Setelah melalui film-film seperti I Now Pronounce You Chuck and Larry (2007), You Don’t Mess with the Zohan (2008) dan Growns Up (2010), penikmat film dunia sepertinya telah dapat mengetahui kualitas film seperti apa yang akan mereka dapatkan dari kerjasama antara Dennis Dugan dan Adam Sandler — kerjasama yang telah mereka jalin semenjak Happy Gilmore (1996). Sebuah komedi yang berisi deretan guyonan khas Sandler, yang kemudian diisi dengan deretan problema ringan mengenai kehidupan dan cinta dan diakhiri dengan melodrama yang dimaksudkan untuk menyentuh hati para penontonnya – walau lebih sering berakhir dengan kesan sebagai sebuah drama yang cheesy. Walau begitu, tetap saja, sulit untuk membenci seorang Adam Sandler. Dengan seluruh standar komedi yang ia hasilkan – standar yang semakin lama terlihat semakin melelahkan untuk diikuti – Sandler secara mengejutkan seringkali tetap mampu untuk mengajak penonton film-filmnya untuk bersantai, melupakan dunia nyata untuk sejenak dan bersenang-senang. Termasuk dalam film terbarunya, Just Go With It.

Just Go With It sendiri merupakan sebuah adaptasi dari Cactus Flower, sebuah film komedi klasik yang sangat populer ketika dirilis pada tahun 1969 dan dibintangi oleh Walter Matthau, Ingrid Bergman dan memenangkan sebuah Academy Awards untuk aktris Goldie Hawn. Not too bad eh? Namun, tentu saja, dengan keberadaan Adam Sandler di film ini, penonton seharusnya tidak berharap terlalu banyak. Naskah yang ditulis oleh Allan Loeb dan Timothy Dowling secara penuh telah disesuaikan dengan rutinitas komedi yang biasa ditunjukkan oleh Sandler. Just Go With It sendiri bercerita mengenai Dr Daniel Maccabee (Sandler), seorang dokter bedah plastik sukses asal Los Angeles namun dengan permasalahan cinta yang kompleks. Tidak percaya dengan lembaga pernikahan, Danny justru seringkali memanfaatkan status seorang pria menikah yang sedang bermasalah dengan istrinya sebagai cara untuk menarik perhatian banyak wanita.

Namun, masalah muncul ketika Danny benar-benar jatuh hati dengan Palmer Dodge (Brooklyn Decker), seorang guru cantik yang ia temui di pesta salah satu temannya. Sama-sama merasa tertarik satu sama lain, Palmer kemudian menemukan sebuah cincin pernikahan di kantong celana Danny – salah satu benda yang sering digunakan Danny untuk mengelabui wanita yang ingin ia pikat. Merasa tersudut, Danny kemudian mengatakan kalau ia sedang berada dalam proses perceraian. Danny kemudian memaksa asistennya, Katherine Murphy (Jennifer Aniston), untuk berperan sebagai istrinya untuk kemudian dipertemukan pada Palmer. Dan deretan masalah pun mulai bergulir di antara ketiga karakter tersebut.

Sebuah jalan cerita yang sederhana, dan penonton sepertinya telah dapat menebak bagaimana jalan cerita Just Go With It akan berakhir pada lima belas menit pertama durasi film ini berjalan. Seperti film-film Sandler lainnya, karakter yang diperankan Sandler di Just Go With It — yang awalnya dikisahkan sebagai seorang womanizer dan seorang yang mungkin tidak akan pernah mengenal istilah lembaga pernikahan – juga kemudian diceritakan mengalami pendewasaan karakter. Hal tersebut ia dapatkan dari kisah cintanya yang tumbuh dengan Palmer serta semakin dekatnya hubungan antara dirinya dengan karakter Katherine dan dua anaknya, Maggie (Bailee Madison) dan Michael (Griffin Gluck). Karenanya, tidak mengherankan pula jika penonton masih melihat Adam Sandler yang sama di film ini. Tidak berarti hal yang buruk karena Sandler beberapa kali masih sempat memberikan guyonan dan penampilan yang tidak mengecewakan.

