Review: The Men Who Stare at Goats (2009)

Posted: April 15, 2010 in Movies, Review
Tags: , , , , , ,

The Men Who Stare at Goats adalah sebuah film komedi yang disutradarai oleh Grant Heslov dan menceritakan mengenai pasukan militer Amerika Serikat yang mencoba memasukkan unsur mistis sebagai bagian strategi mereka dalam berperang. Sedikit terdengar aneh, namun film ini sendiri merupakan adaptasi dari sebuah buku berjudul sama karya Jon Ronson atas penelitian yang dilakukan oleh seorang pembuat film dokumenter John Sergeant.

Sama seperti jalan ceritanya yang unik, film yang mendapatkan judulnya dari sebuah adegannya yang memperlihatkan bagaimana sang karakter utama berusaha untuk membunuh seekor kambing dengan menatap mata kambing tersebut, memang harus diakui menawarkan sebuah konsep cerita yang mungkin akan menyebabkan para penonton mengerutkan kening mereka. Menceritakan mengenai seorang reporter Bob Wilton (Ewan McGeregor), yang setelah ditinggal sang istri, memilih terbang ke Kuwait untuk meliput mengenai proses Perang Irak. Hal ini sendiri dilakukannya untuk menunjukkan pada istrinya bahwa ia dapat melakukan sesuatu hal yang berani dalam hidupnya.

Dalam perjalanannya, Bob bertemu dengan Lyn Cassady (George Clooney), seorang anggota pasukan khusus yang mengaku bahwa dirinya memiliki kekuatan super… lebih tepatnya kekuatan paranormal. Lyn sendiri mengakui bahwa kekuatan itu bukanlah sebuah kekuatan yang secara alami ia peroleh, melainkan sebuah kekuatan yang ia dapat, dan diajarkan, di tingkat militer Amerika Serikat. Tertarik dengan cerita tersebut, Bob memutuskan untuk mengikuti Lyn yang saat itu tengah bersiap untuk melintasi perbatasan Kuwait untuk menuju Irak.

Dalam perjalanan menuju Irak, Bob akhirnya mengetahui bahwa Lyn merupakan salah satu lulusan terbaik dari sebuah akademi militer di Amerika Serikat yang mengajarkan pada setiap prajuritnya mengenai berbagai teknik lain dari berperang selain menggunakan senjata. Teknik tersebut lebih menggunakan pada kekuatan fikiran para prajuritnya daripada menggunakan kekuatan otot mereka. Pelatihannya sendiri dipimpin oleh Bill Django (Jeff Bridges), yang sudah sangat berpengalaman di dunia peperangan. Disana, Lyn mendapat pelatihan dan dianggap sebagai seorang prajurit yang sangat berbakat. Ia sendiri mendapat saingan dari prajurit lain, Larry Hooper (Kevin Spacey), yang selalu merasa bahwa bakatnya lebih dari yang dimiliki Lyn.

Dalam perjalanan mereka, Bob dan Lyn menemui banyak halangan, termasuk diculik oleh beberapa anggota kriminal Irak — yang disangka pasukan Al-Qaeda oleh Bob — dan serangkaian serangan yang digambarkan sebenarnya tidak perlu terjadi antara pihak Amerika Serikat dengan pihak-pihak lokal. Dalam perjalanan tersebut pulalah, Bob tahu banyak soal Lyn dan bagaimana kisah pasukan yang dipimpin oleh Bill Django.

Lagi-lagi sebuah film yang membawakan tema Perang Irak, namun kali ini ditawarkan dengan konsep sebuah black comedy, yang sepertinya hendak menertawakan beberapa taktik peperangan Amerika Serikat selama di Irak. Buku The Men Who Stare at Goats sendiri mendapatkan inspirasinya dari sebuah laporan yang menyatakan bahwa pasukan Amerika Serikat menyiksa para tahanan politiknya melalui jalan memperdengarkan pada mereka berbagai lagu anak-anak dari serial televisi Barney and Friends. Naskah film ini sendiri, di tangan penulis naskah, Peter Straughan, menjadi serangkaian kumpulan banyolan yang menyindir bagaimana pasukan Amerika Serikat mampu melakukan berbagai hal-hal yang sedikit tidak masuk akal untuk memenangkan perang. Lucu pada beberapa titik, namun kebanyakan terasa sangat mengherankan.

Selain dari jalan ceritanya yang unik, The Men Who Stare at Goats mendapatkan poin terbesarnya dari penampilan empat aktor utamanya, khususnya George Clooney. Clooney sepertinya telah belajar banyak mengenai penampilan komedi dari sutradara The Coen Brothers yang membuat penampilannya di film ini terlihat seperti benar-benar terinspirasi dari berbagai karakter dan peran yang ia mainkan di film-film mereka. Disini, Clooney sekali lagi menunjukkan kemampuan aktingnya dalam bermain dalam sebuah karakter yang komikal plus satir. Selain Clooney, tentu saja ada McGregor, Bridges dan Spacey yang juga mampu menghidupkan suasana. Penampilan mereka berempat bersama juga sepertinya membuat film ini terasa sangat menghibur pada beberapa adegan.

Sebagai sebuah drama komedi satir mengenai kehidupan militer Amerika Serikat tentu saja akan membuat The Men Who Stare at Goats memiliki jarak yang cukup jauh untuk dapat dinikmati para penonton awam. Kecuali mereka yang terbiasa dengan film-film komedi ala The Coen Brothers, sebagian penonton akan menemukan film ini sebagai sebuah film yang sedikit absurd dan susah untuk dicerna. Walau begitu, penampilan para pemeran utamanya, yang dipimpin oleh George Clooney, mampu membuat The Men Who Stare at Goats menjadi sebuah film yang cukup menghibur jika Anda mampu mengikutinya.

Rating: 3.5 / 5

The Men Who Stare at Goats ( BBC Films/Smokehouse/Westgate Film Services/Winchester Capital Partners/Overture Films/Momentum Pictures, 2009)

The Men Who Stare at Goats (2009)

Directed by Grant Heslov Produced by Paul Lister, George Clooney, Grant Heslov Written by Peter Straughan (screenplay), Jon Ronson (book) Starring George Clooney, Ewan McGregor, Jeff Bridges, Kevin Spacey Music by Rolfe Kent Cinematography Robert Elswit Editing by Tatiana S. Riegel Studio BBC Films/Smokehouse/Westgate Film Services/Winchester Capital Partners Distributed by Overture Films/Momentum Pictures Running time 94 minutes Country United States, United Kingdom Language English

About these ads
Comments
  1. aciel says:

    Paman, saya pusing dengan film ini, terlalu absurd dan surreal buat saya … :( :(

  2. eka nugraha says:

    sekilas, poster filmnya ngingetin saya sama film george clooney yang lain, burn after reading

  3. movietard says:

    Pengen banget nonton film ini, nasib oh nasib,waktu dapet free ticket justru gak ada waktunyaaa :(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s