Will Ferrell bukanlah komedian favorit semua orang. Walaupun pada awalnya film-film yang dibintangi Ferrell cenderung sukses besar dalam mengeruk keuntungan, namun peran-peran yang terkesan stereotype dan tidak berubah sedikit banyak membuat penonton film dunia menjadi bosan dengan kehadiran Ferrell – alasan yang mungkin dapat menjelaskan mengapa beberapa film terakhir Ferrell, seperti Semi-Pro (2008) dan Land of the Lost (2009), gagal meraih perhatian kritikus film sekaligus mengeruk keuntungan selama masa peredarannya.

The Other Guys sendiri merupakan kali keempat Ferrell bekerjasama dengan sutradara Adam McKay setelah sebelumnya sukses dengan Anchorman: The Legend of Ron Burgundy (2004), Talladega Nights: The Ballad of Ricky Bobby (2006), dan Step Brothers (2008). Dan harus diakui, setiap kali Ferrell berada di bawah arahan sutradara yang merupakan jebolan Saturday Night Live itu, Ferrell selalu berhasil untuk memperlihatkan sisi komediannya yang lebih segar jika dibandingkan ketika ia berada di bawah arahan sutradara lain. The Other Guys juga menjadi salah satu pembuktian tersebut.

Ditulis oleh Chris Henchy – suami aktris Brooke Shields yang melakukan cameo di film ini – bersama McKay, The Other Guys menceritakan mengenai pasangan detektif, Allan Gamble (Ferrell) dan Terry Hoitz (Mark Wahlberg). Pasangan yang dikenal sebagai pasangan loser oleh para koleganya ini sebenarnya sangat berkeinginan menjadi pasangan detektif yang dihormati seperti pasangan detektif, Christopher Danson (Dwayne Johnson) dan PK Highsmith (Samuel L. Jackson), yang sangat popular di seluruh kota New York. Apa daya, kemampuan fisik dan mental yang jauh berbeda, ditambah lagi dengan Gamble yang lebih memilih sebagai petugas polisi kantoran, membuat keduanya sering menjadi bahan ledekan pasangan detektif yang lain.

Ketika pasangan Danson dan Highsmith tewas dalam melaksanakan tugas, banyak pasangan detektif lainnya yang mengincar untuk mengambil alih posisi mereka sebagai pasangan detektif nomor satu, termasuk Allen dan Terry. Kesempatan datang ketika Allen menemukan sebuah kasus penipuan yang dilakukan oleh miliarder Sir David Ershon (David Coogan), yang dilakukannya untuk menutupi kerugian yang dialami perusahaannya. Jalan untuk memecahkan masalah itu sendiri ternyata tidak mudah, banyak rintangan yang datang termasuk paksaan agar pasangan tersebut berpisah akibat banyaknya masalah yang mereka timbulkan. Namun, secara perlahan, Allen mulai menemukan titik terang dan bersatu bersama Terry untuk menyelesaikan kasus tersebut sekaligus merebut posisi sebagai pasangan detektif ternama di kota New York.

Harus diakui, menit-menit awal The Other Guys memberikan sajian komedi berlatarbelakang kehidupan kepolisian terbaik yang pernah dirilis Hollywood akhir-akhir ini. Ditemani oleh pasangan Dwayne Johnson dan Samuel L. Jackson, duo Ferrell dan Wahlberg terlihat demikian menyatu diantara celetukan-celetukan humoris yang dilontarkan keduanya dan berhasil membuat film ini sangat menghibur. Sayangnya, hal ini tidak berlangsung lama. Begitu karakter yang diperankan Johnson dan Jackson dikisahkan tewas dan hilang dari jalan cerita, The Other Guys seperti turut kehilangan momen-momen komedinya. Tidak berarti sisa durasi film ini dihabiskan oleh momen-momen yang terasa tidak menyenangkan, namun jika dibandingkan dengan apa yang telah dihadirkan di 30 menit awal film ini, jalan cerita The Other Guys sangat terasa kekeringan oleh unsur hiburannya.

Hal ini kebanyakan disebabkan oleh jalan cerita yang kemudian berfokus terhadap pengejaran Allen dan Terry terhadap karakter Ershon. Pada bagian ini, lelucon-lelucon yang dilontarkan kebanyakan diisi dengan lelucon-lelucon lama yang kebanyakan sangat terasa kurang berhasil dan seringkali diulang beberapa kali. McKay memang kemudian menambahkan banyak adegan action dan ledakan di dalam jalan cerita, namun tak dapat dipungkiri, semakin mendekati ending terkadang kisah film ini terasa terlalu serius dalam memaparkan plot cerita penyelidikan Allen dan Terry dan seperti melupakan alur kisah komedinya.

