Walau tampak seperti dua orang yang tak dapat disatukan, Jimmy Monroe (Bruce Willis) dan Paul Hodges (Stacy Morgan) adalah dua orang polisi yang telah saling bekerjasama selama sembilan tahun di New York Police Department. Kini, setelah sembilan tahun saling bekerjasama, dan tepat di hari mereka sedang merayakan tahun kesembilan hubungan kerjasama mereka, berbagai masalah sepertinya belum mau pergi jauh dari kedua orang polisi ini.

Hari itu dimulai dengan Jimmy dan Paul yang gagal mengeksekusi penangkapan seorang tersangka, Juan Diaz (Cory Fernandez), bahkan hingga menyebabkan kematian salah seorang sumber informasi pihak kepolisian. Hal ini menyebabkan keduanya mendapatkan penangguhan jabatan dan tidak digaji selama 30 hari. Ini tentu saja akan memberatkan bagi Jimmy yang sedang mencari uang untuk pernikahan anaknya, Ava (Michelle Trachtenberg), sekaligus menunjukkan pada mantan istrinya, Pam (Francie Swift), dan suami barunya, Roy (Jason Lee), bahwa dirinya masih dapat menghasilkan uang.

Tidak memiliki pilihan lain, Jimmy memilih untuk menjual koleksi kartu baseball-nya. Sialnya, ketika sedang melakukan penjualan, ia malah dirampok oleh Dave (Sean William Scott). Merasa bahwa kartu baseball tersebut merupakan jalan satu-satunya baginya untuk memperoleh uang, Jimmy dan Paul akhirnya melakukan pengejaran terhadapa Dave. Pengejaran tersebut tidak berlangsung lama, mengingat Dave adalah seorang perampok amatiran. Namun ternyata ia telah menjual kartu tersebut kepada seorang gangster bernama Poh Boy (Guillermo Diaz), yang ternyata merupakan satu komplotan dengan tersangka yang dicari pihak kepolisian, Juan Diaz. Untuk seterusnya, Cop Out menceritakan bagaimana dua polisi ini berusaha untuk merebut kembali kartu baseball tersebut, sekaligus berusaha untuk menggagalkan sebuah rencana jahat yang telah disusun oleh Poh Boy dan komplotannya.

Memiliki judul awal A Couple of Dicks, Cop Out adalah karya pertama sutradara Kevin Smith yang dirilis oleh sebuah studio film besar. Sayangnya, walaupun begitu, Cop Out ternyata tidak mampu bersaing secara kualitas dengan film-film yang telah dirilis dan disutradarai oleh Smith sebelumnya.

Kelemahan terbesar dari film ini tentu saja berada pada naskahnya yang ditulis The Cullen Brothers — tidak berhubungan apapun dengan franchise Twilight — Mark Cullen dan Robb Cullen. Naskah Cop Out sangat terasa tidak memiliki sesuatu yang baru untuk ditawarkan kepada para penontonnya. Film ini seperti berusaha untuk mengulang kesuksesan film-film action comedy bertema kepolisian seperti Hot Fuzz, Rush Hour atau Beverly Hills Cop yang seringkali menggunakan guyonan-guyonan kasar pada setiap adegannya. Sayangnya, tidak seperti kedua film tersebut, Cop Out malah kehilangan banyak adegan komedinya akibat tidak konsistennya kemana arah film ini sebenarnya akan berjalan, apakah komedi, drama atau action?

Kebingungan ini disebabkan banyaknya ketimpangan yang dapat dirasakan pada beberapa adegan, dimana ketika adegan komedi — yang tidak begitu lucu — sedang ditayangkan, tiba-tiba berlanjut dengan sebuah adegan drama kekerasan. Proses ini terjadi beberapa kali yang menyebabkan Cop Out tidak pernah benar-benar sampai pada tujuan film ini, yakni untuk menghibur penontonnya. Di sisi lain, film ini juga tidak menawarkan begitu banyak adegan aksi yang memuaskan. Jikapun ada, adegan yang ditampilkan terasa dilakukan dengan setrengah hati karena kurang tergalinya potensi film action dari berbagai adegan aksi tersebut.

Sudah naskahnya lemah, para pemeran film ini juga sepertinya terasa tidak ‘bersemangat’ sama sekali dalam memerankan karakter yang mereka mainkan. Dua pemeran karakter utamanya, Bruce Willis dan Stacey Morgan, tidak memiliki chemistry yang tepat untuk membuat kedua karakternya sanggup untuk terlihat benar-benar padu selama jalan cerita berlangsung. Secara pribadi juga Cop Out bukanlah akan menjadi film dimana Bruce Willis mapun Stacey Morgan dapat diingat telah berperan dengan baik. Dua aktor ini terlihat sangat tidak pas untuk disatukan satu sama lain.

Hal yang sama juga dapat dirasakan pada hampir seluruh jajaran pemeran film ini yang terasa seperti salah kasting, kecuali Seann William Scott. Scott, dengan karakter Dave-nya yang banyak bicara dan sangat menyebalkan, benar-benar menjadi penyelamat film ini. Seringkali, kemunculan Scott sebagai Dave di sepanjang film ini berhasil menghidupkan suasana yang ada di film ini dan memberikan hiburan tersendiri bagi setiap penontonnya.

Secara keseluruhan, Cop Out tidak menawarkan apapun yang baru kepada para penontonnya. Masih menawarkan kisah persahabatan antara dua orang polisi yang kemudian berusaha memecahkan permasalahan pribadi maupun kasus kejahatan yang mereka hadapi bersama, Cop Out seperti kebingungan dalam mempadupadankan potensi komedi, drama dan action yang ada di dalam naskah ceritanya untuk dapat disampaikan kepada para penontonnya. Diperparah dengan jajaran pemerannya yang seperti setengah hati dalam memerankan karakter mereka, menghasilkan Cop Out seperti sebuah film yang dibuat dalam keadaan terpaksa dan sumber daya yang seadanya. Mengecewakan.

Rating: 2.5 / 5

Cop Out (Warner Bros., 2010)

Cop Out (2010)

Directed by Kevin Smith Produced by Marc E. Platt, Polly Johnsen, Michael Tadross Written by Mark Cullen, Robb Cullen Starring Bruce Willis, Tracy Morgan, Sean William Scott, Rashida Jones, Adam brody, Kevin Pollak, Jason Lee, Michelle Trachtenberg, Guillermo Diaz Music by Harold Faltermeyer Cinematography Dave Klein Editing by Kevin Smith Distributed by Warner Bros. Running time 107 minutes Country United States Language English

About these ads
Comments
  1. xcatra says:

    fuh… untung gk jadi nonton ini. wkt itu smpt mau nonton, tp gw ragu banget. akhirnya milih nonton date night aja deh….

    feeling gw seh lebih lucu date night kemana2 keknya jika baca review nya paman hipo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s