Tenang. True Grit sama sekali bukanlah A Serious Man (2009), film terakhir karya Coen Brothers yang hampir membuat setiap penontonnya merasa kebingungan dengan jalan cerita yang dihadirkan dua bersaudara pemenang empat Academy Awards tersebut. Bahkan, sebagai sebuah western, True Grit sama sekali tidak mendekati kekompleksitasan No Country for Old Men (2007). Untuk pertama kalinya, Coen Brothers sepertinya berhasil untuk menyajikan sebuah karya yang akan mampu menarik perhatian kalangan yang lebih luas. Dan itu mereka lakukan tanpa harus kehilangan keeksentrikan gaya penyutradaraan mereka yang telah menjaring begitu banyak pemuja dalam beberapa tahun terakhir.

True Grit sendiri merupakan sebuah adaptasi dari novel karya Charles Portis berjudul sama yang sempat populer ketika dirilis pada tahun 1968. Kepopuleran novel tersebut kemudian diikuti oleh sebuah adaptasi film yang juga berjudul sama pada tahun 1969 dan dibintangi oleh ikon bintang film-film western kala itu, John Wayne. Coen Brothers, dalam beberapa wawancara, mengakui bahwa True Grit yang mereka kerjakan sama sekali bukanlah sebuah remake. Versi teranyar dari True Grit adalah sebuah adaptasi baru dari novel tersebut dan, menurut Coen Brothers, merupakan versi yang lebih berpegang penh terhadap jalan cerita novel tersebut – termasuk dengan memasukkan beberapa unsur humor dalam jalan ceritanya.

Jalan ceritanya sendiri mengisahkan mengenai seorang gadis berusia 14 tahun, Mattie Ross (Hailee Steinfeld), yang baru saja kehilangan ayahnya akibat dibunuh oleh salah seorang pekerjanya, Tom Chaney (Josh Brolin). Ketika sedang menjemput jenazah sang ayah, Mattie menghubungi seorang US Marshal bernama Reuben “Rooster” Cogburn (Jeff Bridges) untuk mencari tahu dimana keberadaan Chaney. Walau awalnya menolak permintaan Mattie, niat dan usaha keras yang ditunjukkan Mattie akhirnya membuat Rooster menerima tawaran tersebut.

Akhirnya, pada hari yang ditentukan, Rooster dan Mattie pun memulai perjalanan dalam usaha menemukan keberadaan Tom Chaney. Mereka juga ditemani oleh seorang Texas Ranger, LaBoeuf (Matt Damon), yang semenjak lama juga memburu Chaney akibat sebuah pembunuhan yang ia lakukan di daerah kekuasaan LaBoeuf. Walau pada awalnya ketiga karakter ini sering tidak menemukan kesamaan pendapat, perjalanan yang keras, serta tantangan yang bersama mereka hadapi, akhirnya mendekatkan mereka satu sama lain.

Coen Brothers adalah sutradara yang sangat handal dan tahu pasti mengenai material apa yang sedang mereka kerjakan. Berbeda dengan No Country for Old Men – film western namun dengan latar belakang waktu di zaman modern, True Grit adalah sebuah film dengan jalan cerita yang berada pada waktu dimana Amerika Serikat memang berada pada saat karakter-karakter western berkuasa. Dan Coen Brothers mampu menghadirkan atmosfer tersebut dengan sangat, sangat sempurna. Tata sinematografi, desain lokasi cerita, tata musik hingga tata kostum benar-benar akan membuat siapapun yang menyaksikan film ini dibawa kembali ke masa-masa tersebut.

Dan kepekatan nada western yang kasar dan keras pada True Grit tersebut juga mampu dibawakan dnegan mulus oleh para jajaran pemeran film ini. Jeff Bridges, yang mengisi peran John Wayne di film ini, mempersembahkan sebuah penampilan yang sangat memukai sebagai Rooster Cogburn yang pemabuk dan hidup dengan aturan yang ia buat sendiri. Hal yang sama juga berhasil dilakukan oleh Matt Damon dalam menghidupkan karakter LaBoeuf. Karakter Cogburn dan LaBoeuf sendiri merupakan dua karakter yang saling bertolak belakang. Jalan cerita True Grit mampu dengan jelas menggambarkan hal tersebut, namun chemistry yang begitu dinamis yang terbentuk antara Bridges dan Damon-lah yang membuat hubungan antara kedua karakter tersebut menjadi sangat akurat dan terasa nyata.

