Didasarkan pada kisah nyata dari sutradara Mike Mills (Thumbsucker, 2005) mengenai hubungannya dengan sang ayah, Beginners adalah sebuah drama komedi romantis yang berkisah tentang kekeluargaan, persahabatan, percintaan, rasa kehilangan dan bagaimana cara untuk memulai kembali sebuah kehidupan dengan cara yang mampu membuat kita menghargai arti kehidupan itu sendiri. Jelas bukanlah sebuah tema penceritaan yang baru. Namun, lewat cara unik yang dihadirkan Mills dalam menceritakan Beginners, mulai dari penataan naskah cerita, editing gambar, penambahan tata musik yang mampu memberikan tingkatan emosional yang lebih tinggi serta dukungan dari penampilan akting apik dari para jajaran pemeran film ini, Beginners berhasil tampil menjadi film sederhana yang hangat dan cukup mampu menyentuh hati setiap penontonnya.

Beginners dibuka dengan serangkaian gambar yang diiringi dengan narasi yang dibacakan oleh Oliver (Ewan McGregor) yang menceritakan bahwa dirinya baru saja kehilangan sang ayah, Hal (Christopher Plummer), yang meninggal dunia akibat penyakit kanker di usianya yang telah mencapai 75 tahun. Meninggalnya Hal terjadi tepat empat tahun setelah dirinya mengaku pada Oliver bahwa dirinya adalah seorang homoseksual, sebuah pengakuan yang ia lakukan pada Oliver beberapa hari setelah kematian istrinya, Georgia (Mary Page Keller), yang juga merupakan ibu kandung Oliver. Beginners berjalan dengan alur maju dan mundur, dimana film ini kemudian berjalan mundur dan mengisahkan bagaimana Hal di masa empat tahun terakhir hidupnya, berusaha menjadi dirinya yang sebenarnya, seorang pria yang menyukai sesama pria secara seksual dengan terlibat di berbagai kegiatan sosial kaum homoseksual serta akhirnya merasa jatuh cinta dengan seorang pria, Andy (Goran Višnjić), yang berusia jauh lebih muda dari dirinya.

Tidak melulu mengisahkan mengenai kehidupan Hal, Beginners juga melirik kehidupan Oliver di masa ketika ia sedang dirundung duka akibat meninggalnya sang ayah. Pengakuan sang ayah bahwa dirinya adalah seorang homoseksual, dan kini sedang terlibat percintaan dengan seorang pria lain, telah mengubah cara pandangnya terhadap sang ayah maupun kepada kehidupan yang ia jalani selama ini. Di saat yang sama, Oliver berkenalan dengan Anna (Mélanie Laurent), seorang aktris asal Perancis yang juga memiliki berbagai permasalahan yang menyangkut kehidupan pribadinya. Perkenalan antara Oliver dan Anna kemudian menjadi sebuah lembaran baru tersendiri dalam kehidupan Oliver. Lembaran dimana akhirnya ia berusaha untuk mempercayai arti sebuah kata cinta dan belajar untuk membagi kehidupannya dengan orang yang dicintai dan mencintainya.

Walau sebenarnya memiliki tema penceritaan yang sudah terasa begitu familiar – sekumpulan karakter yang berusaha mengenal arti cinta dan menghargai arti kehidupan yang sebenarnya dengan orang-orang yang mereka cintai – Mike Mills menghadirkan sebuah cara yang cukup eksperimental dalam mengisahkan Beginners. Tidak hanya mengandalkan kemampuannya dalam mengarahkan para pengisi departemen akting film ini, beberapa kali, Mills mencoba menghadirkan narasi cerita Beginners melalui pilihan gambar dan warna yang menyimbolkan satu masa tertentu yang dimunculkan dalam jalan cerita Beginners. Menarik. Namun terkadang hal tersebut justru memutuskan aliran emosional yang coba ditumbuhkan Mills antara penonton dengan karakter-karakter yang dihadirkan dalam jalan cerita film ini. Hal tersebut terjadi beberapa kali yang akhirnya membuat Beginners kurang begitu mampu untuk tampil spektakuler dalam penyampaian sisi emosional kisahnya.

Di sisi lain, cara penceritaan eksperimental Mills juga diterapkan pada hubungan yang terbentuk antara karakter Oliver dengan Arthur, anjing Jack Russell milik mendiang sang ayah. Mills menggambarkan kedekatan hubungan antara Oliver dan Arthur dengan membuat dua karakter yang berasal dari dua dunia yang berbeda ini mampu saling berkomunikasi walau dengan penggunaan bahasa yang berbeda. Mills menghadirkan deretan dialog bagi Arthur yang kemudian mampu dipahami oleh Oliver. Cara penceritaan yang cukup unik, namun terbukti berhasil menciptakan momen-momen manis sekaligus menggelikan dalam Beginners.

Bebricara mengenai departemen akting, Mills mendapatkan kualitas penampilan akting kelas atas dari para jajaran pemerannya. Ewan McGregor, Christopher Plummer, Mélanie Laurent dan Goran Višnjić memberikan penampilan yang alami dan sama-sama dengan kekuatan yang seimbang antara satu sama lain. Penampilan mereka juga berhasil untuk mengisi masing-masing karakter dengan terciptanya sebuah chemistry yang erat dan meyakinkan. Kekuatan Beginners juga muncul dari tata editing gambar yang sepertinya terus-menerus melemparkan penontonnya ke dalam berbagai situasi kisah, namun tetap mampu menjaga narasi cerita untuk terus bergulir. Sama halnya dengan tata musik arahan Roger Neill, David Palmer dan Brian Reitzell yang mampu tampil menghadirkan tambahan tingkatan emosional ke dalam jalan cerita Beginners yang sedang berjalan.

Pilihan Mike Mills untuk menceritakan Beginners dengan mengajukan beberapa teknik penceritaan yang tidak konvensional serta bergantung pada tata editing untuk memperkuat garis kisah cerita yang ingin ia sampaikan memang terbukti beresiko untuk mengurangi kedalaman emosional yang seharusnya dapat disampaikan film ini kepada para penontonnya. Pun begitu, lewat tata produksi yang apik serta penampilan para jajaran pemerannya yang mampu menghadirkan kemampuan akting yang begitu prima, Beginners adalah sebuah cara penyajian yang berbeda akan sebuah jalan cerita yang familiar, namun tetap mampu menghadirkan momen-momen yang akan menyentuh setiap penontonnya.

Beginners (Olympus Pictures/Parts and Labor/Northwood Productions, 2011)

Beginners (2011)

Directed by Mike Mills Produced by Leslie Urdang, Lars Knudsen, Dean Vanech,
Jay Van Hoy, Miranda de Pencier Written by Mike Mills Starring Ewan McGregor, Christopher Plummer, Mélanie Laurent, Goran Višnjić, Mary Page Keller, Keegan Boos, Kai Lennox, China Shavers, Lou Taylor Pucci, Cosmo Music by Roger Neill, Dave Palmer, Brian Reitzell Cinematography Kasper Tuxen Editing by Olivier Bugge Coutté Studio Olympus Pictures/Parts and Labor/Northwood Productions Running time 104 minutes Country United States Language English, French

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s