Sempat populer dengan dua karya film komedinya, Old Schools dan Road Trip, sutradara Todd Phillips kemudian gagal untuk menghasilkan kesuksesan yang sama untuk dua film terakhirnya, sebuah remake dari serail televisi Starsky & Hutch serta film komedi School for Scoundrels. Di tahun 2009 yang lalu, Phillips kembali menyutradarai sebuah film komedi yang masih bertema mengenai persahabatan antara beberapa orang pria, The Hangover.

Selain menyutradarai film ini, Phillips juga turut membantu Jon Lucas dan Scott Moore dalam penulisan naskah The Hangover. Phillips sendiri dalam sebuah sesi wawancara mengakui bahwa isi cerita film ini terinspirasi dari kisah nyata yang dialami para pembuat film ini.

The Hangover sendiri menceritakan mengenai Doug (Justin Bartha) yang akan segera menikah dengan Tracy (Sasha Barrese). Untuk merayakan hari-hari terakhir Doug sebagai seorang pria lajang, dua orang sahabatnya, Phil (Bradley Cooper) dan Stu (Ed Helms), berencana untuk mengadakan sebuah bachelor party di Las Vegas. Tak lupa, Doug juga mengajak Alan (Zach Galifianakis), kakak Tracy yang nantinya akan menjadi kakak iparnya.

Semua berjalan dengan lancar pada awalnya. Keempat pria tersebut menyewa sebuah villa di Caesar Palace dan mulai merencanakan berbagai hal yang tentu saja bertujuan untuk mengadakan sebuah pesta yang tak akan mereka lupakan seumur hidup mereka. Sebagai awalnya, Phil mengajak ketiga rekannya ke atap Caesar Palace untuk menyaksikan pemandangan Las Vegas di malam hari. Allan yang membawa sebotol minuman keras membuat awal petualangan mereka menjadi semakin terasa menyenangkan.

Waktu berjalan hingga pagi pun datang. Phil, Stu dan Allan bangun di villa mereka, yang ketika terbangun sudah dalam keadaan sangat berantakan, dan tidak dapat menemukan keberadaan Doug. Mereka pun kebingungan total karena tak satupun diantara mereka mampu mengingat apa yang terjadi di malam tersebut, termasuk mengapa seekor harimau, seekor ayam dan seorang bayi dapat berada di kamar mereka. Berdasarkan berbagai petujuk yang satu persatu mulai mereka temukan, ketiga pria tersebut akhirnya memulai petualangan baru mereka di Las Vegas untuk mencari teman mereka yang hilang… sekaligus mencari tahu apa yang terjadi sebenarnya pada mereka malam sebelumnya.

Layaknya bagai sebuah film yang menelusuri berbagai misteri, jalan cerita The Hangover perlahan-lahan membuka ‘misteri’ mengenai apa saja yang terjadi di malam keempat pria tersebut saling bersenang-senang, dan apa yang menyebabkan mereka hingga menjadi lupa ingatan. Dan harus diakui, para penulis naskah film ini telah melakukan pekerjaannya dengan sangat baik. Walau kadar komedinya harus diakui tidak pernah sampai pada titik dimana suatu adegan dapat dianggap sebagai benar-benar lucu, namun setiap adegan The Hangover mampu memberikan hiburan tersendiri bagi para penontonnya.

Hiburan itu sendiri, tentu saja, tidak akan dapat lepas dari jajaran pemerannya yang berhasil membawakan film ini dengan sangat alami, tidak bermaksud untuk melucu, namun sisi komedi tersebut keluar dari interpretasi mereka yang berhasil atas naskah yang telah diberikan. Minus nama-nama papan atas, jajaran pemeran The Hangover yang terdiri dari Bradley Cooper, Ed Helms, Zach Galifianakis dan Justin Bartha, mampu memberikan ikatan chemistry yang tepat antara satu sama lainnya, sehingga feel yang ingin diantarkan oleh The Hangover, sebagai sebuah film yang menceritakan petualangan dari empat orang pria, benar-benar dapat sampai pada para penontonnya dan bekerja dengan sempurna.

Faktor pendukung lainnya dari film ini adalah pemilihan musik latar di setiap adegan, yang umumnya berisi musik-musik dari genre pop rock, yang sangat mendukung nuansa keseluruhan dari film ini. Dan tak lupa, karena film ini ditujukan pada pangsa pasar penonton pria, The Hangover tentu saja tidak lupa memberikan penampilan segar dari Heather Graham, yang sepertinya benar-benar tampil sangat memuaskan untuk film ini. Graham, dalam peran yang seharusnya diberikan pada Lindsay Lohan ini, tampil lepas dan secara komikal mampu mengimbangi para pemeran utama pria lainnya.

Secara keseluruhan, The Hangover mampu tampil menghibur. Dengan naskah cerita yang dikemas secara komikal, ditambah dengan kemampuan para pemerannya untuk menerjemahkan naskah tersebut menjadi sebuah penampilan komikal yang sangat memuaskan, The Hangover adalah salah satu film komedi paling menghibur selama tahun 2009 lalu.

Rating: 3.5 / 5

The Hangover (Legendary Pictures/Warner Bros. Pictures, 2009)

The Hangover (2009)

Directed by Todd Phillips Produced by Todd Phillips, Daniel Goldberg Written by Jon Lucas, Scott Moore, Todd Phillips(uncredited), Jeremy Garelick (uncredited) Starring Bradley Cooper, Ed Helms, Zach Galifianakis, Heather Graham, Justin Bartha, Jeffrey Tambor Music by Christophe Beck Cinematography Lawrence Sher Editing by Debra Neil-Fisher Studio Legendary Pictures Distributed by Warner Bros. Pictures Running time 108 minutes Country United States Language English

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s