True Grit akan menjadi terobosan bagi karir aktris remaja, Hailee Steinfeld. Steinfeld adalah pengendali aliran emosi utama dalam film ini, mengingat karakter Mattie Ross yang ia perankan merupakan karakter utama dan berada hampir di setiap adegan yang ada di film ini. Walaupun beberapa kali sempat terasa bahwa Steinfeld memberikan karakterisasi yang terlalu kaku pada Mattie Ross, namun secara keseluruhan Steinfeld membawakan karakter tersebut dengan sangat baik: Mattie Ross mampu tampil sebagai karakter yang memiliki kebijaksanaan diatas usia sebenarnya dan, secara tidak langsung, memimpin dan mengendalikan dua pria dewasa yang menemani perjalanannya.

Satu-satunya kelemahan yang ada di True Grit adalah kurangnya eksplorasi emosional yang dilakukan Coen Brothers terhadap setiap karakter yang ada di dalam jalan cerita film ini. Di luar panas dan gersangnya atmosfer yang tercipta oleh latar belakang cerita film ini, karakter-karakter yang disajikan dalam True Grit tampil begitu dingin. Setiap penonton mungkin akan dapat merasa kagum dengan segala kejelian tata teknis dan setiap detil karakterisasi yang dimunculkan, namun tetap akan merasa bahwa mereka tidak pernah merasa terhubung sedikitpun dengan salah satu karakter yang ada di film ini. Kekurangan inilah yang mungkin akan membuat True Grit begitu mudah dilupakan banyak penontonnya selepas jalan cerita film ini usai.

True Grit adalah sebuah kisah perjalanan yang cukup sederhana, yang kemudian berhasil memberikan sebuah keistimewaan lewat tata teknis film yang begitu berhasil dieksplorasi dengan baik dan penampilan para jajaran pemerannya yang begitu kuat. Beberapa dialog jenaka yang berhasil diselipkan Coen Brothers juga membuat True Grit mampu tampil menghibur. Terlepas dari beberapa kekurangan yang terjadi pada kedalaman eksplorasi tiap karakter di film ini, True Grit tetap menjadi sebuah pembuktikan kejeniusan penyutradaraan Coen Brothers dalam setiap karya yang mereka hasilkan.

True Grit (Scott Rudin Productions/Skydance Productions/Mike Zoss Productions/Paramount Pictures, 2010)

True Grit (2010)

Directed by Joel Coen, Ethan Coen Produced by Joel Coen, Ethan Coen, Scott Rudin Written by Joel Coen, Ethan Coen (screenplay), Charles Portis (novel) Narrated by Elizabeth Marvel Starring Jeff Bridges, Matt Damon, Josh Brolin, Hailee Steinfeld, Barry Pepper, J K Simmons, Domhnall Gleeson, Paul Rae, Nicholas Sadler Music by Carter Burwell Cinematography Roger Deakins Editing by Roderick Jaynes Studio Scott Rudin Productions/Skydance Productions/Mike Zoss Productions Distributed by Paramount Pictures Running time 110 minutes Country United States Language English

About these ads
Comments
  1. Joe says:

    True Grit sebenarnya remake dari film lama dengan judul yang sama. Saya yang sejak kecil penggemar film-film Western di tahun 70 dan 80-an sangat menantikan pemutaran film ini di bioskop. Walau akhir-akhir ini ada isu penarikan film-film Hollywood dari peredaran karena permasalahan pajak. Yah, semoga deh, kerinduan untuk menikmati kembali film Western bergaya orisinil zaman Wild Wild West tercapai. Hehe.

    • Amir Syarif Siregar says:

      Coen Brothers udah bilang kalo film ini bukan remake dari film western-nya John Wayne tersebut. Mereka melakukan adaptasi baru dari sumber yang sama, yakni novel True Grit karya Charles Portis.

  2. raditherapy says:

    bidikan gambar Roger Deakins seperti biasa mejik, cakep..
    wew dan menemukan Hailee Steinfeld untuk film ini kaya nemu harta karun!
    cakep bgt aktingnya…. orangnya juga :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s