Sajian utama, dan penampilan terbaik, di film ini datang dari Jennifer Aniston. Baiklah, Aniston memang seringkali memerankan seorang wanita yang tertekan akan kehidupan pribadinya dan selalu tidak beruntung dalam masalah cinta. Walaupun karakter Katherine bukanlah sesosok karakter yang sangat jauh dari berbagai karakter tipikal yang selalu diperankan Aniston, namun dalam Just Go With It ia mampu menampilkan sisi menyenangkan dari dirinya — sebuah sisi yang selama sepuluh tahun telah membuat dunia jatuh cinta padanya sebagai Rachel dalam serial Friends. Karakter Katherine begitu komikal, menarik dan mampu dieksekusi dengan baik oleh Aniston.

Selain Aniston, di pertengahan film penonton juga akan disuguhkan penampilan  komikal dari aktris pemenang Academy Awards, Nicole Kidman. Kidman sepertinya menerima tawaran bermain dalam film Sandler untuk dapat bersantai dan melepas ketegangan otot-otot drama yang selalu ia gunakan dalam film-filmnya. Dan hal itu sangat terlihat jelas! Kidman begitu tampak lepas dan menyenangkan ketika memerankan karakter Devlin Adams, karakter yang menjadi musuh abadi bagi karakter Katherine Murphy. Adegan persaingan tarinya dengan Aniston di film ini menjadi sebuah highlight bagi Just Go With It dimana Kidman mampu menunjukkan bahwa ia adalah seorang aktris dengan kapabilitas akting yang sangat luas, termasuk untuk berperan lepas dan tanpa beban dalam sebuah film komedi dangkal seperti film ini.

Dua aktor cilik di film ini, Bailee Madison dan Griffin Gluck, juga seringkali mendapatkan porsi cerita yang cukup lumayan. Porsi cerita tersebut kemudian, untungnya, mampu dibawakan dengan baik oleh keduanya, khususnya oleh Madison yang tampil jenaka dan seringkali mencuri perhatian di setiap kehadirannya. Sayangnya, hal yang sama tidak dapat dikatakan dengan peran yang diberikan pada Brooklyn Decker. Decker, sayangnya, harus kebagian peran yang dapat dikatakan hanya sebagai pemanis di film ini. Dengan porsi cerita yang lumayan besar, hal tersebut justru membuat Decker harus tampil tanpa kapasitas akting yang kuat.

Sama sekali tidak ada yang baru dalam Just Go With It. Mereka yang pernah atau sering menyaksikan film-film yang dibintangi oleh Adam Sandler tentu akan sangat familiar dengan tema dan jalan cerita yang disajikan oleh Just Go With It. Walau begitu, Just Go With It masih mampu tampil menghibur dengan beberapa guyonan dan humor yang masih mampu bekerja dengan baik serta deretan pemerannya yang mampu tampak begitu bersenang-senang dengan karakter yang mereka perankan di film ini, khususnya pada penampilan komikal yang ditampilkan Jennifer Aniston dan Nicole Kidman. Film yang akan mudah untuk dilupakan, namun dapat memberikan hiburan yang menyenangkan walaupun hanya sejenak.

Just Go With It (Happy Madison Productions/Columbia Pictures, 2011)

Just Go With It (2011)

Directed by Dennis Dugan Produced by Jack Giarraputo, Adam Sandler, Heather Parry Written by Allan Loeb, Timothy Dowling (screenplay), I.A.L. Diamond (screenplay, Cactus Flower), Abe Burrows (stage play, Cactus Flower), Pierre Barillet, Jean-Pierre Grédy (stage play, Fleur de cactus) Starring Adam Sandler, Jennifer Aniston, Brooklyn Decker, Nicole Kidman, Dave Matthews, Nick Swardson, Bailee Madison, Griffin Gluck, Rachel Dratch, Kevin Nealon, Dan Patrick, Minka Kelly, Andy Roddick, Heidi Montag Music by Rupert Gregson-Williams Cinematography Theo van de Sande Editing by Tom Costain Studio Happy Madison Productions Distributed by Columbia Pictures Running time 110 minutes Country United States Language English


About these ads
Comments
  1. Rudy99 says:

    Review-nya dimuat Riau Pos hari ini, nih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s