Untungnya, plot cerita yang berjalan cenderung semakin membosankan tersebut sedikit banyak dapat ditutupi oleh kemampuan akting Ferrell dan Wahlberg. Dengan latar kepribadian yang sama sekali jauh berbeda, Ferrell yang nerdy dan Wahlberg yang macho memang pas untuk disatukan dalam kisah plot duo detektif ini. Dan tidak hanya Ferrell dan Wahlberg yang berhasil menunjukkan kemampuan akting komikal mereka. Mulai dari Michael Keaton, Steve Coogan, Rob Riggle hingga Damon Wayans, Jr juga berhasil menambah kesegaran komedi dalam jalan cerita The Other Guys. Ditambah dengan tampilan cameo dari banyak bintang-bintang Hollywood lainnya di sepanjang jalan cerita, jajaran pemeran The Other Guys harus diakui mampu secara perlahan menutupi rasa kebosanan yang hadir di dalam jalan ceritanya.

Humor yang dihadirkan di dalam jalan cerita The Other Guys memang tidak selalu berjalan dengan baik. Pada beberapa bagian, film ini sangat terlihat berpotensi menjadi film komedi terbaik yang pernah dirilis Hollywood tahun ini. Namun di bagian lainnya, The Other Guys gagal dalam menjaga ritme komedi yang tadinya telah berhasil dihadirkan. Walau begitu, jajaran pemeran film ini berhasil memberikan sebuah akting yang lumayan menghibur. Dipimpin oleh Ferrell dan Wahlberg yang tampil dengan chemistry yang sangat kuat, The Other Guys adalah film komedi berlatarbelakang kehidupan kepolisian yang cukup berhasil dalam melaksanakan tugasnya untuk menghibur para penonton.

Rating: 3.5 / 5

The Other Guys (Gary Sanchez Productions/Mosaic Media Group/Columbia Pictures, 2010)

The Other Guys (2010)

Directed by Adam McKay Produced by Adam McKay, Will Ferrell, Jimmy Miller, Patrick Crowley Written by Chris Henchy, Adam McKay Narrated by Ice-T Starring Will Ferrell, Mark Wahlberg, Eva Mendes, Samuel L. Jackson, Dwayne Johnson, Steve Coogan, Michael Keaton, Ray Stevenson, Rob Riggle, Damon Wayans Jr., Michael Delaney, Zach Woods, Lindsay Sloane, Rob Huebel, Bobby Cannavale, Andrew Buckley, Adam McKay, Oliver Wood, Brooke Shields, Rosie Perez, Derek Jeter, Tracy Morgan, Anne Heche, Chris Gethard Music by Jon Brion Cinematography Oliver Wood Editing by Brent White Studio Gary Sanchez Productions/Mosaic Media Group Distributed by Columbia Pictures Running time 107 minutes Country United States Language English

About these ads
Comments
  1. alistm says:

    Mmhh…
    sayang Samuel dan Dawson tewas..
    tapi lihat traielernya menarik…

    entar aja dah..
    kalau udah masuk video ezzy

    nice review

  2. the other girl says:

    kekeringan unsur hiburan? terlalu serius? r u serious??? justru ini film yang bisa mempertahankan kekonyolannya dan bikin ngakak hingga akhir. gue malah heran ada yang kaga bisa lihat letak kelucuannya.

    • Amir says:

      Hi.

      Wahhh… kadar lucu untuk seseorang khan gak bisa disamaratakan. Mungkin bagi Anda seluruh bagian film ini lucu. Bagi saya… yah… seperti yang saya tuliskan diatas. Sama sepertinya dengan film Laskar Pemimpi, yang untuk beberapa orang lucu — dan terbukti dengan adanya sejumlah kelompok yang tertawa ketika menyaksikannya — namun bagi saya ya biasa saja.

      Komedi khan bekerja pada beberapa cara, gak cuma satu cara. Mungkin cara komedi yang diberikan The Other Guys masih sedikit belum sesuai dengan saya dan belum kena. Tapi saya suka filmnya kok. Menghibur.

  3. Joe says:

    Saya agak telat nonton film ini. Baru sore tadi nontonnya, setelah kemarin dikecewakan habis-habisan oleh Eat, Pray, Love (yang saaaangat membosankan). The Other Guys benar-benar film yang konyol. Saya tertawa sejak awal hingga akhir film. Untuk pencinta film action sejati, ini bukan film yang pantas ditonton. Tapi kalau anda ingin menikmati hiburan ringan, just for laugh, film ini pantas untuk ditonton. Saya tidak kecewa dengan film ini. Sampai sekarang, sudah lewat 3 jam hingga saya menulis comment ini, gelinya masih terasa. Hahaha!

  4. Nard4Reynard says:

    Hmm yeah I think this movie want to say hero rarely becomes popular. The most often case is who we see in TV isn’t a real hero. But we perceive that it is.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s