Crazy Heart adalah sebuah film drama musikal yang diadaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Thomas Cobb dan diterbitkan pada tahun 1987. Jeff Bridges, pemeran utama serta salah seorang produser eksekutif film ini, pada awalnya ingin membuat film biopik mengenai penyanyi country Marle Haggard, namun menemukan bahwa kehidupan Haggard terlalu sulit untuk difilmkan. Novel Crazy Heart karya Thomas Cobb sendiri juga diinspirasi dari kehidupan penyanyi country Hank Thompson.

Sama seperti kisah Slumdug Millionaire, rumah produksi Paramount Vantage sebenarnya bertujuan untuk merilis Crazy Heart sebagai sebuah film yang langsung dirilis dalam bentuk video. Beruntung kemudian Fox Searchlight Pictures berhasil melihat potensi film ini dan membeli hak distribusinya di layar lebar.

Bridges sendiri di film ini memerankan Bad Blake, seorang penyanyi country berusia 57 tahun yang masa keemasannya telah lewat. Blake kini menghabiskan hari-harinya dengan tampil di berbagai panggung kecil di berbagai daerah. Hidup Blake sendiri dapat dikatakan sama sekali tidak terurus. Blake telah menikah empat kali dan semuanya berakhir dengan tidak bahagia. Ia kini juga adalah seorang pemabuk dan perokok kelas berat.

HELLO TROUBLE.

HELLO TROUBLE. Bad seems fit enough for Jean that she willing to take this risk.

Ketika sedang tampil di sebuah kota, ia ditemui oleh Jean Braddock (Maggie Gyllenhaal), seorang wanita jurnalis pemula yang berniat untuk mewawancarainya. Hubungan mereka kemudian bertambah dekat, khususnya hubungan Blake dengan anak Jean, Buddy (Jack Nation). Hubungannya dengan Jean membuat Blake ingin mulai mengarahkan karirnya kembali dengan bekerjasama dengan seorang penyanyi country muda, Tommy Sweet (Colin Farrell), yang sedang menikmati masa suksesnya.

Namun, hubungan cinta mereka tak berlangsung lama. Ketika sedang berjalan-jalan dengan Buddy di sebuah tempat perbelanjaan, Blake yang sedikit mabuk, kehilangan Buddy. Walaupun akhirnya Buddy ditemukan, Jean sudah terlanjur marah dan tak percaya lagi padanya.

Kehilangan Jean dan Buddy membuat Blake akhirnya menyadari kesulitan hidupnya akibat alkohol. Berkat bantuan teman lamanya, Wayne (Robert Duvall), Blake memasuki sebuah rehabilitasi alkohol. Ia kemudian menuliskan The Weary Kind, sebuah lagu yang diinspirasi dari kehidupannya bersama Jean, yang dianggapnya sebagai lagu terbaik yang pernah ia tulis dan akhirnya ia berikan pada Tommy.

Kesampingkan jalan cerita yang ditawarkan film ini, Anda pasti telah mendengar kisah yang seirama dengan yang ditawarkan oleh Crazy Heart (walau hal ini tidak berarti bahwa jalan cerita film ini buruk). Yang pertama yang dapat sangat Anda nikmati adalah lagu-lagu country yang ada di film ini. Di bawah supervisi T-Bone Burnett (dan Stephen Bruton), yang sukses dengan O Brother, Where Art Thou? dan Walk The Line, sekali lagi berhasil menulis dan menyusun lagu-lagu country yang cukup catchy dan menyentuh untuk didengarkan. Lagu-lagu di film, walau tidak ditampilkan dalam jumlah banyak, dapat dinilai sebagai salah satu faktor yang mampu menghidupkan film ini.

Performa para aktor di film ini juga cukup mengena. Jeff Bridges menampilkan penampilan yang sangat baik, termasuk menyanyikan beberapa lagu di film ini. Maggie Gyllenhaal juga berhasil mendampingi penampilan Bridges dan menjadikan pasangan Bad dan Jean, yang sebenarnya dapat dilihat sebagai pasangan yang aneh, malah menjadi pasangan saling mengisi satu sama lain. Penampilan lainnya, dari Robert Duvall dan Colin Farrell, yang walaupun singkat namun cukup menambah kesan dari film ini.

Secara keseluruhan, Scott Cooper, seorang aktor dan penulis naskah yang membuat Crazy Heart sebagai debut penyutradaraannya, berhasil membuat film ini menjadi sebuah film drama yang cukup apik. Walau faktor emosional film ini mungkin sedikit kurang tergali, namun jajaran pemeran film ini setidaknya berhasil menampilkan chemistry yang tepat satu sama lain yang dapat dirasakan oleh para penontonnya. Ditambah dengan jajaran lagu-lagu country yang ditampilkan di sepanjang film ini menjadikan Crazy Heart sebagai sebuah film yang berkualitas namun mudah untuk dinikmati.

Rating: 4 / 5

Crazy Heart (Butcher's Run Films/Fox Searchlight Pictures, 2009)

Crazy Heart (2009)

Directed by Scott Cooper Written by Scott Cooper (screenplay), Thomas Cobb (novel) Starring Jeff Bridges, Maggie Gyllenhaal, Colin Farrell, Robert Duvall, Beth Grant, Annie Corley, Tom Bower, Jack Nation Music by Stephen Bruton, T-Bone Burnett, Ryan Bingham Cinematography Barry Markowitz Editing by John Axelrad Studio Butcher’s Run Films Distributed by Fox Searchlight Pictures Running time 112 minutes Country United States Language English

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s