Review: The Kids Are All Right (2010)

Posted: November 8, 2010 in Movies, Review
Tags: , , , , , , , , ,

Adalah sangat mudah untuk mendeklarasikan The Kids Are All Right sebagai sebuah film drama keluarga terbaik yang pernah dihadirkan Hollywood dalam beberapa tahun terakhir. Yang membuat film ini tampil berbeda dengan film-film keluarga Hollywood lainnya adalah di film ini Anda tidak akan menemukan sebuah keluarga — yang terdiri dari seorang ayah, seorang ibu dan beberapa anak mereka — yang kemudian diterpa beberapa permasalahan yang di dalam perjalanan cerita kemudian justru akan menjadi sebuah penguat (atau pada beberapa kasus: pemecah) keluarga tersebut. Tidak ada sosok ayah di keluarga ini. Yang ada hanyalah dua orang wanita yang saling mencintai satu sama lain dan kemudian memutuskan untuk menggunakan bantuan seorang donor sperma untuk dapat memberikan mereka dua orang anak. Baiklah… Anda dapat menjuluki sang donor sperma sebagai sosok ayah bagi kedua anak tersebut.

Sutradara, Lisa Cholodenko (Laurel Canyon, 2002), selama ini memang telah dikenal sebagai seorang sutradara wanita yang mampu mengeksplorasi tema-tema yang sedikit sensitif menjadi sebuah jalan cerita yang ringan namun tetap menyimpan berbagai makna terdalam dari tema tersebut. The Kids Are All Right kembali menunjukkan kemampuannya tersebut dimana ia mengeksplorasi kehidupan keluarga Amerika modern namun dengan dua orang wanita lesbian sebagai pembentuk dan pemimpin keluarga tersebut. Dapat menjadi sebuah jalan cerita yang terasa sebagai sebuah ‘film pembawa misi-misi tertentu’ di tangan sutradara tertentu, namun Cholodenko mampu menghilangkan stigma tersebut dengan menyelipkan perpaduan yang pas antara drama dan komedi serta kemampuan akting para jajaran pemerannya yang sangat sempurna.

Dua karakter utama di film ini adalah Nic (Annette Bening) dan Jules (Julianne Moore), dua orang wanita lesbian yang meminta bantuan Bank Sperma untuk memberikan donor kepada mereka agar mereka dapat memperoleh keturunan. 18 tahun kemudian mereka memiliki Joni (Mia Wasikowska), yang lahir dari rahim Nic, baru saja menginjak usia 18 tahun dan akan segera pergi untuk meneruskan kuliahnya, serta Laser (Josh Hutcherson), yang lahir dari rahim Jules dan berusia 15 tahun. Rasa penasaran Joni dan Laser mengenai siapa ayah biologis mereka akhirnya mengarahkan mereka kepada pertemuan perdana mereka dengan seorang pengusaha restoran bernama Paul (Mark Ruffalo).

Paul sendiri semenjak pertemuan pertamanya dengan Joni dan Laser telah merasa jatuh hati dengan keduanya. Karena hal itu pula ia tidak menolak ajakan Nic dan Jules untuk menghabiskan waktu bersama bersama ‘keluarga’ barunya tersebut. Kedekatan antara Paul dengan Joni dan Laser yang tumbuh perlahan sendiri mulai menimbulkan rasa tidak nyaman pada Nic. Ini semakin ditambah dengan adanya kecurigaan dirinya kalau Jules telah berselingkuh dengan Paul. Suasana keluarga Nic dan Jules yang tadinya bahagia dan berjalan datar akhirnya menjadi tegang dan rapuh semenjak kedatangan Paul.

