Review: Leap Year (2010)

Posted: April 28, 2010 in Movies, Review
Tags: , , , , , , , ,

Leap Year adalah sebuah film komedi romantis yang mungkin akan diingat oleh banyak orang sebagai catatan buruk pertama dari aktris Amy Adams. Dengan naskah yang berisi berbagai formula yang telah ada di berbagai film drama komedi romatis Hollywood sebelumnya, Leap Year sepertinya masih mencoba untuk menarik perhatian penggemar genre ini. Walaupun, kebanyakan dari mereka sepertinya akan merasa kecewa.

Disutradarai oleh Anand Tucker (And When Did You Last See Your Father, Shopgirl), Leap Year menceritakan mengenai Anna (Adams) yang melakukan perjalanan ke Irlandia untuk melamar sang pacar selama empat tahun, Jeremy (Adam Scott). Terdengar aneh? Perjalanan ini sendiri memang dilakukan Anna secara terburu-buru karena ia sangat ingin dinikahi oleh Jeremy. Anna kemudian memanfaatkan tradisi Irlandia mengenai Leap Year, dimana seorang wanita dapat melakukan lamaran terhadap pria yang ia cintai pada tanggal 29 Februari.

Perjalanan berjalan lancar hingga pesawat yang ditumpangi Anna harus berhadapan dengan badai hebat dan mendarat di Wales. Mengingat tanggal 29 Februari sudah sangat dekat, Anna langsung memilih untuk melanjutkan perjalanan ke Dublin, Irlandia secara sendirian, tanpa menunggu kedatangan pesawat berikutnya.

Seperti di film-film komedi romantis lainnya, dalam perjalanan tersebutlah Anna kemudian bertemu dengan Declan (Matthew Goode), seorang pemuda Irlandia tampan yang mengelola sebuah penginapan. Dan seperti tradisi film-film k0medi romantis lainnya, Anna, pada awalnya, sangat membenci Declan, yang dianggapnya sangat kampungan dan tidak memiliki rasa hormat pada dirinya. Namun, karena tidak ada jalan lain, Anna akhirnya menerima tawaran Declan untuk mengantarkannya ke Dublin.

Disinilah rentetan berbagai kejadian (yang bermaksud untuk menjadi adegan) komedi terjadi. Walau begitu, tetap saja, seperti halnya di film-film komedi romantis lainnya, Anna lama-kelamaan memiliki rasa ketertarikan tersendiri pada Declan, khususnya setelah dirinya dan Declan berciuman. Kini, setelah sampai di Dublin, Anna menjadi bingung sendiri untuk memilih antara kekasihnya, Jeremy, yang menerima lamarannya, atau kembali untuk mengejar Declan.

Yep. Sama sekali tidak ada yang baru yang ditawarkan oleh Simon Beaufoy, Harry Elfont dan Deborah Kaplan di naskah yang mereka tuliskan untuk Leap Year ini. Semua jalan cerita yang dihadirkan sangat menuruti berbagai aturan Hollywood mengenai film-film drama komedi romantis. Tidak salah memang, namun Leap Year sayangnya melewatkan poin untuk menghadirkan hiburan dan kelucuan tersendiri bagi para penontonnya. Selama 100 menit film ini berjalan, sangat jarang — kalau mau tidak disebut tidak ada — momen-momen dimana dapat mengundang tawa ataupun minimal senyum dari para penonton.

Drama yang dihadirkan juga sangat sederhana. Amy Adams memang selalu tampil menarik dalam setiap filmnya. Namun sayangnya hal tersebut tidak dapat dikatakan untuk penampilan yang dilakukan oleh pasangannya, Matthew Goode. Adams dan Goode sepertinya bukanlah pasangan yang sangat tepat untuk dipadukan bersama dalam sebuah film bergenre komedi romantis. Goode lebih cenderung terlihat sebagai seorang karakter yang dangkal dan mengesalkan di film ini, walaupun karakternya tidak memiliki line sebanyak yang dimiliki karakter yang diperankan Adams.

Jika ada yang dapat diberi pujian, mungkin pemilihan sinematografi film ini cukup layak diberikan kredit lebih. Pemilihan latar belakang alam Irlandia memang terlihat sangat indah di film ini, walaupun bagi mereka yang telah menonton film-film berlatar Irlandia seperti P.S. I Love You mungkin telah melihat pemandangan yang sama di film ini.

Amy Adams tampil secemerlang penampilannya di film-film yang pernah ia bintangi sebelumnya. Walau begitu, naskah film yang terasa sangat kurang dikembangkan dan hanya berisi rentetan kejadian yang pernah ada di film ber-genre sejenis dan mengalami pengulangan di film ini, membuat Leap Year menjadi sebuah tontonan yang tidak meninggalkan kesan apapun. Sudah naskahnya dangkal, dua karakter utama di film ini sepertinya tidak memberikan chemistry yang cukup untuk dapat membuat para penontonnya betah menyaksikan perjalanan cinta mereka. Hasilnya? Anda akan berharap bahwa Amy Adams tidak akan pernah mendengar dan menerima naskah film ini di tangannya.

Rating: 2.5 / 5

Leap Year (Spyglass Entertainment/Universal Pictures, 2010)

Leap Year (2010)

Directed by Anand Tucker Produced by Gary Barber, Chris Bender, Roger Birnbaum, Jonathan Glickman, Jake Weiner Written by Simon Beaufoy, Harry Elfont, Deborah Kaplan Starring Amy Adams, Matthew Goode, Kaitlin Olson, Adam Scott, John Lithgow Music by Randy Edelman Cinematography Newton Thomas Sigel Editing by Nick Moore Studio Spyglass Entertainment Distributed by Universal Pictures Running time 100 minutes Country United States Language English

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s