaharuan, namun harus diakui bahwa Ol Parker mampu menggali lebih dalam ke berbagai sisi penceritaan Now is Good yang familiar sehingga berhasil menghasilkan sebuah presentasi drama yang terasa begitu melankolis dengan tanpa dipaksakan kehadirannya. Dukungan lain yang datang dari kualitas penampilan para pengisi departemen aktingnya serta tata produksi yang kuat – khususnya tata musik arahan Dustin O’Halloran – mampu membuat Now is Good tetap tampil menyentuh meskipun dengan jalan cerita yang telah berulang kali dieskplorasi.

popcornpopcornpopcorn popcorn2popcorn2

Now is Good (Goldcrest Pictures/BBC Films/Blueprint Pictures/Lipsync Productions/UK Film Council, 2012)

Now is Good (Goldcrest Pictures/BBC Films/Blueprint Pictures/Lipsync Productions/UK Film Council, 2012)

Now is Good (2012)

Directed by Ol Parker Produced by Graham Broadbent, Peter Czernin Written by Ol Parker (screenplay), Jenny Downham (novel, Before I Die) Starring Dakota Fanning, Olivia Williams, Jeremy Irvine, Kaya Scodelario, Rose Leslie, Paddy Considine, Joe Cole, Sarah Hadland, Patrick Baladi, Franz Drameh, Susan Brown, Rakie Ayola, Julia Ford, Tom Kane, Isabella Laughland, Edgar Canham, Morgan Watkins Music by Dustin O’Halloran Cinematography Erik Wilson Editing by Peter Lambert Studio Goldcrest Pictures/BBC Films/Blueprint Pictures/Lipsync Productions/UK Film Council Running time 103 minutes Country United Kingdom Language English

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s