Terakhir kali penonton menyaksikan Liam Neeson beraksi di jalanan – di Paris, Perancis — dan menghajar banyak orang dalam perjalanannya, Neeson sedang mencari puterinya yang hilang dan terjebak dalam aksi perdagangan manusia dalam film Taken (2008). Dalam Unknown, sebuah film yang diadaptasi dari novel Hors de Moi (2003) karya penulis Perancis, Didier van Cauwelaert, Neeson kembali beraksi di jalanan – kini di Berlin, Jerman – dan kembali harus melawan sekelompok pihak yang mencoba merebut sesuatu yang berharga dari dirinya… identitas dirinya. Memiliki premis yang hampir sama, Unknown sayangnya gagal dalam memberikan sebuah material yang lebih segar bagi penontonnya, walaupun Neeson, salah satu aktor terbaik yang dimiliki Hollywood saat ini, masih mampu menampilkan permainannya yang cukup cemerlang.

Disutradarai oleh Jaume Collet-Serra (Orphan, 2008), Unknown menempatkan Neeson sebagai Dr Martin Harris, yang bersama dengan istrinya, Liz (January Jones), baru saja tiba di Berlin, Jerman, untuk mengikuti sebuah konferensi internasional. Akibat sebuah insiden yang terjadi di bandara, koper milik Harris kemudian tertinggal, yang menuntut Harris untuk meninggalkan sang istri di hotel dan kembali ke bandara untuk menjemput koper tersebut. Sialnya, di tengah perjalanan, taksi yang dikendarai oleh Gina (Diane Kruger), mengalami kecelakaan… yang menjadi awal bencana dalam kehidupan Harris.

Setelah empat hari tidak sadarkan diri, Harris kemudian siuman dan menyadari dirinya kini sedang berada di bawah perawatan intensif tim dokter. Mengingat sang istri yang sedang berada sendirian di wilayah yang tidak ia kenal, Harris buru-buru meninggalkan rumah sakit unruk segera kembali ke hotel dan menemui sang istri. Ketika kembali ke hotel, Harris justru harus menghadapi fakta bahwa sang istri kini tidak mengenali dirinya kembali. Lebih buruk lagi, seseorang telah menggantikan posisinya sebagai Dr Martin Harris. Dalam kepanikan, Harris mencoba untuk merangkai kembali ingatannya dan mengingat apa yang telah terjadi pada dirinya selama beberapa hari terakhir.

Unknown mungkin bukanlah salah satu film yang akan banyak dipuji banyak orang karena kecerdasan penulisan naskahnya. Dua penulis naskah film ini, Oliver Butcher dan Stephen Cornwell, sepertinya mencoba terlalu keras untuk menghadirkan banyak kejutan dalam rangkaian kisah yang dihadirkan di sepanjang film ini, yang nyatanya justru dipenuhi dengan banyak adegan yang telah terasa terlalu familiar untuk film-film sejenis dan lama-kelamaan justru membuat Unknown terasa terlalu mempermainkan logika penontonnya dengan jalan cerita yang kurang masuk akal. Twist yang dihadirkan memang cukup efektif, namun penonton yang semenjak lama dan cukup jeli dalam mengikuti kisah ini kemungkinan besar tidak akan begitu terkejut dengan twist cerita tersebut.

Walau begitu, tak dapat disangkal, Collet-Serra mampu menutupi kelemahan yang terdapat pada penulisan naskah Unknown dengan menghadirkan ritme cerita yang terjaga dengan sangat baik dan, tentu saja, deretan pemeran yang mampu meningkatkan intensitas emosional yang ingin disampaikan setiap karakter pada penonton film ini. Sebagai sebuah film action, Unknown juga berhasil untuk tampil menghibur ketika Collet-Serra mampu menghadirkan deretan adegan kejar-mengejar atau pertarungan antara karakternya dengan cukup apik. Cukup disayangkan bila kemudian adegan-adegan tersebut, seperti halnya naskah film ini, kemudian terasa repetitif akibat beberapa pengulangan yang dilakukan Collet-Serra pada beberapa adegan Unknown.

Unknown lagi-lagi menempatkan Liam Neeson pada wilayah genre film yang hampir serupa. Pun begitu, Neeson tetap mampu menghadirkan permainan terbaiknya untuk film ini. Selain Neeson, beberapa pemain lainnya, seperti Diane Kruger, January Jones dan Frank Langella juga berhasil untuk memberikan kemampuan akting terbaik mereka. Namun, mungkin aktor Bruno Ganz-lah yang akan banyak mencuri banyak perhatian dengan perannya sebagai mantan agen rahasia yang membantu karakter Martin Harris untuk merebut kembali identitas dirinya. Ganz berhasil memberikan karakternya daya tarik yang berbeda dengan memberikan karakternya peran yang lebih berwarna daripada sekedar hanya menjadi seorang karakter pendukung belaka.

Mereka yang memang mencari jalan cerita yang diwarnai kehadiran adegan aksi dan beberapa kejutan yang terdapat di dalam jalan cerita sebuah film kemungkinan besar akan dapat merasa terpuaskan dengan Unknown. Didukung dengan kemampuan akting Liam Neeson yang sempurna, Unknown memang menjanjikan sebuah kisah action thriller yang menghibur, terlepas dari begitu klise-nya jalan cerita yang dihadirkan serta cara penceritaan Jaume Collet-Serra yang sedikit repetitif pada setiap adegan di film ini. Bukan sebuah karya yang istimewa, namun masih mampu untuk menghadirkan tayangan yang cukup layak untuk dinikmati.

Unknown (Dark Castle Entertainment/Studio Babelsberg/Warner Bros. Pictures, 2011)

Unknown (2011)

Directed by Jaume Collet-Serra Produced by Joel Silver, Leonard Goldberg, Andrew Rona Written by Oliver Butcher, Stephen Cornwell (screenplay), Didier van Cauwelaert (novel) Starring Liam Neeson, Diane Kruger, January Jones, Aidan Quinn, Frank Langella, Bruno Ganz, Sebastian Koch, Rainer Bock Music by John Ottman, Alexander Rudd Cinematography Flavio Labiano Editing by Timothy Alverson Studio Dark Castle Entertainment/Studio Babelsberg Distributed by Warner Bros. Pictures Running time 113 minutes Country Germany, United States Language English, German

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s