Review: Jack Goes Boating (2010)

Posted: January 14, 2011 in Movies, Review
Tags: , , , , , , ,

Jack Goes Boating adalah sebuah film komedi romantis yang mengisahkan mengenai cinta, pengkhianatan dan persahabatan yang terjalin antara dua pasangan yang berasal dari kota New York, Amerika Serikat. Sebuah tema yang cukup banyak untuk dibawakan bagi sebuah debut penyutradaraan yang dilakukan oleh aktor pemenang Academy Awards, Philip Seymour Hoffman. Walau begitu, berbekal dengan pengalamannya dalam membintangi versi drama teater dari kisah film ini, Hoffman sepertinya mampu menerjemahkan seluruh elemen unik yang ada dalam jalan cerita Jack Goes Boating dengan cukup baik. Walau harus diakui, keberhasilan itu sendiri sebagian besar didorong akibat performa para jajaran pemeran film ini yang begitu tanpa cela.

Selain Amy Ryan, yang menggantikan Beth Cole dalam memerankan karakter Connie, seluruh aktor dan aktris yang berperan dalam film ini merupakan pemeran asli dari setiap karakter yang ada di versi teater dari Jack Goes Boating. Philip Seymour Hoffman memerankan karakter sentral dari cerita ini, Jack, seorang supir limusin sewaan yang memiliki kepribadian yang sangat tertutup. Ia sama sekali belum pernah menjalin hubungan tetap dengan seorang wanita. Kondisi inilah yang membuat dua sahabatnya, pasangan Clyde (John Ortiz) dan Lucy (Daphne Rubin-Vega), berusaha untuk menjodohkan Jack dengan Connie (Ryan), wanita yang menjadi kolega Lucy di tempatnya bekerja. Dan Jack menerima ide tersebut dengan sangat baik.

Setelah berkenalan dengan Connie, Jack akhirnya mengetahui bahwa Connie sangat berharap untuk dapat mengelilingi danau dengan sebuah sampan. Jack, yang ingin mewujudkan harapan Connie tersebut namun takut akan resiko tenggelam di tengah danau, akhirnya memutuskan untuk belajar berenang dari Clyde. Ketika mengetahui bahwa belum seorangpun mantan kekasih Connie yang pernah masak untuknya, Jack pun belajar memasak untuk dapat menyenangkan hati Connie. Semua perjuangan ini dilakukan Jack yang telah yakin bahwa Connie adalah wanita yang selama ini ia tunggu-tunggu. Di sisi lain, saat hubungan Jack dan Connie mulai berkembang, hubungan asmara antara Clyde dan Lucy justru bergerak kea rah sebaliknya. Dugaan perselingkuhan mewarnai keduanya yang akhirnya mengancam eksistensi hubungan yang selama ini telah mereka jalin.

Durasi film yang berjalan selama 89 menit dihabiskan untuk mengeksplorasi kehidupan dan karakter dari empat tokoh utama yang berada di dalam jalan cerita film ini, baik secara personal maupun dalam hubungan mereka terhadap satu sama lain. Hal ini terbukti dapat memberikan kesempatan bagi keempat pemeran film ini untuk menampilkan permainan terbaik mereka dalam usahanya untuk menghidupkan karakter-karakter tersebut. Hasilnya, Jack Goes Boating mampu menghantarkan kisah cintanya yang sederhana dengan penampilan yang sangat kuat dan secara perlahan mampu membentuk sebuah hubungan khusus dengan penontonnya.

Hoffman dengan sangat baik menerjemahkan karakter seorang Jack. Walaupun penyendiri dan bukan seorang yang mudah beradaptasi, Hoffman mampu memberikan kehangatan tersendiri dari seorang Jack, khususnya dari gestur tubuh yang ia berikan ketika Jack sedang berada di dekat atau membicarakan karakter Connie. Hoffman, dan ketiga pemeran lainnya, juga mampu membentuk sebuah chemistry yang berjalan begitu alami di antara mereka. Ketika durasi film ini terus berjalan, hubungan keempatnya semakin tampak begitu erat dan saling mempengaruhi satu sama lain.

Tidak hanya sukses dalam mengarahkan para aktor yang bermain dalam filmnya, Hoffman juga terbukti memiliki kemampuan untuk memilih tampilan visual yang sangat sempurna untuk menguatkan jalan cerita yang ingin ia hadirkan. Dalam Jack Goes Boating, penonton dihadirkan banyak adegan yang merupakan khayalan dari karakter Jack dalam usahanya mendefinisikan arti kebahagiaan. Hoffman, dengan bantuan sinematografer W. Mott Hupfell III, mampu memvisualisasikan impian-impian tersebut. Hoffman juga dengan cerdas menjadikan kota New York sebagai bagian penting dari cerita yang ia hadirkan dengan beberapa kali menghadirkan kota tersebut dalam bentuk gambar yang memiliki kandungan emosi yang sesuai dengan kehadiran emosi yang ada di dalam sebuah adegan.

Dilihat secara keseluruhan, Jack Goes Boating mungkin bukanlah sebuah ujian yang begitu berat bagi kemampuan penyutradaraan seorang Philip Seymour Hoffman – ia otomatis hanya berusaha untuk menerjemahkan sebuah karya teater yang telah sangat ia ketahui seluk beluknya ke dalam sebuah bentuk media layar lebar. Namun tentu saja, butuh kemampuan khusus untuk tetap mempertahankan jalinan emosi yang ada di dalam jalan cerita sekaligus dapat menghadirkannya kepada para penonton lewat jalur yang berbeda. Hoffman terbukti cukup baik melakukannya. Dengan pilihan gambar yang sehangat setiap karakter yang ada di dalam jalan cerita serta dukungan mapan dari kemampuan akting para pemeran film ini, Jack Goes Boating menjelma menjadi sebuah drama yang sederhana namun emosional dan kerapkali cukup mampu untuk menyentuh penontonnya.

Jack Goes Boating (Big Beach Films/Cooper's Town Production/Labyrinth Theater Company/Olfactory Productions/Overture Films, 2010)

Jack Goes Boating (2010)

Directed by Philip Seymour Hoffman Produced by Beth O’Neil, Peter Saraf, Marc Turtletaub, Emily Ziff Written by Robert Glaudini Starring Philip Seymour Hoffman, Amy Ryan, John Ortiz, Daphne Rubin-Vega, Salvatore Inzerillo Cinematography W. Mott Hupfell III Editing by Brian A. Kates Studio Big Beach Films/Cooper’s Town Production/Labyrinth Theater Company/Olfactory Productions Distributed by Overture Films Running time 89 minutes Country United States Language English

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s