Ada kalanya, sekali, atau dua kali (dalam beberapa kasus, mungkin, tiga kali… atau lebih) seorang aktris atau aktor papan atas mengalami hari terburuk mereka dan memilih untuk turut berperan dalam sebuah film yang di kemudian hari akan dikenal sebagai salah satu film terburuk yang pernah mereka perankan.

Sandra Bullock mungkin sudah lama malang melintang di dunia perfilman, khususnya di film bergenre komedi romantis, yang mungkin menyebabkan Bullock sesekali salah menilai kualitas dari suatu naskah film yang akan ia mainkan. All About Steve adalah salah satu momen tersebut dalam karir Bullock yang mungkin banyak penggemarnya berharap tak pernah ia lakukan.

Bullock berperan sebagai Mary Horowitz, seorang penyusun teka-teki silang di sebuah koran harian, yang di usianya yang sudah tidak muda lagi masih tinggal dengan orangtuanya serta belum menemukan pasangannya. Suatu hari, orangtuanya mencoba untuk menjodohkannya dengan Steve Mueller (Bradley Cooper), seorang kamerawan sebuah stasiun televisi yang merupakan anak teman mereka. Tidak menyangka bahwa Steve akan begitu tampan, Mary langsung merasa jatuh hati padanya.

Kencan yang singkat (khususnya karena tingkah laku aneh Mary yang menyebabkan Steve merasa tidak nyaman), tidak melunturkan niat Mary untuk jatuh cinta pada Steve. Hal ini, tentu saja, berbanding terbalik dengan Steve yang merasa bahwa Mary adalah seorang wanita yang aneh dan seseorang yang tentu saja tidak ingin ia temui kembali. Tanpa diketahui Steve, rasa cinta Mary ternyata begitu kuat untuk membuatnya berhasrat besar mengejar Steve untuk menunjukkan rasa cintanya. Hasilnya, Mary mengikuti petualangan Steve bersama kedua orang temannya, Hartman Hughes (Thomas Haden Church) dan Angus Tran (Ken Jeong), berkeliling Amerika Serikat untuk meliput berbagai berita.

Sepanjang karirnya, Bullock (bersama dengan Julia Roberts dan Meg Ryan) memang dikenal sebagai ratu komedi romantis. Film-filmnya yang bergenre itu laris manis di pasaran. Nama Bullock juga tetap bertahan di hati para penggemarnya, dan terus mencetak sukses, bahkan ketika dua nama pesaingnya telah memudar, nama Bullock masih terus bersinar. Harus diakui pula, pilihan film Bullock terkadang memang sangat ‘ajaib’. Dan All About Steve mungkin adalah pilihan teraneh yang pernah diambil oleh Bullock.

Dari sisi cerita saja, All About Steve sangat menawarkan suatu jalan cerita yang sangat tidak logis. Banyak kebetulan-kebetulan aneh yang ditampilkan di sepanjang jalan cerita. Hal ini diperparah pula dengan karakter-karakter aneh yang hadir di film ini, terutama tokoh Mary Horowitz yang diperankan oleh Bullock. Kita tentu pernah melihat karakter seperti Mary di berbagai film komedi (atau drama) sebelumnya. Wanita penyendiri, menyedihkan dengan kehidupan yang sangat tidak menyenangkan untuk dihadapi.

Namun, entah karena tuntutan jalan cerita atau akting Bullock yang terlalu mendramatisir sehingga membuat karakter Mary terlalu ‘bodoh’, para penonton yang seharusnya menaruh hati pada Mary dan mendukung setiap tindakan yang ia lakukan untuk merebut Steve, kemungkinan malah berbalik arah membenci Mary dan berharap agar Steve selamat dari ‘ancaman’ seorang mimpi buruk seperti Mary.

Untuk mengatakan bahwa film ini adalah sebuah total disaster sebenarnya tidak tepat juga. Walaupun naskah cerita film ini benar-benar tidak akan dapat ditoleransi pada tingkat serendah apapun, namun akting para pemerannya (jika Anda benar-benar hendak memandang positif mengenai film ini) ternyata cukup dapat dinikmati. Ada Bradley Cooper dan Thomas Haden Church yang sesekali mampu menghasilkan momen-momen lucu mereka, bahkan karakter Mary yang diperankan oleh Bullock (walaupun mengesalkan) harus diakui dapat memberikan seikit senyum ketika menontonnya.

Baiklah, All About Steve mungkin akan menjadi salah satu mimpi buruk Anda dalam menonton sebuah film.  Naskah yang sangat tidak logis, dengan karakter yang akan membuat Anda sedikit mengesalkan, akan membuat Anda cukup beruntung jika mampu menyelesaikan film ini hingga akhir. Namun, jika Anda sebenarnya menonton film ini dengan pemikiran yang cukup terbuka, All About Steve akan mampu setidaknya memberikan sedikit senyum pada beberapa adegannya.

Rating: 2.5 / 5

All About Steve (Radar Pictures/20th Century Fox, 2009)

All About Steve (2009)

Directed by Phil Traill Produced by Sandra Bullock, Mary McLaglen Written by Kim Barker Starring Sandra Bullock, Bradley Cooper, Thomas Haden Church, Demone Reno Music by Christophe Beck Cinematography Tim Suhrstedt Editing by Virginia Katz Studio Radar Pictures Distributed by 20th Century Fox Running time 99 minutes Country United States Language English

About these ads
Comments
  1. iin says:

    saya belum nonton sih film ini, tapi ngomong2, Sandra Bullock syuting stripping ya disini ama di Blind Side, kok rambutnya sama2 blonde gitu.. jangan2 pindah lokasi doang hahahah

  2. ayu says:

    hmm..kalo menurut saya film ini bagus koq ..saya suka hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s