Review: Whip It (2009)

Posted: January 11, 2010 in Movies, Review
Tags: , , , , , , , , ,

Malang melintang di dunia hiburan sebagai seorang aktris semenjak usia belia telah memberikan Drew Barrymore banyak pengalaman hidup. Barrymore, yang sempat memiliki banyak masalah pribadi ketika masa transformasinya menuju kedewasaan, kini menjelma menjadi salah satu aktris yang paling banyak disukai di Amerika Serikat, kebanyakan karena kemampuan komedinya.

Di tahun 2009, Barrymore mencoba kesempatan untuk menjadi seorang sutradara, sebuah tantangan yang, seperti diungkapkan Barrymore, telah dinanti-nantikannya sejak dahulu. Untuk langkah perdananya ini, Barrymore memilih sebuah genre film yang sepertinya sesuai dengan kepribadiannya selama ini.

Whip It sendiri merupakan sebuah adaptasi dari novel karya Shauna Cross, Derby Girl. Untuk pengerjaan naskah, Cross jugalah yang mengadaptasi novel tersebut menjadi naskah film. Sebagai bintang utama, Barrymore memilih Ellen Page, bintang muda yang mungkin banyak dikenal setelah menerima nominasi Academy Awards untuk perannya sebagai Juno di film yang berjudul sama, beberapa tahun yang lalu.

RUTHLESS BABES. Serius. Anda tak akan mau membuat masalah dengan para wanita ini.

Bercerita mengenai Bliss Cavendar (Page), seorang gadis remaja yang merasa bahwa kehidupannya telag terlalu banyak diatur oleh sang ibu (Gay Harden) yang secara terus menerus memaksanya untuk mengikuti berbagai kontes kecantikan. Suatu hari, Bliss berkenalan dengan sebuah dunia lain, dunia roller derby, yang dia anggap sebagai sesuatu yang baru dan sangat menantang. Setelah secara nekat mencoba, benar saja, ternyata Bliss merasa roller derby adalah dunia baru yang sangat sesuai untuknya. Kini, Bliss bersama teman satu timnya, Hurl Scouts, harus berjuang untuk memenangkan timnya untuk melawan tim juara bertahan, Holy Rollers, yang dipimpin Iron Maven (Lewis).

Sebagai sebuah debut penyutradaraan, Whip It sepertinya sangat sesuai dengan jiwa Barrymoore, bernuansa komedi dan menyuarakan pemberontakan. Dan terbukti, Barrymore mampu membawakan Whip It menjadi sebuah drama remaja sesuai dengan yang diharapkan, bukan sebuah tontonan berat yang mencoba mengajari, namun bukan pula sebuah tontonan yang terlalu ringan dan mudah dilupakan begitu saja.

Semangat pemberontakan yang dibawa oleh Barrymore juga tercermin pada jajaran pemeran film ini. Para aktris yang hadir mampu menghidupkan film ini; Ellen Page, Juliette Lewis, Kristen Wiig, Eve, Zoe Bell hingga Marcia Gay Harden sekalipun. Ellen Page sendiri, sekali lagi, mampu membuktikan kalau dia adalah salah satu aktris muda yang paling dapat diandalkan di Hollywood saat ini. Walaupun, mungkin, perannya di Whip It, sedikit tidak terlalu jauh dari peran Juno yang telah mempopulerkan namanya.

Secara keseluruhan, walaupun bukanlah sebuah pencapaian kelas atas atau spektakuler, Whip It mampu membuktikan bahwa Barrymore telah memiliki potensi dasar untuk menjadi seorang sutradara besar di waktu yang akan datang. Whip It sendiri terbukti mampu menjadi sebuah tontonan alternatif bagi penonton yang ingin mencari hiburan. Sederhana, namun berhasil dengan sukses dalam menyampaikan setiap pesan yang ingin disampaikan.

Rating: 3.5 / 5

Whip It (Mandate Pictures/Flower Films/Fox Searchlight Pictures, 2009)

Whip It (2009)

Directed by Drew Barrymore Produced by Barry Mendel, Drew Barrymore Written by Shauna Cross Starring Ellen Page, Marcia Gay Harden, Kristen Wiig, Drew Barrymore, Juliette Lewis Jimmy Fallon, Daniel Stern Cinematography Robert D. Yeoman Editing by Dylan Tichenor Studio Mandate Pictures, Flower Films Distributed by Fox Searchlight Pictures Running time 111 min. Country United States Language English

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s