The Kids Are All Right akan memberikan penontonnya salah satu susunan jalan cerita film terbaik yang pernah dirilis Hollywood sepanjang tahun ini. Daripada berkonsentrasi mengenai hubungan sesama jenis yang dijalani Nic dan Jules – seperti yang sering dilakukan oleh banyak film bertema sama lainnya, film ini justru mampu bangkit untuk meninggalkan stereotype tersebut dan murni berfokus pada hubungan Nic dan Jules, kedua anak mereka dan seorang pendatang yang berusaha masuk di antara mereka. Faktor ini yang kemudian membuat unsur drama keluarga dari The Kids Are All Right mampu dapat dicerna setiap penontonnya dengan sangat baik. Mereka tidak perlu repot untuk memikirkan bahwa ada yang ‘salah’ dengan keluarga yang jalan cerita sedang mereka nikmati, serta tidak perlu mencerna berbagai pesan yang sepertinya ingin berkata bahwa pasangan lesbian adalah pasangan yang ‘normal.’ The Kids Are All Right adalah sebuah film drama normal yang berbicara mengenai pernikahan, keluarga dan berbagai tantangan yang dihadapi ketika seseorang menjadi orangtua.

The Kids Are All Right juga akan mampu memberikan penontonnya deretan alur kisah komedi yang hadir lewat berbagai dialog-dialog pintar yang dituliskan oleh Cholodenko bersama penulis naskah Stuart Blumberg. Mereka yang menginginkan sebuah film ringan dan dipenuhi oleh berbagai adegan menghibur tidak akan kecewa dengan film ini, sama dengan rasa puas yang akan diperoleh oleh mereka penggemar drama yang mengharapkan adanya sebuah film yang mampu berbicara kepada mereka tanpa harus melalui berbagai alur yang menyulitkan.

Tentu saja, naskah sepintar apapun tidak akan mampu bekerja dengan baik ketika berada di tangan pemeran yang salah. Untungnya, Cholodenko memiliki jajaran pemeran yang sangat dapat diandalkan. Cholodenko sendiri mengakui bahwa peran-peran yang ia tuliskan di film ini memang telah ditulis khusus untuk Bening, Moore dan Ruffalo. Tidak mengherankan bila seluruh karakter yang diperankan oleh ketika pemeran veteran tersebut terlihat sangat hidup. Dua pemeran muda, Wasikowska dan Hutcherson, juga tampil sangat tidak mengecewakan. Chemistry yang tercipta antara kelimanya juga berjalan sangat alami di sepanjang film.

Jalur komedi banyak dihadirkan di awal film, dengan Cholodenko kemudian secara perlahan mulai memasukkan berbagai konflik yang terjadi di tengah-tengah film dan membuat unsur drama film kemudian mulai menonjol keluar. Tidak hanya berkisah mengenai pengaruh konflik tersebut mengenai hubungan Nic dan Jules, Cholodenko juga secara cerdas memasukkan beberapa sub plot cerita mengenai para karakter di film ini, namun tetap tidak kehilangan fokus pada Nic, Jules dan keluarga mereka. Anda tidak dapat mengharapkan jajaran pemeran film yang lebih baik dari Annette Bening, Julianne Moore, Mark Ruffalo, Mia Wasikowska dan Josh Hutcherson yang secara cemerlang bersatu memberikan permainan terbaik mereka dan menjadikan naskah cerita film yang cerdas menjadi hidup dan terasa sangat nyata. Lucu, cerdas, jujur dan menyentuh, The Kids Are All Right adalah film drama terbaik tahun ini!

Rating: 4 / 5

The Kids Are All Right (Focus Features, 2010)

The Kids Are All Right (2010)

Directed by Lisa Cholodenko Written by Stuart Blumberg, Lisa Cholodenko Starring Annette Bening, Julianne Moore, Mark Ruffalo, Mia Wasikowska, Josh Hutcherson, Yaya DaCosta Music by Nathan Larson, Craig Wedren Cinematography Igor Jadue-Lillo Editing by Jeffrey M. Werner Distributed by Focus Features Running time 104 minutes Country United States Language English

About these ads
Comments
  1. Gunawan Triantoro says:

    Wah…benar sekali…
    (saya baru liat film ini tadi malem…)
    Ceritanya ringan….gak ribet….namun berbobot.
    Begini seharusnya film keluarga….
    Annette & Julianne seperti biasa..magnificient!
    Bisa dibilang mereka berdua menjadi kekuatan dari film ini…
    I love it! Kalo saya nilai 4 out of 5.. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s